Pengetatan Prokes Menjelang Libur Natal & Tahun Baru, Filipina Dilanda Angin Topan Rei, Gabriel Boric Jadi Presiden Termuda Chile, Spider-Man No Way Home Jadi Film Paling Laris 2021

79


Hello!

Rise and shine! It’s Wednesday, so as always, go ahead and take a listen to our podcast. Today we’re gonna talk about things to prepare before the New Year, and some updates from home and abroad. Now, sip your coffee and leggo!


When you’ve been too excited for New Year….

Watch out.
Karena meskipun pemerintah udah resmi membatalkan PPKM level 3 pada saat libur Natal dan Tahun Baru, pemerintah tetap bakal bikin beberapa kebijakan buat mencegah orang-orang yang bepergian di musim liburan ini.

 
Maksudnya?
Gini guys, sebelumnya, kan pemerintah bakalan menerapkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia starting dari 24 Desember sampai 2 Januari tahun depan. Nah nggak berapa lama, regulasi itu dibatalkan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di masing-masing daerah. Nah, seiring dengan kebijakan ini, hasil survei Kemenhub di awal bulan Desember menunjukkan bahwa ada potensi 11 juta orang di Indonesia bakalan traveling. Adapun orang Jabodetabek sendiri bakal ada 2,8 juta orang yang mau melakukan perjalanan. Banyak banget kan tu.
 
Terus…
Nah terus, seiring dengan perkembangan pandemi covid-19, pemerintah berencana untuk memberlakukan pengetatan prokes menjelang libur natal dan tahun baru. Menurut jubir Kemenhub Aditia Irawati, emang nggak akan ada penyekatan selama masa libur nanti, tetapi oh tetapi yang bakal diberlakukan adalah pengetatan prokes di moda transportasi yang kamu gunakan ketika jalan-jalan.
 
Give me the big picture of it…
Ok. Jadi, sistem pengetatan prokes di moda transportasi itu meliputi kereta antar kota kapasitasnya maksimal 80 persen, kereta api lokal perkotaan 70 persen, sedangkan kereta api perjalanan rutin komuter kapasitas maksimalnya cuma boleh di 45 persen aja. Terus, untuk transportasi laut berlaku kapasitas maksimal 75 persen, transportasi udara 100 persen dengan syarat penyediaan 3 baris bangku kosong bagi penumpang yang menunjukkan gejala sakit.
 
That’s all?
Nggak dong. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi bilang segala jenis transportasi itu bakalan disterilkan berkala setelah digunakan. Prasarana pendukung lain juga bakal disiapkan kayak pengecekan suhu tubuh, hand sanitizer terus penyediaan wastafel yang mudah dilihat dan dijangkau orang-orang. Selain itu, penerapan aplikasi PeduliLindungi juga bakal diberlakukan, gengs.
 
Tell me about that PeduliLindungi….
You got it. Aturan penerapan aplikasi PeduliLindungi ini udah dipastikan bakalan berlaku guys, kata Mendagri Tito Karnavian. Lebih jauh, Pak Tito bilang bakalan bikin surat edaran buat seluruh kepala daerah agar segera bikin produk hukum terkait penggunaan aplikasi ini di masyarakat. Dengan adanya perda, maka diharapkan sanksinya juga bisa lebih tegas dan hasilnya, warga bakal lebih patuh untuk pake PeduliLindungi.
 
Got it. Anything else?
Nah, untuk memastikan bahwa libur Nataru ini lancar dan nggak menyebabkan hal-hal yang ngga diinginkan, pemerintah akan menurunkan sebanyak 177.212 personel yang terdiri dari TNI, Polri, dan instansi-instansi terkait yang dikerahkan untuk berjaga selama libur Natal dan tahun baru. Personelnya itu dibagi-bagi di beberapa titik. Kayak di gereja, di tempat belanja, di tempat wisata, dll. Terus sama kayak di tahun-tahun sebelumnya, Operasi Lilin juga bakal diadain di tahun ini. Cuma bedanya, dari H-7 which is Jumat kemarin, udah dilakukan pra operasi. Terus nanti H+7 setelah tanggal 2 Januari juga gitu, bakalan ada post operasi yang dijalankan sama para aparat tadi.

Another heartbreaking news from our ASEAN friends…..

The Philippines.
 
What happened?
Mereka baru aja dilanda angin topan gengs. Namanya Topan Rei yang juga merupakan super typhoon.
 
Gimana ceritanya 🙁
Jadi, bencana angin topan tuh emang udah nggak asing sebenernya dihadapi warga Filipina, secara tahun ini aja, mereka mengalami 15 kali angin topan. Namun, bencana kali ini adalah yang paling parah, dan menyapu berbagai wilayah sejak weekend kemarin. Mulai dari kawasan Tengah terussss ke Tenggara Filipina. Mulai dari Siargao Island, lalu ke Roxas, Palawan, lanjut ke Laut Filipina bagian barat.
 
Kenceng banget anginnya?
Banget. Jadi angin topan tuh punya kategori-kategori gitu kan, dari kategori satu sampai kategori lima berdasarkan perkembangan anginnya. Nah, awalnya anginnya masih ada di kategori satu, namun hanya dalam waktu sehari, langsung berkembang jadi kategori lima which is yang paling parah. Akhirnya, banyak warga yang menjadi korban karena kurangnya antisipasi.
 
Terus gimana kondisinya 🙁
Well, per kemarin, udah ada sebanyak 375 orang yang dinyatakan tewas dalam kejadian ini. Terus, 400.000 orang udah dievakuasi sementara 500 orang lainnya luka-luka. Nggak sampai di situ, sebanyak 56 orang juga dinyatakan hilang dan masih dalam tahap pencarian.
 
Ouch….
Adapun daerah yang terdampak paling parah ada di Siargao Island, lokasi pertama angin topannya itu jejak ke daratan. Sebanyak 140.000 rumah hancur dan banyak rumah lainnya yang masih terendam air. Terus, Pemerintah sana masih mewaspadai adanya kemungkinan tanah longsor dan banjir susulan.
 
Daerah mana lagi yang kena?
Di Surigao City, kantor Penanggulangan Bencananya rusak parah, bahkan kayak abis dibom. Provinsi Bohol juga sama. Pemadaman listrik total ada di 225 kota, terus kalau dihitung-hitung kerusakan yang terjadi di sana kemungkinan mencapai US$4,5 juta. Selanjutnya kerusakan parah juga terjadi di wilayah Leyte bagian selatan, di mana ada 296 rumah yang rusak dan 588 orang juga terluka dan masih dalam masa perawatan. Terus, ada lebih dari 7.000 orang kekurangan air.
 
Seems so bad, respons pemerintah gimana dong tuh?

Merespons bencana yang terjadi, pemerintah udah menjanjikan US$56 juta buat segala upaya recovery yang dibutuhkan. Personel tentara dan polisi juga udah dikerahkan untuk membantu proses evakuasi, dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte juga udah keliling meninjau daerah-daerah yang terdampak bencana pake helicopter, guys.

 
I see. Anything else I should know? 
Fyi angin topan paling parah tuh sebelumnya juga udah pernah terjadi di Filipina. Namanya Angin Topan Haiyan di tahun 2013, di mana saat itu ada 6.000 orang yang meninggal. Angin Topan Haiyan juga masih jadi bencana paling mematikan yang dirasakan masyarakat Filipina to date.

Who’s having their version of “Yang Muda Yang Berkarya“…? 

Chile.
Iya guysChile baru aja punya presiden terpilih, namanya Gabriel Boric. Usianya baru 35 tahun and that being said, doi jadi presiden termuda yang pernah ada di Chile. Terpilihnya Boric ini juga jadi angin segar bagi banyak politisi muda di negara lain dan mengirim pesan bahwa beneran kok, jaman sekarang ni anak muda emang bisa jadi pemimpin.
 
Nice, How is his background anyway?
Jadi emang sejak masih mahasiswa, Boric udah aktif terjun di politik. Waktu itu, doi aktif mengkritisi pemerintah yang menjabat di era Augusto Pinochet yang terkenal dengan sistem ekonomi ekstremnya. Nah, Boric kerap maju paling depan buat menentang sistem itu dan bertekad buat mengubur that so called ‘warisan kelam’ buat selamanya. Di 2011, Boric dan teman-temannya di kampus juga nggak ragu buat terjun ke jalan untuk menuntut pendidikan gratis dengan kualitas yang baik buat semua warga Chile.
 
Ok…
Nah, berangkat dari protes-protes yang udah dia jalani itu, doi akhirnya memilih buat terjun langsung ke politik dan berhasil meraih posisi di pemerintahan lokal. Boric kemudian menjalani karier politiknya terus hingga akhirnya jadi anggota Kongres sejak 2013.
 
Ok. Back again on his victory….
Nah, di hari Minggu kemarin, kan Pilpres tuh di Chile, dan Boric memenangkan pilpres dengan mengantongi perolehan suara sebanyak 55,87% suara, unggul di atas pesaingnya Jose Antonio Kast yang mengantongi suara sebanyak 44,13%. Untungnya Kast legowo sama hasil ini. Kast bahkan bikin tweet yang bilang Boric pantas dapat segala respect dan constructive collaboration. Chile is always first, katanya gitu.

Tell me more a little bit about his program.
OK. Jadi fyi, Chile itu kan ekonominya salah satu yang paling stabil yah di Amerika Selatan, tapi kalau ngomongin globally, income gaps nya Chile tuh salah satu yang paling besar. Cuma 1% populasi yang punya 25% kekayaan negara. Jadi, programnya Boric adalah untuk menuntaskan hal itu dengan memperluas hak-hak sosial dan mereformasi sistem pensiun dan perawatan kesehatan di Chile. Boric juga bakal mengurangi jam kerja dari 45 jam jadi 40 jam aja, nggak lupa dia juga memprogramkan investasi hijau.
 
Ok. Anything else I should know?
Gabriel Boric bakalan dilantik Maret nanti, terus presiden sebelumnya Sebastian Pinera, nawarin Boric bantuan selama transisi tiga bulan penuh. Terus sejauh ini, para pemimpin negara-negara tetangga juga udah pada menyampaikan ucapan selamatnya, dan looking forward buat kerja bareng doi. Finally guys, banyak Swifties juga yang ngucapin selamat ke Boric karena doi, well, is known as a huuuuge Taylor Swiftie fan.
 
Now we’re thinking about running as a president too…

Who’s breaking some records?

Spider-Man No Way Home.
 

Yoi guys, kabar terbaru buat kamu para moviegoers, karena ternyata film terbarunya Spider-Man no way home, yang dibintangi sama Tom Holland dan Zendaya jadi film yang paaaaling laris di tahun 2021 ini. Enggak cuma itu aja guys, namun Spider-Man juga berhasil jadi film kedua yang meraup keuntungan tertinggi dalam pertama kali penayangannya di Amerika Serikat hingga mencapai US$121,5juta, di mana posisi pertama diduduki oleh Avengers Endgame dengan keuntungan sebesar US$157,4 juta. Ternyata nih, demam Spider-Man nggak Cuma terjadi di Amerika Serikat, namun juga di banyak negara. Misalnya, di Inggris keuntungan dari film ini mencapai US$ 41,4 juta selama lima hari, terus di Perancis mencapai US$ 17,8 juta. Meanwhile di Asia, film ini mencatat keuntungan terbesar di Korea Selatan sebesar US$ 23,7 juta, dan diikuti oleh India US$18,2 juta dan Hong Kong US$6,3 juta.

 

Terus, apa sih yang bikin film ini booming banget? Yaaa banyak faktor sih, namun yang pasti munculnya kejutan-kejutan bikin penonton merasa sangat terhibur. Selain itu… ah ga ah, mimin takut spoiler! Jadi mendingan kamu langsung cusss ke bioskop terdekat aja deh, buat nonton Spider-Man No Way Home! Tenang aja, kalo dompetmu udah mulai tipis karena lagi akhir bulan juga nih, kamu tetep bisa nonton kok, tinggal beli aja tiketnya pake Kartu Kredit BRI.

 
Terus, kalo kamu nontonnya di Hari Kamis, maka kamu bakal dapet promo bayar satu, dapet dua tiket! Seru kan?? Nah langsung yuk cus! karena promonya cuma berlangsung sampe akhir bulan ini aja. Jangan lupakan protokol kesehatannya juga ya!
 
*Ini adalah konten bersponsor

“Tak semua orang Indonesia kaya.”

 
Gitu guys kata Wakil Ketua DPR RI asal fraksi Partai Gerindra Pak Sufmi Dasco Ahmad pas kemarin ngomentarin soal harga paket karantina di tanah air yang mencapai Rp19juta. Menurut Pak Dasco, harusnya biaya karantina ini dievaluasi lagi elemennya apa aja, dan jangan sampe biayanya membebani masyarakat. Hal ini karenaaa… ehem… ya nggak semua orang Indonesia tu kaya.
 
Yeaa sir, especially on tanggal tua like this…

Announcement


Thanks to Seseorang & Rachel for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you want to have a more radiant and beautiful skin, try eating these fruits. 

Angel’s Stories

1. Kejadian ini pas aku masih SMP kelas 7 sih, cuma selalu kuinget sampe sekarang udah jadi maba. Pas hari itu aku berangkat sekolah naik angkot dan lupa bawa uang, baru ngeh pas udah deket sekolah. Aku jujur sama pak sopirnya kalo aku lupa bawa uang dan ga ada uang simpenan sama sekali. 🙁 Di samping pak sopirnya ada cici cici bilang, “Ongkosnya aku yang bayarin aja pak.” Aku seneng terus bilang makasih terus ke cicinya. 😀 Pas udah turun angkot, dalam hati aku doain cicinya banyak – banyak. Dan sampe sekarang pun aku selalu selipin nama cicinya di doaku (walaupun aku gatau nama cicinya siapa, tapi Allah pasti ngerti maksud doaku). Dari kejadian itu, aku berusaha berbuat baik ke siapa pun dan di manapun plus harus punya uang selipan jaga-jaga buat bayar ongkos. 😀
-avocryd0_0-
 
2. Dari awal minggu aku uring uringan. Capek karena prep UAS, merasa gatau mau cerita ke siapa, dan kesel aja terus bawaannya. Udah coba lari pagi, masak, tidur 7 jam, makan enak, nonton film (bahkan screening dan gratis!) masih kesal. Tadi pagi aku cuma tiduran dan dengerin Fine Line-nya Harry Styles, dua jam, nggak ngapa ngapain. Abis itu rasanya kayak lega banget. Ternyata aku cuma perlu rebahan dan menjernihkan pikiran. Kalau kalian tiba-tiba uring uringan tanpa sebab, coba untuk nge-pause sebentar kehidupan kalian dan rebahan ya. Siapa tau membantu menjernihkan pikiran dan balik happy dan semangat lagi!
-dey-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)