Pastor Terkemuka & Pahlawan dari Afrika Selatan Meninggal Dunia

70

When people are mourning…

In South Africa.
Yep guys, berita duka datang dari Afrika Selatan setelah pada Hari Minggu kemarin, sehari setelah Natal, pastor terkemuka dan pahlawan anti-apartheid asal Afsel Desmond Tutu meninggal dunia. Mantan Uskup Agung Cape Town itu meninggal di usia 90 tahun, karena penyakit yang dideritanya.
 
FYI, Pastor Tutu ini dikenal sebagai pemuka agama kulit hitam yang enggak cuma aktif di bidang keagamaan, namun juga sangat vokal menentang pendudukan kelompok kulit putih di negaranya. Beliau aktif menolak politik apartheid (politik pemisahan warga kulit putih dan kulit hitam di Afsel) dan menyuarakan isu-isu HAM di masyarakat. Di masa-masa ketika pemerintahan kulit putih makin agresif dan dominan di Afsel, Tutu berani untuk turun ke jalan dan memprotes kebijakan pemerintah saat itu. Hal ini kemudian berujung dengan dibebaskannya pahlawan anti apartheid lainnya, Nelson Mandela dari penjara, dan kemudian doi jadi presiden and eventually menghapuskan politik apartheid dari negaranya. Nah, keaktifan Pastor Tutu dalam menyuarakan isu HAM dan anti-apartheid ini kemudian membuat dirinya dianugerahi penghargaan Nobel Perdamaian di tahun 1984.
 
Selain kegiatan aktivismenya, Pastor Tutu juga merupakan warga kulit hitam pertama yang memimpin Gereja Anglikan di Afrika Selatan. Kepergian beliau kemudian bikin masyarakat internasional berkabung, salah satunya adalah PBB yang menyebut Pastor Tutu sebagai inspirasi bagi keadilan sosial, kebebasan, dan perjuangan tanpa kekerasan.