Pak Jokowi Kunjungan ke Kabupaten Sintang, Kal-Bar

80

Who’s finally making the looong awaited visit?

Pak Presiden Jokowi.
Ke Sintang, Kalimantan Barat.
 
Tell me. 
Jadi kemarin guys, Pakde Jokowi Bersama rombongan terbatas berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Bandara Supadio di Pontianak, untuk terus lanjut lagi cuss ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. FYI, Sintang ini adalah daerah yang baru aja kemarin kena banjir dan nggak surut sampe sebulan lebih. Nah tapi pas Pak Jokowi kemaren nyampe sih udah surut. EHEHEE.
 
Ya telat dong.
Yhaa gitude kalo kata wargaAnyway jadi ada beberapa agenda kedatangan Pak Jokowi ni gengs, di antaranya adalah meninjau fasilitas dan meresmikan bandara baru yang ada di Sintang, namanya Bandar Udara Tebelian. Terus Pak Pres juga bakalan menengok keadaan masyarakat setelah musibah banjir dan menyalurkan bantuan buat mereka, and finally, Pak Jokowi juga bakal mengecek proses pembangunan tanggul banjir yang ada di sana.
 
OK.
Nah terus di akhir kunjungan kerjanya, beliau juga akan melakukan penanaman pohon Bersama masyarakat di Kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kelurahan Kedabang, Sintang. Pak Jokowi sih berharapnya dengan menanam pohon kayak gitu bisa segera memulihkan lingkungan. Terutama di daerah tangkapan air dan tangkapan hujan di wilayah aliran Sungai Kapuas dan Sungai Melawi.
 
Does he say anything about the flood?
Of course. Kata Pak Jokowi, banjir di Sintang itu disebabkan oleh dua faktor, yakni kerusakan lingkungan dan hujan ekstrim. Beliau juga menyebut bahwa daerah aliran sungai dan wilayah tangkapan air hujan di sana udah rusak, dan karenanya pemerintah bakal melakukan penghijauan di sekitar sungai. Intinya, pemerintah bakal melakukan penghijauan dan penghutanan kembali.
 
Bener ya paaak…
Iya gitu sih katanya guys. Adapun untuk jangka pendeknya, beliau udah meminta Pak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk membangun tanggul demi mencegah air meluap dan menyebabkan banjir lagi di kemudian hari.
 
Got it. Anything else?
Sebenernya sikap Pak Jokowi terhadap bencana banjir di Sintang ini emang lumayan bikin warga +62 bingung sih guys, secara banjirnya itu berlangsung lama banget, yakni sebulan lebih, dengan listrik mati, tapi Pak Jokowi nggak berkunjung dan malah ke Mandalika untuk menjajal sirkuit di sana. Sedangkan sekarang, pas airnya udah surut, baru deh beliau hadir. Makanya banyak netijen maupun warga yang bilang bahwa kunjungan ini sebenernya yhaa agak telat sih, atau mungkin emang tujuannya untuk meresmikan bandara aja?
 
Hmmm….