Nilai Transaksi Belanja Harbolnas di e-Commerce Tembus Rp 18,1 T

98

When you looooove shopping during Harlbolnas…

Apparently, you’re not the only one. 
 
Karena ternyata guys, hasil riset dari lembaga keuangan NielsenIQ menemukan bahwa nilai transaksi belanja pengguna e-commerce di harbolnas tahun ini tembus sampe Rp18,1 triliun. Nilainya naik sampe 56 persen dari Rp11,6 triliun pada 2020. Whoooa!
 
Nah, menurut penjelasan dari Direktur Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri, ada beberapa faktor yang emang bikin nilai transaksi ini meningkat, di antaranya adalah karena jumlah pengguna internet di Indonesia yang naik 32 persen dari 34 juta pada 2020 menjadi 45 juta orang pada 2021. Hal ini tentunya bikin jumlah pembeli online atau pengguna e-commerce melesat hingga 88 persen dari 17 juta menjadi 32 juta orang pada periode yang sama. Selain itu, Rusdy juga menyebut bahwa kenaikan ini terjadi karena kebijakan PSBB sampai PPKM yang bikin kebanyakan masyarakat harus melakukan aktivitas di rumah aja sejak 2020. Karena adanya kebijakan ini, maka behavior konsumen juga jadi berubah, di mana banyak yang akhirnya yang memutuskan untuk belanja online aja. Selain itu, faktor-faktor promo kayak gratis ongkir hingga cashback juga ternyata jadi faktor yang bikin nilai belanja online melesat naik di tahun ini guys.
 
FYI, adapun jenis barang yang paling banyak dibeli adalah baju yang mencapai 80%. Disusul kosmetik di 53 persen, produk perawatan skin care sampe 40 persen, makanan dan minuman 38 persen, dan pembayaran tagihan atau isi ulang pulsa 36 persen.