Indonesia Masuk Final AFF 2020

87

Hi, it’s your guide on AFF 2020 final.

Yep, if today everyone around you looks so nervous, but also excited, don’t get confused. They’re probably just looking forward for the final game tonight of AFF 2020, di mana partai final dari kejuaraan sepak bola ASEAN itu bakal digelar. Kayak yang kamu udah tahu, finalnya itu antara Indonesia dan Thailand, dan kita bakal memperebutkan gelar juara AFF 2020. Nah sebelum ikutan nobar, ini dia berbagai info yang kamu perlu tahu soal final nanti malam!
 
AFF 2020? 2021? 2022? Kamu harus tahu ni guys, bahwa meski namanya AFF 2020, namun turnamennya digelar pada tahun 2021, dan finalnya bakalan digelar dua kali, dan yang kedua, bakal diadakan pada 1 Januari 2022, aka tahun depan. Yep, thanks to COVID, turnamen ini nggak berjalan sesuai jadwal. Tapi sama halnya dengan Euro dan Tokyo Olympics, namanya teteup 2020. Cuma actual date-nya aja yang beda.
 
Tuan rumah. Nah terus, yang jadi tuan rumah adalah Singapura. Makanya, nanti malam tim Garuda bakal bertanding di Singapore National Stadium dengan kapasitas 55ribu orang. But againdue to COVID, pertandingannya cuma boleh ditonton langsung sama sepuluh ribuan orang aja.
 
Peserta. Secara namanya ASEAN Football Federation (AFF) Cup, jadi peserta kejuaraan kali ini adalah negara-negara di ASEAN plus Timor Leste aja. Nah dari sepuluh negara, masing-masing dibagi ke dalam satu grup yang berisi lima negara. Dalam fase grup ini, Indonesia satu kelompok sama Vietnam, Kamboja, Malaysia, dan Laos. Sisanya di grup sebelah.
 
Fase grup. Untuk bisa lolos ke babak final kayak hari ini, tentunya Timnas kita harus lolos dari fase grup dulu. Nah performa Indonesia cemerlang banget ni gengs di fase grup dengan tiga kemenangan dan satu kali imbang. Tim Garuda kita belum terkalahkan sejak di penyisihan grup kemarin, di mana pas lawan Kamboja kita menang 4-2. Terus lawan Laos, menang lagi 5-1, dan lawan Malaysia kita menang juga 4-1. Selanjutnya pas sama Vietnam, kita imbang 0-0. Selanjutnya di partai semifinal, kita ketemu Singapura yang laganya dramatis banget kemaren, di mana posisinya imbang 1-1 di leg pertama, dan kita menang dengan kemenangan 4-2 di leg kedua.
 
Shin Tae Yeong. Yep, nama ahjussi satu ini gabisa kita lepaskan dari penampilan cemerlang Indonesia pada AFF 2020 kali ini karena beliau adalah sosok pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae Young resmi direkrut Indonesia sejak Desember 2019 lalu, dan setelah melalui berbagai seleksi dan pemusatan pelatihan, pada awal Desember kemarin doi mengumumkan 30 orang pemain yang lolos masuk ke Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Beberapa nama yang masuk adalah beberapa jagoan di klubnya sendiri, kayak Asnawi Mangkualam, Evan Dimas, Irfan jaya, dan Nadeo Argawinata yang ada di posisi kiper.
 
Timnas termuda. Yoi guys, Timnas Indonesia saat ini adalah timnas termuda yang berlaga di Piala AFF. Adapun rata-rata usia pemain Indonesia ada di angka 23,8 tahun. Jauh lebih muda dibandingkan Malaysia misalnya, yang rata-rata pemainnya berusia 26,8 tahun, dan juara bertahan Vietnam dengan rerata 24,7 tahun. Adapun untuk tim lawan kita di final nanti, yaitu Thailand, rerata usia pemainnya adalah 27,10 tahun.
 
Sama-sama lagi disanksi. Guys, inget insiden ketika bendera merah putih engga bisa berkibar pas kontingen Indonesia menang di Thomas Cup kemaren? Nah kejadian ini bakal terjadi lagi, karena sanksi dari Lembaga Anti Doping Dunia (WADA) atas Indonesia masih berlaku. However, sanksi ini juga ternyata lagi dijalani sama Thailand, jadi siapa pun yang menang nanti, bendera negaranya masing-masing engga bisa berkibar. Hiks.
 

Thailand. Now about our rival, jadi tim dari Negara Gajah Putih itu bakal jadi lawan yang nggak main-main nih gengs, karena catatan sejarah menunjukkan bahwa mereka emang yang paling sering memenangkan Piala AFF. Selain itu, Tim Thailand asuhan Alexandre Polking itu jadi tim dengan pertahanan terbaik, secara mereka cuma kebobolan gol waktu ngelawan Filipina doang, itupun masih menang 2-1. Lainnya waktu ngelawan Timor Leste, Myanmar, Singapura, abiss dibantai nggak dikasih gol sama mereka. Terus waktu semifinal ngelawan Vietnam yang ada dua leg, Thailand juga masih sekuat itu dengan nggak ada gol satupun yang dicetak sama Vietnam. Mereka menang 2-0 di leg pertama, dan imbang 0-0 di leg kedua.

 
Muda, berbahaya. Yep, itu tadi kesan dari Pelatih Thailand Alexandre Polking terhadap Timnas Indonesia yang akan dihadapinya nanti. Polking bilang bahwa pertandingan final nanti bakal sengit, walaupun doi tetap optimis bisa bawa pulang piala AFF ke Thailand.
 
Dream crusher. Hiks. Jadi menurut catatan, Thailand merupakan negara yang paling sering menghancurkan mimpi Indonesia di AFF. Misalnya aja nih, Indonesia udah lima kali masuk final, lima kali-lima kalinya gagal jadi juara, dan tiga di antaranya berhadapan dengan Thailand. HOWEVER, inget guys, there’s always a first timeSo let’s hope that this is gonna be the first time that we can win against Thailand in the final and finally bring the trophy home. 
 
Bonus. Yep, udah banyak ni guys bonus yang menunggu buat Timnas Indonesia kalo menang nanti. Misalnya, dari Menpora yang udah bilang bahwa tentunya bakal ada bonus dari pemerintah meski belum bisa disebutkan dalam bentuk apa. Terus ada juga dari Crazy RicMalang Gilang Widya Pramana yang sekarang udah ngasih 500juta buat Timnas, dan bakal nambahin 1 miliar lagi kalo Timnas bisa menang. Ada juga restoran Holywings yang juga menjanjikan bonus sebesar 1 miliar buat tim garuda.
 
Nah, kamu mau bonus juga? Ikutan yuk kuis AFF Trivia di IG-nya Catch Me Up! jam 08:00 WIB nanti. Tiga orang pemenang bakal dapet saldo e-wallet dari mimin lho! Cus!