Gempa NTT 7,5 SR Berpotensi Tsunami

111

Now let’s you get up to speed on: Gempa NTT.

Catch Me Up!
Yes guys, jadi kemarin sekitar pukul 11.20 WITA, telah terjadi gempa magnitudo dengan kekuatan 7,5 skala Richter yang dikonfirmasi sama BMKG, berpotensi tsunami.
 
Noooo…  
Iya 🙁 masih menurut BMKG, pusat gempa ini berada di 112 km arah barat Laut Larantuka, Flores Timur dengan kedalaman 12 meter dengan kekuatan 7,5 skala Richter. Nah tapi dimutakhirkan lagi sama BMKG jadi 7,4 skala Richter.
 
Tell me more.
Terus, karena Maumere dan Flores adalah dua daerah yang cukup dekat dengan sumber gempa, makanya guncangan-guncangannya juga kerasa di sana. FYI, karena munculnya peringatan dini tsunami ini, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef A Nae Soi udah meminta warganya untuk buru-buru mengevakuasi diri ke bukit. Menurutnya, NTT punya pengalaman tsunami pada tahun 1992, dan evakuasi ke dataran lebih tinggi menjadi opsi terbaik saat ini.
 
Oh no…
Yep, selain di NTT, guncangannya juga terasa sampai di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Di sana, warga yang panik sudah menyelamatkan diri ke gunung. Terus, ada 230 rumah yang rusak guys di sana. Selain di Selayar, gempa juga mengguncang sejumlah daerah lainnya di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Maluku.
 
Terus terus…
Nah kemudian pada siang menjelang sore kemarin, BMKG akhirnya mencabut peringatan tsunami setelah gempa bumi di NTT. Menurut
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, peringatan tsunami dicabut dua jam pasca-peringatan dini. Beliau juga bilang bahwa enggak ada tsunami sejak pengumuman disampaikan pada 11.30 WITA.
 
Terus sekarang keadaan orang-orang di sana gimana? 
Dampak psikologis mereka udah pasti terganggu banget sih dan fokus pemerintah sana gimana caranya supaya masyarakat nggak terlalu panik. Terus mereka sekarang lagi ngungsi di titik pengungsian yang thank God jumlahnya banyak dan letaknya di dataran tinggi. Selain itu, warga di Pulau Kojadoi, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, NTT banyak yang memilih untuk mengungsi di kapal karena masih trauma tsunami di tahun 1992 lalu.
 
🙁 ada bantuan ga?
Well, kemarin sih Kementerian Sosial RI gercep mengirimkan sejumlah bantuan makanan siap saji untuk warga yang terdampak yang dikirim langsung dari gudang logistik Kemensos yang ada di Kota Bekasi, Jawa Barat. Kata Mensos Bu Tri Rismaharini, bantuan tersebut merupakan buffer stock (stok penyangga) yang disiapkan di gudang logistik bagi wilayah terdampak bencana. Terus abis itu, Kemensos akan segera mendirikan dapur umum di sana.
 
Anything else? 
Nah guys, meski peringatan tsunami udah dicabut, namun BMKG tetap ngingetin masyarakat supaya waspada, karena gempa susulan tercatat masih terjadi. Dwikorita juga meminta masayrakat tetap tenang, namun juga memastikan bahwa bangunan rumahnya masih cukup kuat untuk ditinggali.