Gabriel Boric Jadi Presiden Termuda Chile

113

Who’s having their version of “Yang Muda Yang Berkarya“…? 

Chile.
Iya guysChile baru aja punya presiden terpilih, namanya Gabriel Boric. Usianya baru 35 tahun and that being said, doi jadi presiden termuda yang pernah ada di Chile. Terpilihnya Boric ini juga jadi angin segar bagi banyak politisi muda di negara lain dan mengirim pesan bahwa beneran kok, jaman sekarang ni anak muda emang bisa jadi pemimpin.
 
Nice, How is his background anyway?
Jadi emang sejak masih mahasiswa, Boric udah aktif terjun di politik. Waktu itu, doi aktif mengkritisi pemerintah yang menjabat di era Augusto Pinochet yang terkenal dengan sistem ekonomi ekstremnya. Nah, Boric kerap maju paling depan buat menentang sistem itu dan bertekad buat mengubur that so called ‘warisan kelam’ buat selamanya. Di 2011, Boric dan teman-temannya di kampus juga nggak ragu buat terjun ke jalan untuk menuntut pendidikan gratis dengan kualitas yang baik buat semua warga Chile.
 
Ok…
Nah, berangkat dari protes-protes yang udah dia jalani itu, doi akhirnya memilih buat terjun langsung ke politik dan berhasil meraih posisi di pemerintahan lokal. Boric kemudian menjalani karier politiknya terus hingga akhirnya jadi anggota Kongres sejak 2013.
 
Ok. Back again on his victory….
Nah, di hari Minggu kemarin, kan Pilpres tuh di Chile, dan Boric memenangkan pilpres dengan mengantongi perolehan suara sebanyak 55,87% suara, unggul di atas pesaingnya Jose Antonio Kast yang mengantongi suara sebanyak 44,13%. Untungnya Kast legowo sama hasil ini. Kast bahkan bikin tweet yang bilang Boric pantas dapat segala respect dan constructive collaboration. Chile is always first, katanya gitu.

Tell me more a little bit about his program.
OK. Jadi fyi, Chile itu kan ekonominya salah satu yang paling stabil yah di Amerika Selatan, tapi kalau ngomongin globally, income gaps nya Chile tuh salah satu yang paling besar. Cuma 1% populasi yang punya 25% kekayaan negara. Jadi, programnya Boric adalah untuk menuntaskan hal itu dengan memperluas hak-hak sosial dan mereformasi sistem pensiun dan perawatan kesehatan di Chile. Boric juga bakal mengurangi jam kerja dari 45 jam jadi 40 jam aja, nggak lupa dia juga memprogramkan investasi hijau.
 
Ok. Anything else I should know?
Gabriel Boric bakalan dilantik Maret nanti, terus presiden sebelumnya Sebastian Pinera, nawarin Boric bantuan selama transisi tiga bulan penuh. Terus sejauh ini, para pemimpin negara-negara tetangga juga udah pada menyampaikan ucapan selamatnya, dan looking forward buat kerja bareng doi. Finally guys, banyak Swifties juga yang ngucapin selamat ke Boric karena doi, well, is known as a huuuuge Taylor Swiftie fan.
 
Now we’re thinking about running as a president too…