Friday Pause: You’re the one I want ūüíć

62


Good morning!

Take a breath and smile because it’s finally Friday! Yep, as always, you can enjoy our podcast¬†here¬†and our fun stuff down below. We advise you to enjoy both while sipping your coffee. Finally, have a restful weekend!


For the love of Meme: Happens. All. The. Time. 


Now that holiday szn is almost here.. 

Remember to teach your kids about: Sexual assault.
 
Yes guys, we‚Äôre still gonna talk about this because sometimes, sexual assault comes from the unexpected.¬†Secara musim liburan udah deket, kamu mungkin punya anak kecil yang udah¬†excited¬†banget ketemu¬†extended family¬†baik itu saudara jauh, teman di kampung halaman, maupun tetangga. Nah buat jaga-jaga dan antisipasi, kamu wajib, kudu, harus, ngajarin para bocil tadi tentang cara menjaga dirinya dari¬†sexual assault.¬†Kenapa? Karena ternyata kasus kekerasan seksual pada anak justru banyak dilakukan orang terdekat guys ūüôĀ
 

Menurut data dari Yayasan Anak Masa Depan Indonesia (AMDI), dari ribuan kasus kekerasan anak di seluruh Indonesia, 38 persen di antaranya merupakan pelecehan seksual ataupun pemerkosaan. Ironisnya, 85 persen pelaku kejahatan merupakan orang terdekat, kayak ayah, paman, hingga kakek kandungnya sendiri. Ini parah banget kan, makanya kita harus buru-buru ngajarin pendidikan seksual pada generasi muda, selain untuk menghindari mereka dari kekerasan seksual, kita juga bisa memutus mata rantai dari masalah yang makin darurat ini guys. Nah jadi, apa aja sih yang bisa kita ajarin ke anak-anak soal pelecehan seksual?

  • Kenalkan mereka dengan¬†body parts-nya.¬†Yep, bikin suasana nyaman dan menyebut¬†body parts¬†mereka sesuai dengan namanya. Dengan begitu, anak-anak bakal tahu bagian tubuh mana yang dimaksud dan bisa dengan spesifik menjelaskan kalo emang ada sesuatu yang terjadi di parts itu.
  • Ajarin mereka juga bahwa¬†body parts¬†tadi adalah¬†private.¬†Yep,¬†teaching about privacy is key. Kasih tau mereka bahwa badan mereka adalah privasi dan karena privasi, jadi gabisa sembarang orang boleh lihat atau menyentuhnya. Kasih tau juga bahwa kalo di luar rumah, ga ada yang boleh ngeliat mereka tanpa baju, kecuali kalo mau diperiksa sama dokter. Itu juga dengan kondisi¬†mommy or daddy should be present. Gitu.
  • Ajarin mereka bahwa ga ada yang boleh menyentuh¬†body parts-nya, dan mereka juga gaboleh menyentuh¬†body parts¬†orang lain.¬†Yang kedua ini perlu ditekankan juga ya¬†guys, karena banyak kejadian¬†sexual assault¬†yang dimulai dengan pelaku minta disentuh sama korbannya. Jadi pastikan anakmu ngerti bahwa larangan itu¬†goes both ways.

  • Kasih tahu mereka bahwa gaboleh ada¬†body secret.¬†Yep, biasanya pelaku suka minta korbannya untuk merahasiakan apa yang udah mereka lakukan, dan bahkan bisa sambil mengancam. Nah, kasih tahu anak kalian bahwa dalam hal ini, kalo ada yang meminta mereka menjaga ‚Äúbody secret‚ÄĚ, maka jangan didengerin. Artinya, anakmu wajib laporan kalo ada yang meminta mereka menjaga body secret tadi.
  • Ajarin mereka gimana caranya keluar dari kondisi yang nggak nyaman.¬†Dalam hal ini, kamu bisa ngajarin mereka untuk¬†straightforwardly say ‚ÄúNo!‚ÄĚ. Atau kalo udah agak gede, ajarin mereka¬†code word,¬†atau kode yang cuma diketahui oleh kamu dan anakmu kalo ada sesuatu yang nggak diinginkan terjadi. Dengan begitu, mereka bisa ngasih kode ke kamu kalo emang hal itu kejadian *amit-amit*.
  • Kasih tahu mereka bahwa aturan ini semua berlaku pada semua orang.¬†Yep, penting ni¬†guys.¬†Karena kalo kamu bilang orang jahat,¬†most likely¬†mereka bakal bayanginnya orang jahat kayak di kartun-kartun, jadi kamu perjelas aja. Kayak misalnya, ‚ÄúMama atau ayah mungkin menyentuh body parts kamu untuk bantu bersih-bersih, tapi nggak ada lagi yang boleh menyentuh kamu di sana.¬†Not your friends, not aunts or uncles, not teachers or coaches.‚ÄĚ Gitu.

Nah guys, terakhir, pastikan kamu juga ngasih info ini ke temen-temen, kakak, atau saudara yang kamu tahu mereka udah punya anak ya! Atau bisa juga dengan membagikan mereka dongeng ini. Terus nih, sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan lingkungan yang ramah buat anak-anak, udah waktunya kita ikut mendesak pemerintah dan DPR supaya segera mengesahkan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual dengan menandatangani petisi ini. Remember, we owe a good future for our children!

 
*Ini adalah konten bersponsor


Now, let’s find your weekly cool tips!

Yep, sometimes Friday looks so much like Saturday, sooo it’s time to gear up for the weekend with our from you, to you, recommendations!
 

Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Our¬†podcast! Hari ini kita ngebahas soal Riuh Presidential Threshold 0 persen, Mahatir Mohammad Dikritik, Gletser di Antartika Nyaris Meleleh/ Go go go!
  • Salah satu (dan hampir satu-satunya) serial manusia (bukan animasi) yang bikin aku betah nontonnya, manis¬†aftertaste¬†nya, banyak hikmah hidupnya, lucu¬†as its finest, dan selalu menimbulkan kehangatan dalam tiap episodenya, adalah¬†MODERN FAMILY. 11 Seasons yang amat sangat tidak pernah sekalipun membosankan. Kamu harus nonton banget¬†series¬†ini, bener-bener ngajarin untuk menjadi manusia yang utuh dengan semua kebaikan dan keburukan serta ngajarin bagaimana arti “bhinneka tunggal ika” dimulai dalam lingkaran sosial terkecil, yaitu keluarga. 5/5! (@faniduni).
     
  • Buat kamu yang susah tidur dan butuh teman, bisa banget dengerin¬†ASMR Introvert Best Friend ID¬†di Spotify dan channel YouTube¬†tasyasays. Episode baru bakalan di-upload¬†tiap hari Selasa jam 17.00 (YouTube) dan jam 20.00 (Spotify). Semoga bisa menemani hari-harimu, ya! (@tasyasays).
     
  • Buat yang lagi bingung nyari tontonan seru dan ringan, aku mau rekomendasiin series kdrama adaptasi Webtoon “Our Beloved Summer“. Ceritanya tentang dua orang mantan kekasih yang bertemu kembali 10 tahun kemudian setelah terlibat project film dokumenter masa sekolah.¬†Main casts-nya ada Choi Woo Shik yang main di film Parasite sama Kim Da Mi dari Itaewon Class. Dramanya tayang di Netflix tiap hari Senin-Selasa jam 10 pm. Oh ya yang ngisi¬†soundtrack-nya ada V BTS juga lo ūüôā¬†Happy watching!¬†– (@ranaindahp).
     
  • Cobain¬†30 days mindful analysis¬†tentang pengenalan diri sendiri (lagi) karena kadang udah terlalu ga kenal sama diri sendiri, terlebih selalu dituntut memenuhi ekspektasi orang lain. Berisi 30 pertanyaan yang harus kamu jawab tiap harinya. Caranya kamu tuliskan jawabannya di notes (buku) pakai pulpen (jangan di¬†device¬†karena konon tubuh¬†more awake¬†kalo nulis langsung). Daftar pertanyaannya bisa dilihat¬†di sini.¬†Try it!¬†(Anonymous).
     
  • We’ve been hearing a lot of sad, unhealthy relationship stories lately ūüôĀ So now, let’s talk about how¬†healthy relationship¬†should look like. Take a look here!¬†(Us!).
  • Buat kamu yang baru mulai¬†workout, aku sarankan ikut¬†workout¬†dari¬†body project¬†ini. Gerakannya gampang, tapi lumayan bikin keringetan seluruh badan!¬†(Anonymous)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
‚Äú”I’ve got a theory that if you give 100% all the time, somehow things will work out in the end.”¬†
 
– Larry Bird –

Thank you note


Terima kasih buat Pacar Kim Taehyung, bahiyyih yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Jadi waktu itu aku lagi berangkat ke kantor naik ojol, trus pas di jalan ada beberapa orang yang bagi-bagiin sarapan buat orang-orang yang lewat. Abang ojolnya ambil sarapan itu dan aku ditawarin juga, tapi karena bawa bekal jadi ngga aku ambil. Pas udah deket kantor aku, tetiba abang ojolnya izin minggir sebentar, aku iyain kan, ngga taunya dia kasih sarapan yang tadi diambil ke bapak-bapak penjual krupuk tuna netra yang lagi duduk di pinggir jalan. Aku langsung senyum liatnya. Tapi abis itu aku nyesel ngga ambil sarapan yang ditawarin, biar bisa buat abang ojolnya ūüôĀ jadinya aku kasih tip aja rada gedean buat abangnya. Makasih ya bang, udah bikin senyum pagi-pagi ūüôā

-Translator at @ARMYMAGofficial-
 
2. Semalam, seorang kawan menelepon saya dan mengabarkan hal baik dari tempat kerjanya. Beliau bilang ia merasa senang dan juga tertantang dengan tugas barunya. Saat menelepon keluarganya, ia bahkan dapat banyak wejangan dari Ayahnya yang barusan seperti ini. Saya turut senang sekali dengan mendengar cerita beliau, padahal seharian amat galau. Ternyata dengan mendengar kabar bahagia dari kawan bisa buat kita juga merasa lebih baik. Selamat dan semangat, Ta! Good luck untuk perjalanan baru and thank you for telling me your story :))
-LFRB-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories¬†here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)