Friday Pause: I really can’t stay ūüéĄūüéĀ

141


Good morning

Hello, welcome to the first weekend of December. Yep, it’s already the holiday season, so to make it more festive, let’s slow down and take a listen to our podcast¬†here, and enjoy our memes and recs and other cool stuff down below. Let’s go!


For the love of Meme: AAAAAAAHHHH!


When you’ve been kind to everyone around you…

Now, time to be kind to yourself.

Yep, karena sebagai warga +62 yang model komunikasinya banyakan high context (aka tersirat dan ga super direct), tentunya kamu familiar sama perasaan-perasaan ga enakan dan takut menyinggung, sehingga ujung-ujungnya kamu capek sendiri karena bottle up feelings. Atau kamu juga sering lebih mengutamakan kepentingan orang-orang di sekelilingmu dan justru jadi abai sama kebutuhan diri sendiri. Nah guys, kurang-kurangin yuk kebiasaan untuk nggak memprioritaskan diri sendiri kayak gini karena praktek tersebut nggak baik dan bakal bikin kamu mentally exhausted. Ujung-ujungnya, nanti kamu jadi burnout dan semuanya berantakan. Selain itu, practicing self-kindness juga perlu banget supaya nantinya kamu bisa lebih compassionate sama orang lain tanpa mengorbankan diri kamu sendiri. Emang easier said than done, makanya nih cek yuk tips-tips untuk practice self-kindness di bawah ini!

  • Upgrade small items.¬†Kalo kamu udah lama tinggal di kamarmu saat ini, mungkin kamu bisa menghadirkan suasana baru dengan meng-upgrade¬†kamarmu. Caranya¬†simple¬†aja, misalnya dengan membeli selimut yang nyaman, pake¬†night light¬†yang bisa membantu kamu tidur, atau¬†as simple as¬†pake¬†diffuser, biar napasmu rileks. Yep, ini adalah contoh-contoh¬†upgrading yang meskipun kecil, namun bisa berangsur-angsur meningkatkan kualitas tidurmu.¬†Remember, a good night sleep is always the key to a happy and healthy life. Jadi gpp kalo kamu mau¬†self-care¬†dengan bikin kamar tidurmu senyaman mungkin.
  • Work on boundaries.¬†Kalo kamu adalah orang yang suka gak enakan, penting nih untuk kembali menguatkan boundaries kamu. Jadiin diri kamu sendiri prioritas adalah bentuk dari¬†self-kindness¬†juga loh. Bukannya kamu harus jahat sama orang lain, tapi coba pikirin kenyamanan kamu sendiri dulu deh. Kayak misalnya di¬†weekend¬†kamu butuh istirahat dari sekelilingmu, ya enggak apa-apa kalo kamu ga pegang hape dulu dan mau tiduran aja di kamar. Atau kalau kamu lagi pengen istirahat banget, kamu bisa kok minta¬†me time¬†dari kerjaan maupun orang-orang terdekatmu untuk¬†staycation¬†dan¬†recharging¬†sama diri sendiri.¬†Remember guys, you cannot pour from an empty cup.¬†Artinya kamu harus¬†take care of yourself¬†dulu sebelum¬†take care of¬†orang lain.
  • Ask for help.¬†Yep, kadang kita maunya membantu, tapi suka gak enakan kalau menerima bantuan dari orang lain. Bisa jadi salah satu hal yang bikin 2021¬†exhausting¬†banget adalah karena kamu¬†take on too many roles.¬†Karenanya, enggak apa-apa loh untuk sekali-sekali minta tolong dan menerima pertolongan orang lain. Terlebih kalo itu dari orang terdekat kamu karena itu bikin kamu justru merasa lebih disayang. Hal ini juga tentunya bisa meningkatkan hubungan kamu sama mereka.
  • Treat yourself.¬†Pastinya ini penting banget, karena kamu jadi bisa¬†recharge¬†dengan nge-treat diri kamu sendiri. Hal-hal¬†simple¬†aja guys, kayak¬†order¬†makanan enak pas kamu lagi ngerasa¬†down,¬†atau nonton series atau film kesukaan kamu. Anggep aja sebagai¬†reward for making it this far.
  • Compassion over criticism.¬†Nah, untuk kamu-kamu yang suka keras sama diri sendiri, yuk, jangan terlalu¬†beat yourselves up¬†karena sebagai manusia wajar banget loh kalo kamu bikin kesalahan. Perlu diinget nih kata teteh Taylor Swift:¬†‚ÄúIf you think about human nature, our favorite pair of shoes are the ones we bought yesterday, our favorite thing is the newest thing that we have‚Ķand the thing we‚Äôve seen the most and for the longest period of time is our reflection in the mirror, so obviously that‚Äôs going to be our least favorite thing.‚Ä̬†Jadii emang wajar kalau kadang kamu suka¬†self-criticizing, tapi inget, siapa lagi yang sayang sama kita kalo bukan diri kita sendiri?
  • Celebrate small wins.¬†Ini adalah koentji gengs. Rayakan hal-hal kecil yang kamu lakuin dan pastinya memberikan manfaat buat sesama. Inget, kunci dari¬†self-kindness¬†adalah mempertajam rasa simpati kamu ke lingkungan sekitar dan kamu bisa mulai dengan hal-hal kecil untuk dilakuin. Misalnya, sebagai bentuk apresiasi terhadap pencapaian yang sudah diraih, kamu membagikan kebahagiannya dengan orang lain. Sesederhana dengan berdonasi untuk membantu serta melindungi sesama.¬†Ngomong-ngomong berbagi kebaikan dan kebahagiaan lewat donasi, sepanjang bulan Oktober sampai November ini, udah banyak lho yang yang ikut serta dalam program bertajuk ‚ÄúBersama AQUA, Lindungi Diri Lindungi Sesama‚ÄĚ. Jumlah donasi yang terkumpul dari tiap pembelian botol AQUA 600ml maupun 1.500ml di Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi se-Indonesia udah mencapai Rp450 juta! Nah, donasi yang udah terkumpul ini bakal dikemas dalam¬†protection package¬†untuk melindungi mereka yang membutuhkan dan masih harus tetap bekerja di luar rumah.¬†Amazing¬†banget ya,¬†what collective kindness can do to the society!¬†Kamu juga bisa terus ikuti inisiatif kebaikan AQUA lainnya, dengan memantau terus sosial media¬†@SehatAQUA¬†atau websitenya¬†di sini.
Jadi gitu ya, gengs. Satu hal yang paling penting dan harus kita inget terus adalah menjaga kesehatan diri kita sendiri. Biar tetap bisa practicing self-kindness dengan lebih maksimal, yang paling penting juga adalah kamu harus tetap jaga daya tahan tubuh kamu, dan jangan sampai nge-drop! Salah satu caranya adalah dengan selalu memenuhi kebutuhan hidrasi, dan minum 4 botol AQUA 600ml tiap harinya buat melindungi kesehatan. Jadinya, kamu bisa tetap melakukan banyak kegiatan dan memberi afirmasi baik untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita!
 
*Ini adalah konten bersponsor.


Now, it’s your weekly tips again!

Yep, our kind of happiness is a weekend well spent with our loved ones, including the furry friends. Aaaaalso, with some cool recommendations from you!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our¬†podcast!¬†Today we’re talking about¬†pimpinan MPR yang minta Bu Menkeu Sri Mulyani dipecat, penembakan massal di AS yang dilakukan seorang siswa kelas 2 SMA, dan kegiatan Diksar Menwa yang kembali merenggut nyawa. Ouuuch ūüôĀ (Us)
  • Buat yang lagi patah semangat dan butuh motivasi, coba deh dengerin lagu dari¬†Stray Kids – Grow Up. Di lagu ini Stray Kids ngasih tau kita kalau gapapa kita membuat kesalahan atau jatuh karena ini juga hidup pertama kalinya buat kita semua.¬†So don’t worry too much and it’s okay to take a rest for a while if we need that because you have been doing well all this time.¬†(Anonymous)
  • Kind of¬†nature sounds¬†playlist by¬†Spotify! Enak bangett dengernya dan cocok untuk nemenin nugas bahkan nenangin diri <3. Berhubung aku suka banget suara ombak,¬†Sounds of the Ocean¬†is¬† my fav. ūü§©ūü§ćūüĒ• ¬†(Anonymous)
  • Yang lagi pengen nonton sesuatu yang¬†refreshing/bosen nonton series tapi masih mau nonton, aku rekomendasi banget untuk¬†check-out¬†“Bake Squad”¬†on Netflix. Ini adalah acara Reality yang berfokus pada pembuatan¬†dessert¬†(yang tentunya¬†jaw-dropping¬†banget)¬†based on request¬†si pemesan. Ada empat¬†bakers¬†yang berkompetisi agar¬†dessert-nya dipilih oleh pemesan tersebut. Aku rasa¬†vibe¬†saat nonton ini tuh¬†good vibes¬†dan¬†inspiring¬†banget. Walaupun ini kompetisi, empat¬†bakers¬†tersebut bener-bener saling bantu dan support (mereka sama-sama dikejar waktu, tapi mereka sama sekali ga ragu untuk bantu). Poin pentingnya lagi, meskipun empat¬†bakers¬†tersebut punya keahlian masing-masing, tapi mereka¬†still very versatile¬†untuk buat yang lain. Bikin aku jadi mikir.. kalau pada dasarnya orang yang AHLI BANGET di satu bidang itu sebenarnya ditunjang karena mereka JAGO di bidang lain juga (yang tentunya masih di¬†scope¬†yang sama) :’).¬†What i want to say is, do check it out for not only a cool show, but also amazing people!¬†(Anonymous)
  • Buku dari Vex King yang judulnya¬†Good Vibes Good Life¬†bagus banget! Buku ini membantu aku bangkit dari depresi karena isinya memotivasi tapi enggak yang maksa gitu. Coba baca deh!¬†(Ralina)
  • Akhir-akhir ini kalo lagi kerja suka ditemenin sama¬†album¬†ini. YEP.¬†LET’S GO BACK TO WHEN WE WERE YOUNG. haha!!¬†(Anonymous)
  • Film ini udah beberapa kali direkomendasiin sih, tapi gapapa diulang lagi. Judulnya¬†The Bold Type.¬†Relate¬†banget untuk kehidupan usia kerja, apalagi untuk yang kerja di media. Filmnya komplit banget;¬†work life, love life,¬†dan¬†friendship¬†dengan masing-masing permasalahannya¬†(Anonymous).
  • Buat kamu yang lagi pengen cari tahu rekomendasi buku-buku yang bisa dibaca, baik untuk¬†self healing¬†atau untuk mengembangkan diri sendiri, bisa banget nih cek ke akun Instagram¬†@ihearbooks.id¬†ūüôā Isinya sekarang ada review buku-buku yang menarik banget dan bentar lagi bakalan ada tambahan podcast loh!¬†(Anonymous).

Quote of the day
 
‚ÄúYour mind is a powerful thing. When you fill it with positive thoughts, your life will start to change.‚Ä̬†
 
– Anonymous-

Thank you note


Terima kasih buat Seseorang yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Gue ke Indomaret beli es krim sama anak gue (3thn). Pas mau bayar ke kasir, ada anak (mungkin sebaya dengan anak gue) yang datang dengan baju lusuh, wajah kotor, dan melihat ke arah anak gue yang lagi nyomot beberapa es krim di freezer. Anak gue ambil satu es krim lagi dan minta dibayarin buat anak itu. I was like… :’))))) Nak, you’re so kind huhu love you.

[email protected]

2. Angel aku kali ini adalah kucing kesayanganku, namanya Snowy. Snowy selalu ada pas aku lagi sedih abis putus cinta, ada masalah, abis ditolak kerjaan, proses jobless, hingga sekarang aku udah bisa tersenyum lagi. Snowy gak judgy dan selalu mendengarkan semua curhatanku meskipun sambil tidur dan pastinya nggak ngerti. Gpp lah snowy kadang suka bawel dan berisik pengen keluar rumah jam 3 pagi, tapi aku tetep sayang.
-Anonymous-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories¬†here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)