Friday Pause: Have a holly jolly Christmas 🎄

404


Hello!

Rise and shine, everyone! It’s just less than 24 hours before Christmas, so for those who’s celebrating, Merry Christmas! Enjoy this jolly weekend with your loved ones, aaaand don’t forget to checkout our recs down there to add up some more fun to your holiday. Let’s go!


For the love of Meme: So go easy on me…. 


Everybody, now let’s talk about… coping mechanism.

Hello there, life.
 
Raise your hand if adulting has been… hard for you? Now hands down. Yep, kayak kaleng biskuit yang isinya rengginang, kadang pas masih kecil, kita mikir bahwa kalo udah gede, hidup bakal lebih enak. Eh taunya pas nyampe usia tertentu… kita baru nyadar nih bahwa ternyata punya banyak tanggung jawab itu melelahkan banget, hingga rasanya yha zonk aja gitu. Iya, zonk kan, pas buka kaleng isinya bukan biskuit?
 
Nah guys, emang seiring dengan semakin dewasanya kita, tentu kamu menyadari bahwa jadi banyak banget area dalam hidupmu yang perlu kamu urusin sendiri. Mulai dari keuangan, kerjaan, percintaan, hubungan sosial, dll. Kamu juga tentunya setuju, bahwa not everything goes according to your plan. Ada hal-hal dalam hidup yang bikin kamu kecewa, no matter how hard you try for it. Misalnya, kamu ga keterima di kerjaan impian kamu, atau kamu ditinggal pas lagi sayang-sayangnya, atau skripsi yang ngga kunjung selesai, atau orang tua yang makin kamu dewasa, makin banyak silang pendapat sama kamu. Nah dalam kondisi kayak gini, ada satu life skill yang perlu kamu miliki supaya bisa survive and be tough. Everybody, meet: Coping mechanism, atau kemampuan mengatasi suatu masalah. Basically, ini adalah actions yang kamu lakukan ketika hidup lagi berat. Punya coping mechanism yang positif ini penting banget guys, secara kamu udah sering denger kan, orang yang depresi terus larinya ke obat-obatan terlarang? Nah, jangan ya guys, jangan pake narkoba, no matter how hard your life isInstead, try these activities for your coping strategy!
  • Curahkan pikiran kamu lewat tulisan. Yep, journaling itu ternyata bisa jadi salah satu metode positif supaya kamu bisa menumpahkan semua emosi kamu di kertas (atau di gadget). Ada risetnya juga yang menunjukkan bahwa setelah seseorang melakukan journaling selama satu bulan, maka mereka jadi less depressive dan kecemasan pun berkurang. Bahkan di bulan kedua, emosi yang mereka tunjukkan juga makin stabil setelah melakukan journaling ini. Yang namanya numpahin segala emosi di medium tertentu, it means you’re letting go that kind of emotion kan. Terus dengan mediumnya berupa kertas atau gadget tadi, suatu saat kamu bisa reflect lagi nih ke diri kamu, liat how far you’ve come dan itu yang bisa bikin kekuatan dan harapan kamu muncul lagi.
  • Move your body in 1.. 2.. and 3! Yoi, selain sehat, exercise juga bisa bikin kamu lupa sama segala worries dan anxiety yang kamu alami. Serius deh, nggak akan pernah nyesel kalo udah keringetan dan ngerasain these feel-good endorphins. FYI, dengan kamu exercise, kamu jadi nggak membiarkan tubuhmu ikut ngerasain apa yang kamu pikirin, a good distraction, no?
  • Inhale…. Exhale…. Kalau kamu lagi ngerasa stres, sedih atau overwhelmed like, “I’ve had enough!”, just take a few slow deep breaths. Cobain deh. Karena gini guys, kalau kita lagi cemas atau takut, nafas kita cenderung lebih cepat dari biasanya kan, dan seluruh bagian tubuh kamu juga jadi bekerja lebih cepat, and it’s not a good condition dong. Jadi dengan memperlambat nafas tadi, itu bisa kirim sinyal ke otak kamu buat balikin tubuh kamu ke kondisi sebelumnya. Kamu bisa juga mencoba meditasi, yang secara scientific terbukti bisa mengurangi kecemasan.
  • BersyukurBecause small things matter. Yep, daripada fokus di depresi dan rasa cemasmu, ada baiknya kamu melihat sisi lain dari apa yang kamu lihat atau rasakan sekarang. Bayangin aja betapa capek dan exhaustingnya kamu ketika lagi depresi dan anxiety ya kan. Jadi mulailah sugestiin pikiran kamu bahwa ada yang harus disyukuri dari semua ini, sekecil apa pun itu. Syukuri orang-orang yang ada di hidupmu, teman-temanmu, hewan peliharaanmu, sampe the fact that we are living not in a war-torn country. Dengan cara itulah kamu bisa mulai hidup lagi, maju ke depan, dan nggak stuck di keadaanmu sekarang.
  • Istirahatlah Kata-kata. Bukan, bukan judul film. Dari 24/7 waktu yang kamu punya, kamu nggak perlu memikirkan segala masalahmu all day long. Itulah yang akhirnya membuat kamu semakin depresi. Istirahatkan dulu pikiran-pikiran itu sejenak dan coba deh bikin schedule in between your daily activities. Misalnya, 10 menit pas bangun tidur untuk bikin gratitude list, 30 menit menjelang sore untuk berolahraga, atau 5 menit abis makan siang untuk meditasi. Yep, jadinya kamu juga ke-distract dan ngga mikirin itu terus guys.
  • Finally, our personal favorite is listening to “Don’t you worry you pretty little mind, people throw rocks at things that shines and life makes love looks hard” part from this song
And remember, you can and you SHOULD always reach out for help when things are too hard for you. Talk to your loved ones, or seek for help from the professional so you know you’re not alone. Remember, taking care of your mental health is the bravest thing you can do for yourself. You got this.


Finally, here’s your weekly tips!


Yep, cold days like lately call for chilling and free flow of snacks. And don’t forget, our cool recs! 
 
But before…

Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

Advertisement

  • Our podcast! Hari ini kita ngebahas soal Vaksin Nusantara jadi booster, kapal karam bikin ratusan migran tenggelam, dan potensi ekonomi perempuan hingga Rp400 T di tahun 2025. Whooooa! (Us)
  • Mau rekomendasi lagu NCT-Beautiful untuk kita yang sering merasa insecure, ga pede, ga cantik, merasa ga pantas. This song is for you!!!! (Anonymous)
     
  • Buku Educated by Tara Westover! So inspiring and insightful. Menunjukkan bahwa ternyata belajar adalah proses berkesinambungan dalam hidup, gak cuma di bangku sekolah aja. (Anonymous)
     
  • Counting the days to our reunion, Potterhead! Yes, di tahun baru 1 Januari nanti the golden trio Harry, Ron, and Hermione and the rest of warga Wizarding World bakalan reunian gitu di Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts. Yesss udah 20 tahun aja yah, one of our best childhood memories. Yang masih rewatch HP cunggg! (Us)
  • Well, for the big fan of Thai BL Series, ada satu lagi seriesnya GMM TV yang wajib kamu tonton. Judulnya Bad Buddy. Tentang dua cowok yang emang udah ‘ditakdirkan’ jadi rival bahkan sebelum mereka lahir (Seriusan wkwkw). Chemistry Ohm sama Nanon di sini juga nggak bisa dianggap remeh guys. Flow series-nya pun much better dari series GMM yang udah-udah. Buruan cuss ke YouTube nya deh. Masih on going, lho. (Anonymous)
     
  • Nggak akan bosen ngerekomendasiin the latest albumnya Yura Yunita called Tutur Batin buat didengar semua orang. Lagu-lagu di sana tuh jujur dan relate banget. Among 11 lagu yang ada, Tenang, Tutur Batin itself, Sudut Memori, dan Bandung wajib masuk ke playlist kamu. Anyways, Bandung tuh liriknya full bahasa Sunda, which is so entertaining, energizing, and satisfying at the same time(Us)
     
  • kalau kamu tipikal yang suka banget sama gemes-gemesnya cerita cinta anak SMA, wajib banget baca cerita Sweet Chaos di Wattpad. Ceritanya tentang seorang cewek dengan segala kebobrokannya getting herself together dealing with two different guys. Premisnya emang lumayan klasik tapi cara penuturan di cerita ini yang bikin dia beda. Dan Sweet Chaos jauh dari kata cringe. Ini yang penting. (Anonymous)
  • Aisha Retno kan baru aja ngerilis single terbaru yah, judulnya W.H.U.T. Wanna Hold U Tight. Ear catching banget tau guys ketika didengerin pertama kali. Melodinya asik, liriknya simpel tapi ngena. Coba dengerin deh, mungkin kamu suka. (Us)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
“If you want to be happy, do not dwell in the past, do not worry about the future, focus on living fully in the present.”
 
-Roy T. Bennett-

Thank you note


Terima kasih buat Seseorang yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Jadi kemaren minggu organisasi aku pelantikan pengurus baru, yang mana berarti pengurus lama nya demis. Aku ngga nyangka aja aku yang pertama kali ikut organisasi ini sebelumnya ketemu organisasi yang bisa nerima, percaya, dan bantu aku banyak buat berkembang. Aku punya zona nyaman baru ketika bareng mereka, ketika sadar kakak-kakaknya udah pada demis berasa sedih banget… sukses dan bahagia selalu kakak-kakak baik. Terima kasih udah buat organisasinya jadi salah satu tempat ternyaman aku <3 terima kasih banyak.
-Anonymous-
 
2. Jadi, tanggal 21 ini sahabat aku ulang tahun. I just wanna say “happy birthday” to her dan mau bilang makasih banyak-banyak udah jadi support system aku sampai hari ini. Thank you for always staying with me. Aku yakin siapa pun yang kenal dia akan sangat bersyukur, termasuk aku. Makasih udah bikin aku menutup tahun ini dengan penuh rasa syukur. Thank you, and let’s live a better life.
-π-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)
Advertisement