Formula E Resmi Digelar di Ancol, Jakarta, Lebih Dari 160 Orang Tenggelam Di Lepas Pantai Libya, BMKG Mengumumkan Cuaca Ekstrem 22 – 26 Desember, Penemuan Zaman Purba Yang Terjaga Sampai Sekarang

143


Hello

Good morning. It’s crazy that 2022 is just a week away, but we gotta tell you that we’ve been imagining a better end to 2021, something like nicer weather, drama-free politics, to the end of the pandemic, but you see… it’s probably not gonna happen. It’s ok though. If all you’ve achieved this year is just to survive, you’ve already done great. Be kind to yourself. 


Now, let’s talk about the moment when “All eyes on Jakarta”.

Next year.
On Formula E event.
 
Catch Me Up!
Sure. Jadi, Formula E ini adalah event balapan mobil listrik internasional yang udah digelar sejak 2011 lalu. Formula E merupakan ajang balapan  internasional ketiga terbesar di dunia, dan kompetisinya sendiri akan diikut oleh 12 tim. Nah, masing-masing tim ini bakal punya dua pembalap, jadi totalnya ada 24 pembalap dan 24 mobil.
 
Ok…
Nah, sejak pertama kali rencana Indonesia jadi tuan rumah Formula E muncul di tahun 2019 lalu, event ini menuai kontroversi. Alasannya, dana persiapannya yang besar dan dinilai bakal menghambur-hamburkan uang, apalagi di tahun 2020 pandemi COVID-19 melanda. Namun Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan meyakini bahwa bakal ada keuntungan ekonomi yang didapatkan dari gelaran event ini. FYI guys, salah satu yang menjadi sorotan adalah pembayaran commitment fee Formula E yang senilai Rp560 miliar untuk tiga tahun yang berasal dari dana pemerintah daerah. Meanwhile, Pak Anies yakin, keuntungan dari menggelar event ini bisa mencapai Rp1,2 triliun.
 
Terus…
Nah setelah melalui berbagai proses, akhirnya fix nih, Formula E bakal digelar pada tahun ini di Jakarta. Pemprov Jakarta kemudian menunjuk perusahaan daerah Jakpro untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak kayak Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan pihak swasta untuk menggelar event ini. Ga lama kemudian, kepanitiaan Formula E terbentuk dan Ketua Panitianya adalah politisi asal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Ahmad Sahroni. Yoi guys, dari Jakut ke Jakut gitu.
 
I see….
Nah yaudah, setelah pengumuman panitia di bulan lalu, maka di bulan ini, para panitia tadi ngumumin lokasi, dan ketauan deh bahwa formula E udah resmi bakal diadain di Ancol. Menurut Bang Roni, ada beberapa hal yang jadi alasan kenapa Ancol jadi venueMisalnya, lokasinya yang iconic dan nggak mengganggu fasilitas umum. Acara ini juga ga mungkin digelar di beberapa nominasi venue lainnya kayak GBK, atau Sudirman, karena bakal bikin jalanan ditutup dan ini bakal mengganggu warga yang melintas. Terus di Monas juga nggak bisa karena Monas termasuk Ring 1 Istana Negara. Akhirnya ya Ancol it is.
 
Pihak Formula E udah approved berarti?
Udah. Pihak panitia internasional yaitu Formula E Operations (FEO) sama Fédération Internationale de l’Automobile atau FIA udah melakukan asesmen sama venue di Ancol ini, dan mereka bilang bahwa calon track-nya di Ancol ini udah sesuai juga sama standar mereka. Terus sirkuit, panggung, dan lain-lain juga bakal segera dibangun dengan mengikuti spesifikasi FEO sama FIA, dan rencananya bakalan selesai di April 2022. Bang Roni bilangnya sih karena track-nya tuh kayak jalan raya aja dan lokasinya pun udah padat dan rata, jadi bisa selesai dengan cepat. Sekarang progresnya udah 60% dan sisanya bakalan dikerjain lagi mulai Januari.
 
Got it. Does anyone say anything?
Ada. Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo merasa Pemprov tuh nggak melibatkan DPRD dalam hal ini. Doi bilang bahwa Formula E ini pakai dana APBD DKI buat bayar commitment fee, jadi ya harus halo-halo dong sama kita-kita yang di DPRD. Gitu lha kira-kira.
 
Emang iya dananya pakai APBD?
Ya iya, kan buat dana commitment fee tadi, yang Rp 560 miliar. Tapi untuk gelaran acara kayak pembangunan track, event organizers dll itu udah ngga pake dana APBD lagi, melainkan semuanya full dari pihak penyelenggara dan sponsor-sponsor. Selain itu, dari awal Bang Roni juga udah menegaskan bahwa doi bakal menggandeng KPK untuk memastikan bahwa event ini transparan dari segi anggaran.
 
I see. Anything else?
Nah guysso far tim yang udah confirm untuk ikutan Formula E ada Jaguar, Nissan, Porsche, dll. Event ini juga rencananya bakalan diliput eksklusif sama 40 media internasional, dan disiarkan live di 150 negara di dunia. Terus, secara mobil-mobil yang dipertandingkan adalah mobil listrik, banyak pihak menyebut bahwa gelaran ini juga bisa menjadi momentum untuk makin mensosialisasikan penggunaan mobil listrik di Indonesia.

When things are so terrifying in a war-torn country…

*Trigger warning: This content mentions human trafficking, rape, and torture, which could be unsettling for some readers. Proceed with cautions!

Aka Libya.
Iya, sedih banget deh guys. Jadi baru aja Selasa kemarin, PBB merilis keterangan bahwa ada lebih dari 160 orang yang tenggelam karena kapal yang mereka tumpangi rusak di lepas pantai Libya. Yang sedihnya, para korban ini adalah pengungsi yang ingin mencari kehidupan lebih baik di Eropa, namun nasib mereka berakhir di Mediterranean Sea.
 
🙁 What happened?
So, walaupun kita mungkin nggak familiar sama isu pengungsi, namun kamu perlu tahu banget guys bahwa jutaan orang di luar sana banyak yang terombang-ambing tanpa negara dan masa depan yang enggak pasti. Penyebabnya, ga lain ga bukan peperangan berkepanjangan di negaranya yang bikin mereka pokoknya mo kabur aja ke luar negeri. Nah, yang terjadi kemudian mereka bakal melakukan segala cara biar bisa kabur, bahkan dengan naik kapal yang ga aman, atau membayar penyelundup orang supaya bisa masuk ke negara lain.
 
Tell me the numbers.
Well, di tahun ini aja, UNHCR mencatat bahwa totalnya ada 26,4 juta pengungsi di seluruh dunia. Paling banyak pengungsi ini berasal dari Suriah, disusul oleh Venezuela, Afghanistan, Sudan Selatan, dan Myanmar. Nah, mereka kemudian banyak yang jadi pengungsi di kamp-kamp pengungsian dengan fasilitas yang tentunya nggak memadai buat live permanently. Terus, proses resettling di negara baru yang belum pasti dan ga jelas juga biasanya bikin mereka harus nunggu bertahun-tahun tanpa kepastian, dalam kondisi ketergantungan sama international aids aja (karena kebanyakan refugees ga boleh kerja). Kebayang ga guys hidup super limited kayak gini?
 
Can’t imagine 🙁 Terus balik lagi ke Libya?
Rite. Jadi Libya itu sebenernya merupakan negara kaya minyak. Namun kondisinya sekarang jadi nggak stabil banget sejak dibunuhnya pemimpin Libya, Muammar Khadafi oleh NATO pada tahun 2011. Akibatnya, banyak warga Libya yang berusaha untuk kabur dari negaranya lewat laut, pake kapal kayu atau kapal balon seadanya, dan berharap bisa mendarat di Eropa.
 
Is it that easy?
Of course not. Karena itulah, PBB concern banget sama banyaknya pengungsi yang meninggal karena tenggelam di Laut Mediterania tadi. Terus, berdasarkan keterangan dari Safa Msehli, Jubirnya International Organization of Migration, selain 160 orang migran yang tenggelam tadi, sebelumnya juga ada kapal karam yang menyebabkan tenggelamnya 62 orang migran. Di hari yang sama, ada lagi kapal yang tenggelam dan korbannya pun lebih banyak, yaitu 210 orang migran. Jadinya, di tahun ini, ada total 1.500 orang migran yang tenggelam di Laut Mediterania.

OMG 🙁
Yep, alternatif lain kalo nggak nekat lewat laut adalah dengan membayar human traffickers, dan opsi ini tentunya lebih mengerikan lagi. Hal ini karena masih menurut keterangan PBB, mereka bakal nge-charge mahal banget ke warga yang udah desperate pengen pergi dan nyuruh mereka untuk naik kapal lewat laut tadi. Terus kalo ketauan oleh otoritas, maka para pengungsi ini bakal dipaksa balik lagi ke Libya dan mengalami berbagai tindakan pelanggaran HAM kayak disuruh kerja paksa, dipukul, disiksa, diperkosa, dll.
 
🙁 Anything else?
Seiring dengan makin buruknya kondisi di Libya, maka tahun ini jumlah refugees yang berusaha kabur jadi makin banyak kalo dibandingin tahun kemarin. Menurut catatan IOM, di tahun 2021 ini ada sekitar 31.500 warga yang ketangkep dan disuruh balik lagi ke Libya, dibandingin sama jumlah tahun lalu yang sekitar 11.900 ribu orang. Saking buruknya kondisi para migran ini, PBB sampe mengkategorikannya sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

When you’ve been planning a perfect year-end holidays…

Beware of bad weather.
Yep, karena kemarin, BMKG baru aja mengumumkan peringatan dini buat sejumlah daerah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem dari 22 Desember sampai tanggal 26 Desember nanti.
 
Hah? Kok bisa?
Ya bisa. Kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dari temuan mereka diketahui bahwa ada bibit siklon tropis yang bisa berdampak sama cuaca, dan kenaikan gelombang laut secara signifikan di tanah air. Nah, adapun kemungkinannya, kenaikan akan terjadi secara bertahap, di mana kalo pada hari ini, kemungkinan munculnya siklon tropis ada di potensi rendah, terus besok naik lagi jadi potensi sedang, terus dari potensi sedang ke tinggi ada di hari Sabtu, dan puncaknya ada di hari Minggu di mana siklon tropisnya berpotensi tinggi.
 
Hold on. What is siklon tropis anyway?
Jadi, siklon tropis tuh badai yang kekuatannya besar dengan radius dari 150 sampai 200 km. Since jenis sikon ini terbentuknya dari laut, maka angin kencang juga bakalan ada dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam, dan bakalan stay kayak gitu selama at least 6 jam.
 
Noooo….
Makanya ni guys, BMKG memberi peringatan awal pada kita, terutama di beberapa daerah yang bakalan terdampak sama cuaca ekstrem ini. When we say cuaca ekstrem, berarti bakalan ada hujan dari yang ringan sampai lebat, terus angin kencang, dan kenaikan gelombang air laut.
 
Dimana aja tuh daerah yang kena?
Ok, take note. Hujan ringan sampai lebat diperkirakan bakalan ada di Nusa Tenggara dan Maluku, angin kencang juga bakalan menerjang NTT, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. Terus juga daerah laut bakalan mengalami kenaikan gelombang kecil dan sedang yang mostly menerjang laut Timur Indonesia. Kayak Perairan Kaimana, Perairan Aru, dan Perairan Arafuru.

Gotta get ready…
Bukan cuma di situ aja guys, namun di Nias, Sumatera Utara juga udah terjadi banjir dan longsor sejak Rabu minggu lalu. Banjir dan longsor ini bisa terjadi gara-gara curah hujan dengan intensitas tinggi dan kenaikan debit air di beberapa sungai. Makanya itu, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, udah menetapkan status tanggap darurat di sana. Adapun jumlah korban yang terdampak di Nias sejauh ini udah ada 4.654 Kepala Keluarga yang harus dievakuasi dan dipindahkan ke tempat penampungan sementara.

Separah itu ya di sana…..
It is. Adapun dari data yang udah dihimpun sama BNPB dan BPBD setempat, ada dua fasilitas pendidikan yang udah rusak parah, dan rusak ringan. Akses PLN juga mati total terus sinyal komunikasi di sana juga terganggu. Makanya, tim dari BPBD langsung gercep otw ke lokasi buat mempercepat proses evakuasi dan menyalurkan bantuan buat masyarakat terdampak.
 
I see. Did anyone say anything?
Ada. Menanggapi cuaca ekstrem dan bencana yang terjadi akhir-akhir ini, kepala BMKG Bu Rita bilang BMKG bakalan terus memantau perkembangan siklon tropis yang ada, sambil masyarakat juga waspada dan nggak dulu berpergian ke perairan-perairan gitu. Bahaya gengs. Apalagi di waktu weekend ini kayak yang udah diprediksikan sama BMKG di atas.
 
Noted deh, Bu. Anything else?
For those who’s wondering, siklon tropis yang lagi jadi bahan perbincangan sekarang ini emang ada kaitannya sama Topan Rei yang melanda Filipina kemarin. Topan Rei sekarang posisinya terpantau ada di Laut Cina Selatan, tepatnya di timur Vietnam, sekitar 1.220 km dari Laut Natuna bagian utara. But, don’t panic karena per Senin kemarin si angin topannya itu dengan kekuatan 165 km per jam sedang bergerak menjauhi Indonesia. Dan bakalan semakin menjauh like, menjauh. Dan menjauh. Ya…  menjauh.

When you go back to the ancient times…..

In Nearly 2022.
Iya nih guys, baru-baru ini publik internasional dikejutkan dengan penemuan dari zaman purba yang masih terjaga dengan baik sampai sekarang. Yes, if you guessed dinosaur, you got it right. Jadi, fosil telur yang udah berusia 70 juta tahun itu ditemukan di China dan masih dalam posisi meringkuk dengan sempurna di dalam cangkangnya. Penemuan ini tentu bikin para peneliti pada amazed, secara tulangnya baby dinosaurus tuh kecil dan rapuh banget, makanya jarang bisa awet sebagai fosil, apalagi sampai bertahan 70 juta tahunan. Bayi dinosaurus yang diberi nama Baby Yingliang ini, sesuai sama museum di mana ia ditempatkan, memiliki ukuran telur sepanjang 17 cm, terus Baby Yingliangnya sendiri berukuran 27 cm, dan seandainya jadi menetas, dia bakal berukuran 2 sampai 3 meter.
 
Nah terus, gimana Baby Yingliang ini ditemukan? Well, awalnya fosil ini ditemukan di Provinsi Jiangxi pada tahun 2000 lalu oleh seorang direktur di perusahaan bebatuan, namanya Yingliang Group. Telurnya kemudian disimpan gitu aja sampe dilupakan, dan baru ketemu lagi oleh staf museum ketika mereka lagi mau membangun Museum Bebatuan Yingliang, di mana perusahaannya itu ikut modalin gengs. Nah di situlah telurnya ditemukan kembali.
 
Balik lagi ke telurnya, diketahui bahwa posisi Baby Yingliang di dalam telurnya tuh sama persis dengan burung modern di zaman sekarang. Hal ini kemudian menguatkan argumen kalau burung modern yang ada sekarang tuh emang berevolusi dari dinosaurus dua kaki kayak anggota kelompoknya Theropods, Tyrannosaurus rex yang tinggi menjulang atau yang lebih kecil ya si Velociraptors.

“Indonesia akan suram jika yang terpilih kelak adalah seorang pembohong dan juga pernah dipecat oleh Pak Jokowi karena tidak becus bekerja.”

Gitu guys kata Ketua Umum PSI Giring Ganesha dalam acara puncak Hari Ulang Tahun PSI ke-7 kemarin, yang dihadiri secara langsung sama Pak Jokowi. Dalam pidatonya itu, Giring bilang bahwa kalo emang kandidat yang punya rekam jejak politisasi agama menang Pilpres, maka partainya itu siap jadi oposisi kayak yang udah dibuktikannya di Jakarta saat ini.
 
When you thought that no more drama could happen this year…

Announcement


Thanks to Dina and Thamrin for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Puffy eyes can be caused by so many things: stress, lack of sleep, or… life. So, here’s how to treat them,- just before the holiday.

Angel’s Stories

1. Jadi seminggu ini sibuk banget sama urusan gereja buat persiapan Natal. Capeksss bangetss. kebetulan aku dikasih tanggung jawab buat kelola pendaftaran umat gitu. Di sini aku merasa oh begini mungkin ya kalau jadi pemerintah, mau bener atau salah tetep aja di komen. Tapi selama kita niatnya tulus, masih banyak banget yang kasih support. So today aku mau berterima kasih untuk mereka ya selalu bilang, “Semangat mbak”, Yang sabar ya mbak”, “Sehat selalu mbak”…. I love you ibuk-ibuk dan bapak-bapak semua hahaha…. God Bless You all!
-Number1-
 
2. Terima kasih kepada -seorang wanita dengan ID @heylindAmour- atas sharing Angel’s Stories yang terbit di CMU pada tanggal 20 Desember 2021. Terima kasih juga buat CMU yang udah bikin segmen Angel’s Stories..Terima kasih juga buat semua yang udah share ceritanya. Terima kasih sudah mengingatkan aku untuk bersyukur atas semua berkah yang terlimpah sampai detik ini. Terima kasih sudah mengingatkan aku bahwa kebaikan itu matter..dan being alive is a blessing… #air mata setitik ngalir barusan.
-Anonymous-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)