Erupsi Gunung Semeru

98

When things are getting more worrying in Mt. Semeru…

Cause it’s just erupted. 
Iya guys, thoughts and prayers buat warga di sekitar Gunung Semeru yang baru aja terkena erupsi pada Sabtu lalu. Now, here’s your update, from A to Z.
 
OK tell me.
Rite. Jadi diketahui, Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi yang disertai awan panas guguran pada Hari Sabtu sekitar pukul 15.00 WIB. Dalam keterangan resminya, BPBD Jawa Timur menyebut bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas Gunung berapi disertai awan panas guguran. Warga kemudian diminta untuk menyelamatkan diri.
 
Go on…
Sejauh ini, sedikitnya ada 5.205 jiwa yang terdampak oleh erupsi ini. Dari jumlah itu, 1.300 warga terpaksa harus mengungsi. Kebanyakan warga mengungsi di rumah ibadah dan balai desa sambil nunggu tempat pengungsian resmi yang disiapkan pemerintah.
 
Now tell me about the victims.
Adapun jumlah korban meninggal sejauh ini tercatat ada 14 orang, di antaranya adalah para penambang pasir yang terperangkap di lokasi. Selain itu, ada juga jasad ibu yang ditemukan tengah menggendong anaknya. Terus, korban luka berat berjumlah 35 orang, dan 21 orang luka ringan. Jadi kalo ditotalin, jumlah yang luka-luka adalah 56 orang. Kebanyakan guys, para korban ini mengalami luka bakar.
 
OMG…
Iya, diketahui para korban ini meninggal karena diterpa awan panas dan hujan batu dan abu yang disertai lahar panas. Adapun kerugian juga selain korban jiwa adalah rusaknya rumah warga, ladang, hingga hewan ternak. Enggak hanya itu, berbagai infrastruktur jalan juga rusak, di antaranya jembatan yang menghubungkan Lumajang dengan Malang. Terus, ada 112 listrik yang terdampak Semeru sehingga aliran listrik ke rumah-rumah warga terputus. Saat ini, aliran di 33 gardu udah kembali menyala.
 
Terus sekarang kondisinya gimana?
Nah, kalo kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), A. Fachri Radjab, kondisi cuaca di Gunung Semeru hingga hari ini masih berpotensi hujan. Karenanya, beliau meminta kepada warga maupun wisatawan supaya jauh-jauh dulu deh dari kawah Semeru. Selain itu, BPBD Lumajang juga mengingatkan warga untuk tetap waspada dengan abu vulkanik dan jangan tinggal di lokasi letusan dulu, karena abu vulkaniknya masih panas.
 
Hiks… anything else?
Untuk membantu para korban yang terdampak, kepolisian udah mengerahkan 945 personelnya. Terus BNPB juga udah mengirim tiga helikopter untuk upaya evakuasi, dan sejumlah alat berat. Adapun buat warga, BNPT udah mengirim 1.374 paket makanan siap saji, 1.377 paket lauk pauk, 2.000 lembar selimut, 900 lembar matras, 20 ribu masker KF 94, dan 2 unit tenda pengungsi. Selain itu, Gubernur Jawa Timur Bu Khofifah Indar Parawansa juga bakal ngantor dari Lumajang dulu ni guys, buat mempermudah koordinasi dan penanganan warga yang terdampak.