Corona Updates 27 Desember 2021

115

Now, let’s talk about… the COVID-19 updates. 

Yep, and as always, we start from…


Home.
  • Per kemarin, 26 Desember 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.261.667 kasus, dengan kasus aktif 4.713, angka sembuh 4.112.901 dan kasus meninggal 144.053.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (864.865 kasus), Jawa Barat (708.731 kasus), Jawa Tengah (486.837 kasus), Jawa Timur (399.963 kasus), dan Kalimantan Timur (158.317 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 156.182.585 dan vaksinasi kedua 110.407.287 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.

  • Saat ini, udah ada 31 kasus covid-19 varian omicron yang ditemukan di Indonesia. Data ini didapatkan dari Lembaga independen internasional Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) yang mencantumkan temuan ini dalam situs resmi mereka, gisaid.org. FYI guys, dalam situs itu, Indonesia masuk ke dalam 86 negara yang udah melaporkan varian omicron dan menempati posisi ke-31 dalam jumlah kasus baru omicron kemarin.
  • Meski pemerintah udah membatalkan aturan prokes atau PPKM level 3 serentak pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru), Keuskupan Agung Semarang (KAS) tetap memberlakukan level 3 dalam penerapan prokes ibadah Natal di seluruh Gereja Katolik di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dengan adanya aturan ini, maka pihak Gereja hanya mengizinkan setiap kegiatan ibadah Natal cuma diisi 50 persen jemaat dari daya tampung Gereja. Selain itu, para jemaat yang mau dateng wajib udah vaksin dengan skrining lewat PeduliLindungi.
  • Untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di masa liburan Natal dan tahun baru, pemerintah udah melakukan antisipasi dengan menambah stok obat dan oksigen. Menurut Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, selain penambahan obat dan oksigen, pemerintah juga siap untuk menambah hotel untuk fasilitas isolasi mandiri.
  • Dalam Muktamar PBNU yang digelar di Lampung minggu lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan peran positif dari para kiai dalam bikin warga Indonesia mau divaksin. Pak Jokowi bilang, sejauh ini pemerintah udah memvaksinasi sekitar 263 juta kali suntikan, dan ini tentunya ngga gampang, contohnya vaksin AstraZeneca yang awalnya ditolak masyarakat. Namun, thanks to para kiai yang mau divaksin dan turut berperan dalam meyakinkan warga supaya mau divaksin, seperti para kiai di Jatim, akhirnya satu persatu daerah lain pun mau menerima vaksin tersebut.
  • Minggu lalu, Satgas Penanganan Covid-19 mengklaim bahwa varian omicron di Indonesia belum berdampak pada kenaikan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Indonesia. Menurut Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, keterisian RS di Indonesia udah jauh di bawah ambang batas WHO yang berjumlah 60 persen. Kata Pak Wiku, pada 19 Desember lalu rata-rata keterpakaian tempat tidur RS rujukan Covid-19 secara nasional berada di 2,73 persen baik untuk tempat tidur isolasi maupun intensive care unit (ICU). Selain itu, keterisian per provinsi tidak lebih dari 30 persen. Semoga tren positif ini lanjut terus ya guys, amiiiiin…
 
Meanwhile internationally…
  • Per kemarin 26 Desember 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 279.534.118 kasus dan 5.398.324 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (52.098.906 kasus), India (34.786.802 kasus), Brazil (34.786.802 kasus), Inggris (11.958.928 kasus), dan Rusia (10.213.265 kasus).
  • Army BTS lagi khawatir banget ni gengs, setelah tiga dari tujuh member BTS terkonfirmasi positif Covid. Di situ ada Suga, RM, sama Jin yang terpapar virusnya waktu lagi karantina mandiri sepulang dari Amerika Serikat. Suga jadi member pertama yang dikonfirmasi positif di hari Kamis kemarin yah, terus diikuti sama dua member lainnya sehari kemudian. Mereka bertiga yang udah vaksinasi lengkap itu sekarang lagi menjalani perawatan di rumah dan nggak ada kontak sama member BTS yang lain.
  • Perancis baru aja broke the record dengan kasus harian tertinggi EVER since the pandemic began dengan total 104.611 kasus Sabtu kemarin. Merespons hal itu, pemerintah gercep ambil tindakan dengan bikin health pass yang cuman bisa didapat kalau warganya udah dapat boosterHealth pass ini nantinya bakal digunain buat masuk restoran, kafe, atau tempat-tempat publik lainnya.
  • Nggak cuma di Perancis, di Kanada, omicron juga lagi ganas-ganasnya. Kasus harian di sana udah mencapai angka 11.300 kasus minggu lalu. Dan udah ada 2.360 kasus omicron yang terdeteksi di Kanada. Makanya itu, 10 provinsi di sana udah memberlakukan pembatasan. Karena diberlakukannya pembatasan, pemerintahan mereka bakal kasih bantuan sampai tanggal 12 Februari 2022 nanti buat bisnis-bisnis yang harus mengurangi kapasitasnya sampai 50 persen kayak kafe atau restoran.
  • Per 31 Desember nanti, AS bakalan mencabut travel ban yang sebelumnya diberlakukan buat negara-negara di selatan Afrika kayak South Africa, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambique dan Malawi. Pencabutan travel ban ini juga diberlakukan setelah mereka understand the virus dan mereka yakin vaksin yang mereka punya sekarang tuh udah efektif ngelawan Omicron.
  • Sekitar 4.500 penerbangan di seluruh dunia di hari Natal kemarin batal/ditunda gara-gara tingginya penularan Covid 19, khususnya Omicron. Di AS dan China, banyak pilot, pramugari, dan staf yang harus diisolasi gara-gara positif Covid. Hal ini membuat lebih dari 15% penerbangan harus batal pada Sabtu dan Minggu kemarin.
  • Buat mengantisipasi Omicron yang semakin menggila, dan buat mengantisipasi kegilaan gelombang kedua yang terjadi summer kemarin, India berencana untuk menyalurkan vaksin booster buat nakes dan front line workers lainnya starting on 10 Januari tahun depan. Lansia di sana juga bakalan dikasih booster, asal ada rekomendasi dokter. Nggak hanya itu, remaja ABG 15-18 tahun juga bakalan mulai divaksin awal Januari tahun depan.