Corona Updates 20 Desember 2021

121

What’s here other than the holiday szn?

The COVID-19 updates…

Yep, it’s still here. Let’s get you up to speed on COVID-19 updates, from home and abroad. Let’s go! 

Home.

  • Per kemarin, 19 Desember 2021, total kasus positif COVID-19 di Indonesia menjadi 4.260.380 kasus, dengan kasus aktif 4.918 angka sembuh 4.111.464 dan kasus meninggal 143.998.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (864.454 kasus), Jawa Barat (708.415 kasus), Jawa Tengah (486.682 kasus), Jawa Timur (399.766 kasus), dan Kalimantan Timur (158.280 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 151.246.296 dan vaksinasi kedua 106.636.173 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208.2 juta penduduk.
  • Ladies and gentlemen, omicron has officially joined the +62 group nih. Varian omicron ini pertama kali ditemukan di Indonesia pada Rabu kemarin, terus di Hari Jumatnya, kasus omicron kembali bertambah dua kasus yang ditemukan pada orang yang baru balik dari Inggris dan Amerika Serikat.
  • Seiring dengan penyebaran varian omicron di berbagai negara, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menunda keberangkatan jamaah Indonesia yang mau umroh ke tanah suci sampai di tahun 2022. Adapun keputusan ini diambil setelah Presiden Jokowi mengimbau supaya masyarakat tanah air enggak melakukan perjalanan ke luar negeri dulu, gara-gara si omicron. Padahal sebelumnya, Indonesia rencananya bakal kembali memberangkatkan jamaah Indonesia 23 Desember nanti, seiring dengan keputusan Arab Saudi yang juga udah mencabut suspend penerbangan dari Indonesia per 1 Desember kemarin.
  • Meski udah ditemukan tiga kasus omicron di tanah air, Indonesia belum akan menutup penerbangan internasionalnya ni gengs. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Pak Wiku Adisasmito yang bilang bahwa sejauh ini, penerbangan yang dilarang yha masih dari 11 negara aja, yang mayoritas dari Afrika.
  • Seiring dengan ditemukannya varian omicron di tanah air, epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono meminta supaya pemerintah bisa betul-betul menerapkan aturan perjalanan, baik dari luar negeri maupun di dalam negeri, secara ketat. Menurut Pak Pandu, aturan karantina untuk pelaku perjalanan dari luar negeri harus dilaksanakan secara tegas dan enggak boleh ada perbedaan bagi siapa saja.
  • Masih soal omicron, Sabtu kemarin Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih bilang bahwa beberapa ahli udah menyatakan penularan varian omicron lima kali lebih cepat. Meski begitu, gejala yang ditimbulkan sama varian B.1.1.529 ini lebih ringan.

Internationally….

  • Per 19 Desember 2021, total kasus positif COVID-19 di dunia udah mencapai 274.250.023 kasus dan 5.350.297 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (50.777.087 kasus), India (34.733.194 kasus), Brazil (22.204.941 kasus), Inggris (11.343.594 kasus), dan Russia (10.009.866 kasus).
  • Inggris sekarang jadi ‘zona varian’ yang berarti risiko penularan COVID-19 di negara itu lagi ada di puncaknya banget. Bahkan, Walikota London Sadiq Khan menyebut bahwa penularan varian omicron di sana sebagai sebuah insiden besar, dan artinya dibutuhkan aturan spesial yang bakal diterapkan demi membendung penularannya. FYI guys, lonjakan kasus di sana udah mencapai 26.418 kasus selama 24 jam terakhir.
  • Meski nggak separah Inggris, omicron juga dengan cepat menyebar di Italia. Sabtu kemarin, tercatat udah ada 84 kasus omicron terkonfirmasi di sana, meningkat dari hari sebelumnya 55 kasus. Meskipun begitu, varian delta masih jadi varian yang dominan di Italia.
  • Varian omicron yang cepat menyebar, plus varian delta di winter holiday bikin kasus COVID-19 di New York makin meningkat tajam dan nggak menunjukkan adanya penurunan. Sabtu kemarin, udah ada 21.908 kasus baru yang terkonfirmasi, dan hal ini bikin orang-orang pada cancel jadwal liburan mereka dan buru-buru tes COVID.
  • Langkah yang lebih ekstrim diambil Belanda yang baru aja memberlakukan lockdown at least sampai pertengahan Januari nanti demi mengantisipasi penyebaran omicron ini. Jadinya, lockdown yang diberlakukan H-7 Christmas ini ngebuat orang-orang juga panic buying buat beli-beli segala keperluan 25 Desember nanti.
  • PM Perancis Jean Castex bilang penyebaran omicron di Eropa tuh udah secepat cahaya. Maka daripada itu, Perancis juga lagi usaha mengendalikan virusnya yang diprediksi bakalan membludak Januari nanti, setelah musim liburan. Mereka udah melarang konser-konser dan pesta kembang api di tahun baru. Perancis juga udah menghimbau orang-orang buat nggak gathering dan membatasi anggota keluarga yang berkumpul saat perayaan Natal nanti.
  • Pemerintahan Australia mengimbau masyarakatnya untuk nggak panik dan jangan overreact atas varian omicron ini, meskipun di beberapa state lagi menunjukkan peningkatan kasus. Treasurer Australia Josh Frydenberg bilangnya daripada fokus sama jumlah kasus, mending fokus sama tingkatan orang-orang yang dirawat di rumah sakit, yang mana itu masih rendah banget.