Bongkahan Es Terbesar Mencair Akibat Pemanasan Global

133

When your heart is broken…..

Ice shelves in Antarctica, too.
Iya, not so good news for all of us tomorrow’s generation, jadi seiring dengan pemanasan global yang makin mengkhawatirkan, ditemukan bahwa bongkahan es terbesar yang ada di Antartika, namanya Thwaites, diperkirakan bakal abis biss bissss sekitar tiga sampai lima tahun lagi. Padahal, gletser yang seukuran state of Florida atau Inggris itu penting banget, karena volume es-nya yang besar bisa menahan kenaikan air laut. Jadi kita nggak tenggelam gitu, guys.
 
FYI, karena daruratnya kondisi ini, para peneliti yang baru aja meeting di American Geophysical Union hari Senin kemarin sepakat bahwa fenomena ini adalah doomsday glacier, di mana kalo mencair semuanya, maka akan terjadi kenaikan permukaan air laut hingga 60 cm.
 
Now, a little geography lesson for you here. Jadi gletser itu terdiri dari dua komposisi, yaitu yang nyambung ke daratan, dan yang mengapung di laut dan nyambung ke gunung es yang ada di bawah laut. Nah saat ini, gletser Thwaites  itu lagi “diserang” dari seluruh penjuru, di mana daratan makin hangat, dan suhu air laut juga menghangat. Akibatnya, bongkahan es mereka lebih cepat meleleh dan ujung-ujungnya bakal terpecah-pecah jadi lebih kecil. Kalo lebih kecil gini, tentu melelehnya bakal lebih mudah dan cepat sehingga bikin kenaikan air laut makin susah dihindari. Terus, apa aja sih efek dari kenaikan air laut? Yhaa macem-macem guys, kayak banjir bandang, daerah dataran rendah/pantai yang tenggelam, cuaca yang makin nggak menentu, hingga punahnya berbagai flora dan fauna yang habitatnya rusak karena kenaikan permukaan air laut ini.
 
🙁