Black Friday Menjelang Akhir Tahun

105

When you’re so excited to hear the word “Black Friday”…

Same.
Yep, kalo kamu penggila belanja, pasti kamu akrab dan semangat banget ni, tiap denger istilah Black Friday yang biasanya mulai rame menjelang akhir tahun. Momen ini menandai pembukaan periode sale tahunan yang identik dengan diskon besar-besaran. Terus, banyak yang memanfaatkan momentum ini untuk menyalurkan hasrat belanjanya atau menikmati diskon akhir tahun lebih awal. Brand-brand gede dari Amerika dan Eropa juga ikutan ngasih diskon gede-gedean loh gengs. Kamu bisa liat price tag-nya di website terkait dan potongannya yang gede banget.

Black Friday tu kayak Harbolnas di sini ya?
Yoi gengs. Kalo Hari Belanja Online Nasional atau yang biasa disingkat Harbolnas pasti pas double date tanggal 12 Desember setiap tahunnya, nah Black Friday ini jatuhnya setiap hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving. Otomatis tanggalnya beda-beda ni gengs tiap tahun, dan ini doang kok bedanya sama Harbolnas di Indonesia. Tahun ini, Black Friday jatoh di tanggal 26 November 2021, persis sehari setelah Thanksgiving di tanggal 25-nya.

I see, any story behind Black Friday?
Ada dong. Awalnya, istilah Black Friday digunakan di Philadelphia, Amerika Serikat di tahun 1950an. Istilah tersebut menggambarkan masyarakat pinggiran kota Philly yang pada suka rame-rame mengunjungi pusat perbelanjaan di kota setelah merayakan Thanksgiving sama keluarga. Karena para retail stores udah tau kondisi ini, makanya mereka kemudian memberikan diskon gede biar belanjanya makin semangat. Nah kebiasaan ini kemudian berlanjut terus hingga jadi tradisi sampe sekarang gengs. Jadi tiap Black Friday, warga bakal menyerbu banyak banget toko-toko baik online maupun offline, untuk bisa dapet promo maupun diskon gede.

What about now?
Kalo sekarang, apalagi di Indonesia, Black Friday udah gak merujuk ke satu hari momen diskon besar ni gengs. Hal ini karena tiap brand bisa punya periode diskon yang beda-beda. Ada yang cuma tiga hari, ada yang seminggu, ada yang sampe sebulan dan jadinya borongan sama sale akhir tahun. Bahkan sekarang promo yang dikasih sama brand bisa lebih cepet dari Thanksgiving loh gengs, jadi pas Thanksgiving udah pake barang-barang baru dari belanja promo Black Friday.

Whoaaaa…
Nah kan, kalo kamu emang udah ada budget buat belanja di promo besar-besaran akhir tahun, sekarang lah waktu yang tepat. Iyaa, soalnya lagi banyak banget promo dan diskon nih, baik di momentum Black Friday, maupun harbolnas. However, kalo kamu emang belum sempet nge-budget-in atau duit gajianmu keburu ludes, ya nggak apa-apa juga guys, kan ada CERIA. Mau langsung dipake belanja di e-commerce, promonya banyak, mau tarik tunai buat belanja di mana juga bisa banget, syaratnya nggak ribet, cicilannya ringan lagi! Cusss yuk apply!

*Ini adalah konten bersponsor.