Presiden Prancis Mengubah Warna Biru di Benderanya

123

What’s looking less bright?

My bank account?
Nope, we’re talking about the French flag. Iya ni guys, menarik banget karena baru aja kemarin, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengubah warna biru di benderanya dari awalnya biru terang, jadi biru gelap. Menurut info dari media Europe 1, disebutkan bahwa Macron ingin mengembalikan warna biru yang dipake oleh para pejuang di Revolusi Prancis pada abad 17-an lalu. Jadi sebenernya guys, emang bendera Prancis dengan warna biru navy maupun biru terang ini udah banyak dipake di berbagai gedung resmi pemerintahan di seantaro Prancis, namun pada tahun 1979, Presiden Prancis waktu itu yakni Giscard d’Estaing memperkenalkan bendera Prancis dengan warna biru terang. Alasannya sih gara-gara estetik aja guys, biar warna birunya matching sama warna biru di bendera Uni Eropa. Jadi cakep gitu, kalo benderanya diletakkan berdampingan.
 
Sejauh ini Istana Kepresidenan Champs Élysée belum ngasih keterangan resmi soal perubahan warna bendera tadi, cuma masyarakat diminta supaya nggak mengartikan kebijakan ini sebagai kebijakan yang anti Uni Eropa. FYI, tahun depan Prancis nih, yang bakal jadi presiden EU.
 
Asal jangan maskot timnas aja yang diganti, Monsieur Macron…