PPKM Jakarta Ada di Level Satu

31

When you want to start your day with good news…

PPKM Jakarta ada di level satu.
Yeay! Iya nih guys, buat kamu-kamu yang tinggal di ibu kota, kamu tentunya udah mulai nyadar kalo jalanan Jakarta kini udah kembali macet. Terus, tempat-tempat publik kayak mall, kafe, restoran dll juga udah mulai padat sama pengunjung. Nah, siap-siap deh, karena most likely suasana Jakarta bakal lebih macet dan rame lagi, karena kemarin PPKM Level 1 baru aja berlaku, dan bakal berlangsung sampe tanggal 15 November 2021 mendatang.

 

Right. Anything new?
Of course ada beberapa aturan yang mulai dilonggarkan gengs. Pertama, mall dan pasar dibuka dengan kapasitas 100%. Terus, supermarket dan kios lainnya juga udah boleh diisi 100%. Selanjutnya, mall diijinin buka sampe jam 22.00, tapi kalo dine-in kapasitasnya cuma 75% aja. Bioskop juga udah mulai beroperasi dengan kapasitas maksimal 70%. Kayak sebelumnya, anak-anak 12 tahun kalo mau datang ke tempat-tempat tadi harus didampingi orang tua dan screening tetep harus dilakukan dengan PeduliLindungi.

 

Go on.
Terus tempat ibadah, fasilitas umum, dan tempat wisata juga udah boleh buka sampe kapasitas 75%, dan nak-anak di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua ketika mengunjungi tempat-tempat tersebut. Adapun jalanan menuju kawasan wisata bakal diberlakukan ganjil genap mulai hari Jumat pukul 12.00 sampe Minggu 18.00.

 
How about the transportation?
We’re just about to get there. Kapasitas moda transportasi umum sekarang udah boleh sampe 100%. Untuk perjalanan jarak jauh masih perlu menunjukkan hasil tes covid-19. Buat yang naik pesawat, untuk wilayah Jawa-Bali cukup menunjukkan hasil tes antigen 1 x 24 jam. Terus kalo di luar itu, untuk yang baru divaksin sekali perlu melakukan PCR yang hasilnya berlaku 3 x 24 jam. Tapi kalo yang udah vaksin dua kali, bisa cukup pake antigen aja. Buat yang menggunakan kendaraan pribadi tapi bepergian jauh, wajib pake tes antigen.

 

Got it. Ada lagi?
Terus, wilayah PPKM level 1 juga udah bisa menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas 50%. Kecuali buat SLB yang boleh menggelar PTM sampe 62-100%, dan PAUD 33%. Selain itu, WFO untuk sektor non-esensial dan non-kritikal udah boleh sampe kapasitas 75%, sedangkan untuk sektor esensial dan kritikal, udah boleh WFO 100%. Kabar gembira juga buat kamu yang lagi persiapan nikah, sekarang kapasitas resepsi udah boleh 75% dari wedding venue. Finally, konser juga udah bisa digelar dengan kapasitas 75%.

 

Whoaaaa. Anything else?
FYI gengs, gak cuma DKI Jakarta aja ni yang sekarang PPKM Level 1 di Jawa Bali. Di Provinsi Banten, ada dua daerah berstatus level 1, yaitu Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Sementara di Jawa Barat, empat daerah dikategorikan ke level 1, yakni Kota Bogor, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, dan Kabupaten Bekasi. Di Jawa Tengah, ada empat daerah yang berstatus level 1, yaitu Kota Tegal, Kota Semarang, Kota Magelang, dan Kabupaten Demak. Sedangkan di Jawa Timur, ada lima daerah berstatus level 1, yakni Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Blitar, dan Kota Pasuruan.