Parlemen Swedia Resmikan Perdana Menteri Perempuan Pertamanya

18

Who just created history?

Sweden with its first female prime minister.
 
Yep, kemaren banget ni Parlemen Swedia meresmikan Perdana Menteri perempuan pertama di negara tersebut, Magdalena Andersson. Andersson sebelumnya menjabat sebagai Menteri Keuangan yang akhirnya kemaren dilantik sama parlemen sebagai PM. Posisi ini diraihnya untuk menggantikan perdana menteri sebelumnya Stefan Lofven yang pensiun di tahun ini.
 
FYI guys, jadi dari 349 anggota parlemen, Andersson mendapat dukungan dari 117 anggota, sedangkan 174 lainnya menolak pencalonannya. Meski begitu, konstitusi Swedia mengatur bahwa Perdana Menteri bisa diresmikan kalo gak ditolak sama 175 anggota parlemen, which was close for Andersson. Setelah diresmikan, Andersson kemudian menyampaikan pidatonya yang menyebut bahwa dia berharap pencapaiannya ini bisa memotivasi anak-anak perempuan di Swedia buat gak takut berambisi.
 
Terpilihnya Andersson sebagai Perdana Menteri perempuan pertama di Swedia ini dianggap sebagai suatu yang odd, karena selama ini Swedia dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat emansipasi perempuan tertinggi, tapi kok baru sekarang punya PM cewek? Ehehehee.