Jumlah Polwan di Kepolisian RI Tidak Setara

111

What’s looking not so equal?

Jumlah Polwan di Kepolisian RI.
Iya ni guys, soalnya jumlahnya dikit banget. Hal ini kemudian disoroti sama Menteri Keuangan Sri Mulyani minggu lalu. Dalam acara The 58th Annual International Association of Women Police (IAWP) Training Conference minggu lalu. Dalam event tersebut, Bu Ani bilang bahwa Polri merupakan satuan kepolisian terbesar kedua di dunia setelah China dengan jumlah personil hingga 450 ribu orang. Tapi dari angka itu, cuma 5% di antaranya adalah polisi wanita atau polwan.
 
Ouch 🙁
Yep, Bu Ani juga bilang bahkan di negara-negara lain aja minimal personel perempuannya memiliki komposisi 10% dari seluruh anggota kepolisian. Gak cuma itu, Bu Ani juga menyoroti bahwa udah mah jumlahnya dikit, terus ga banyak juga Polwan yang menempati posisi strategis di Polri. Jadi dari 5% tersebut, enggak sampe 10%-nya menempati jabatan strategis di Polri. Makanya ni, Bu Ani bilang kalo ke depannya perlu ditingkatkan lagi kesetaraan gender di dalam institusi kepolisian ini.

 
Kenapa jadi penting tu?

Soalnya, kepolisian kan juga mengurus soal permasalahan kekerasan terhadap perempuan. Dengan kehadiran perempuan yang lebih seimbang, tentunya perempuan yang jadi korban kekerasan bisa lebih merasa terlindungi karena adanya pandangan yang lebih berimbang. FYI guys, Bu Ani juga menjelaskan bahwa hampir satu dari tiga perempuan di dunia, yaitu sekitar 736 juta perempuan, diperkirakan pernah menjadi korban kekerasan setidaknya sekali dalam hidup mereka. Dari jumlah tersebut, kurang dari 40%-nya saja yang mau mencari pertolongan atas kekerasan yang dihadapinya. Karenanya, emang penting banget peran polwan tuh.

 
Itu aja?
Enggak juga. Masih kata Bu Ani, Kehadiran polisi wanita juga bisa menjadi inspirasi enggak hanya bagi kesetaraan gender di lingkungan institusi kepolisian, namun juga bagi masyarakat kita dalam upaya menciptakan ekosistem yang aman dan menjamin perlindungan bagi perempuan.
 
Amen. Anyone saying anything tho? 

Yep, ada Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo yang bilang bahwa Polri bakal mencoba membenahi sistem rekrutmennya. Dengan pembenahan ini, diharapkan bisa tercipta lingkungan kepolisian yang lebih setara secara gender.

 
Hmm got it. Anything else?

Selain itu, Pak Dedi juga bilang ni bahwa Polwan pun memiliki kesempatan untuk berkarier sama besarnya dengan polisi laki-laki di Polri. Tapi, Pak Dedi belum bisa menjabarkan lebih lanjut mengenai alasan jumlah polwan yang masih sedikit dibandingkan personel laki-laki. Pak Dedi menuturkan kalo selama ini sistem pembinaan karir buat polwan di Polri udah berjalan dan sejumlah posisi penting di organisasi pun udah dijabat oleh perempuan.