ISS Rayakan “Panen” Cabe Pertama di Luar Angkasa

384

Now, do you know what’s cooler than a taco party?

Taco party in space.
Yep, you read it right. Awal minggu lalu, para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional aka The International Space Station (ISS) baru aja menggelar makan-makan taco untuk merayakan “panen” cabe gendut pertama mereka di luar angkasa. Yep, jadi Juli lalu, para kru ISS melakukan uji coba penanaman tumbuhan di luar angkasa, dan tanaman yang dipilih adalah cabe gendut, aka pepper. Tumbuhan ini kemudian dinamai Plant-Habitat-04 dan bisa dibilang merupakan upaya uji coba yang paling rumit, karena cabe gendut butuh waktu yang lebih lama untuk tumbuh sampe siap dipanen.
 
Hal ini berbeda sama tumbuhan-tumbuhan yang udah pernah diujicoba sebelumnya, kayak selada, lobak, sampe bunga-bungaan. Tapi yhaa setelah melewati waktu pertumbuhan selama empat bulan, cabe-cabe gendut ini akhirnya udah bisa dipanen oleh seorang astronot NASA bernama Mark Vande Hei. Selanjutnya cabe-cabe tersebut dibersihin dulu sebelum kemudian disurvei untuk menguji rasa dan teksturnya. Abis disurvei baru deh, seorang astronot NASA lainnya, namanya Megan McArthur meracik resep taco luar angkasanya: fajita beef
Advertisement
, tomat kering, artichoke dan cabe gendut! Nah guys, ga semua dari cabe-cabe ini juga dibikin taco loh. Ada juga yang dikirim ke bumi untuk diteliti lebih lanjut. Hasil uji coba ini juga tentunya jadi penemuan penting, secara astronot emang bisa menghabiskan waktu lama di luar angkasa, dan selama ini mereka sangat tergantung sama makanan yang dikirim dari bumi.
Advertisement