Friday Pause: Apple bottom jeans 🍎

533


Good morning

Welcome, welcome, it’s finally Friday! Yep, take a little breather today because we’re just thiiiis close to the weekend! As always, Friday is only for memes, recs, and all fun things. But if you insist, we got some podcast on news here. Enjoy and happy weekend!


For the love of Meme: Aren’t we all?


When your self-doubt hits…

Here’s how to handle it.
 
Hayooo ngacung siapa di sini yang sering merasa enggak pede dan suka meragukan kemampuan diri sendiri? Same. Karena emang tentunya hampir semua orang pernah mengalami yang namanya self-doubt, di mana kamu selalu bertanya-tanya, “Am I doing enough?”, “Will I make it?”, “Is it because of me?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang bikin kamu meragukan kemampuan dan kapasitas diri kamu sendiri.
 
There are a few reasons kenapa kamu bisa sampai pada mental state seperti ini, bisa aja dari masa lalu kamu yang ngerasa kurang divalidasi sejak kecil (thx, overly-expecting Asian parents XD) atau standar sosial yang nggak sesuai sama kamu, hingga afirmasi soal diri kamu sendiri. Apa pun alasannya, of course self-doubt ini perlu dihadapi dan di-treat karena akibatnya yang nggak bagus buat mental kamu. Contohnya, self-doubt bisa bikin kamu jadi enggak termotivasi, cemas, bahkan depresi. Terus kalau dirasakan dalam waktu yang panjang, akibatnya juga bakal lebih banyak dan makin sulit diselesaikan. Ujung-ujungnya kamu jadi makin ga pedean, ga berani melakukan hal-hal baru, dan eventually, you cannot live to your full potential. Sayang banget kan?
 
Karenanya, di edisi kali ini we want to talk about how you can overcome your self-doubt sebelum berakibat lebih buruk buat perkembangan mentalmu. Leggo! 
  • Identify your value. Mungkin bakalan susah buat ngelakuin ini terlebih pas kamu lagi ngerasain self-doubt. Tapi percaya deh gengs, kalo kamu pelan-pelan melihat ke belakang dan ngeliat lagi berbagai pencapaian kamu selama ini (even surviving today, despite all the hardships), juga merupakan pencapaian loh! Liat lagi ke belakang dan ingetin diri kamu sendiri kalo you’ve gone this far because of your capabilities, dan self-doubt ini is just a hiccup. Inget kalo kamu punya kemampuan, kebaikan, dedikasi, atau nilai apapun yang paling menonjol dari kamu.
  • Don’t compare yourself. Tiap hari kita terbiasa ngecek orang sekitar kita lewat media sosial kayak Instagram, TikTok, atau bahkan LinkedIn dan ngeliat banyaknya pencapaian yang mereka post di akunnya. Kalo bisa sih, hentikan kebiasaan ini gengs karena comparison adalah sumber ketidakbahagiaan. Karena jadinya kamu nggak cukup terus. Untuk menghadapinya, cukup ingetin diri kamu sendiri kalo perjalanan tiap orang itu unik, gak bisa disamain satu sama lain. You have your own battle, and so do they. Waktu yang kamu pake buat ngebandingin diri kamu sendiri sama orang lain bisa kamu pake buat fokus ke diri kamu sendiri, siapa tau jadi lebih produktif kan guys.
  • Find a job that you love. Hari gini kebanyakan self-doubt kita bermula dari kerjaan. Satu tugas yang gak bisa diselesaiin lah, lewat deadline lah, dan lain-lain. Kadang ini jadi faktor utama kita bertanya-tanya, “Am I the right person for the job?” karena kita ngerasa kurang aja sama efforts yang udah kita keluarin. Kamu bisa mengakalinya dengan nyari pekerjaan yang emang kamu sukai, dengan begitu kamu bisa lebih fokus dan sejalan sama pengembangan diri kamu sendiri dan mengurangi self-doubt. Kamu juga harus inget guys, bahwa you’re not defined by your job, because you’re more than that. 
  • Have a good support system. Salah satu alasan kita punya temen adalah untuk jadi support system kita, terutama kalo kita lagi down dan ngerasain self-doubt. Penting banget buat orang-orang yang ngeraguin dirinya sendiri buat ngerasa kalo they are not alone, ada orang-orang yang care banget sama mereka dan ngerasa kalo mereka tuh lebih dari sekadar cukup. Makanya, penting juga untuk membentuk support system yang sehat di sekitar kita yang kamu tau bakal selalu nemenin kamu ketika kamu lagi di low point.
     
  • Take a break. Kalo hal-hal di atas dianggap masing kurang cukup untuk mengatasi self-doubt kamu, mungkin ini saatnya kamu mempertimbangkan buat take a break. Bisa cuti dari kerjaan, logout sosmed dulu, atau me-time aja sambil staycation over the weekend. Kamu bisa nge-reset pikiran kamu sehingga nyingkirin sejenak self-doubt kamu. Abis take a break, biasanya pikiran kamu bisa lebih jernih dan kamu bisa lebih jelas ngeliat kalo you are enough and this is just a brief of bad moment that won’t last long.
  • Practice self-love. Nah, penting bin wajib ni gengs. Kamu bisa ngasih perhatian lebih ke diri kamu sendiri dan pelan-pelan ngebangun lagi kepercayaan diri kamu. Karena if you don’t love yourself, who else will? Self-love bisa dilakukan dengan banyak hal, kayak meningkatkan terus kualitas diri (olahraga, makan sehat, tidur cukup, baca buku, dll) sampe afirmasi positif ke diri sendiri. Dari sini, kamu bisa semakin memahami kalo kamu udah lebih dari cukup, and you just have to keep going buat mencapai tujuan kamu yang selama ini udah kamu usahain.


Weekend is for… unwinding and our weekly tips!

Instead of playing the same few songs over and over, let’s scroll down and discover new songs to obsess over. Enjoy!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube,
Advertisement
 apa pun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our podcast! Today we’re talking about UMP 2022 naik 1%, perempuan di India diperkosa 400 orang, dan Nirina Zubir yang ketipu mafia tanah. Click clack! (Us!)
  • Lagi ngulang nonton This is Us nih, nangis mulu nontonnya :”) Kalian juga harus nonton sih, ini tentang drama keluarga tapi bener-bener hit too close to home! Bisa nonton di Amazon Prime loh. (Trx)
  • Mau ngerekomendasiin semua albumnya Jacob Collier, terutama yang Djesse Vol. 3! Jacob emang prodigy banget sih, jago banget dia kalo main musik dan pake instrumen yang kadang kita gak tau sama sekali. (Anonymous)
  • Buat kalian para second gen kpoppers, pasti tau 2AM dong? After 7 years, mereka finally back with 2 new songs! Dengerin suara mereka lagi tuh sampe merinding and nostalgic banget 🙁 Go check them out if you haven’t! (Anonymous)
  • Buat kamu yang pengen bisa rutin olahraga lari tapi kurang motivasi atau cepet bosen, cobain deh guided runs di app Nike Run Club (NRC). Kayak guided meditation aja, banyak pilihan topik dan juga variasi lari, di mana kamu akan di-guide sama coaches dan atlet-atlet keren yang tentunya bakal bikin kamu lebih semangat dan enjoy lari-lari 🙂 (@heyitsnuel)
  • Mau rekomen lagu Every Summertime by NIKI buat healingvibe-nya pas buat ngerjain tugas. Enjoy!! (@chalysthaizra)
  • If you want to gain more perspectives and a glimpse into the lives of people who are struggling with mental illness, or simply need a good read, I highly recommend “I’m Telling the Truth, but I’m Lying.” It is a heart-wrenching and bluntly-told story of the author’s experiences, Bassey Ikpi, navigating the world of her newfound Bipolar II diagnosis, as well as the anxiety she’s faced throughout her life. Beautiful yet painful. Funny yet tragic(@aqiva)

Quote of the day
 
“Nothing can harm you as much as your own thoughts unguarded.”

– Buddha –

Thank you note


Thanks to Coldnoodless for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here.  Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Aku anak rantau dan ngga ada saudara sama sekali di sini. Bersyukur banget dari awal jadi maba sampe sekarang udah semester 5 dipertemukan sama orang-orang baik. Sama bapak-ibu kos yang royal banget, temen-temen yang super duper care. Mas-mba-bapak-ibu penjual yang selalu senyum, stranger super baik yang ketemu di bis tiap mau mudik. Di tengah dunia yang keliatannya udah kacau banget, aku bersyukur masih bisa merasakan hal-hal baik di sekitarku

-C.K-
 
2. Aku mau cerita soal pengalamanku beberapa hari ini yang lagi ngedown gara-gara baru putus sama mantan pacarku. Kita udah pacaran selama tiga tahun dan karena satu dan lain hal, hubungan kita harus kandas. Aku sediiih banget sampe gak mau keluar kamar selama berhari-hari. Namun untungnya, temen-temenku pada gantian check up on me :’) ada yang sampe pesenin aku makanan segala walaupun of course aku ga nafsu makan banget. Sekarang sih aku masih galau dan sedih banget,  tapi dengan teman-teman kayak mereka, aku yakin banget aku bakal baik-baik aja.
-TM-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)
Advertisement