Formula E Akan Digelar di Jakarta Juni 2022

89

Let’s get you up to speed on: Formula E.

Update me.
Yuhuuuu over the weekend kemaren pasti kamu seeering banget denger soal Formula E atau Jakarta e-Prix. Yep, ajang balapan mobil listrik dunia yang rencananya bakal digelar di Jakarta ini makin keliatan hilalnya ni gengs…
 
Hilal gimana maksudnya?
Well, jadi weekend kemarin tuh udah mulai jelas dan diumumin nih, siapa aja panitianya, bakal di mana kandidat lokasi-lokasinya, sampe mekanisme pengawasannya gimana, supaya dana Formula E ini enggak dikorupsi. Nah rencananya, bulan Juni tahun 2022 nanti Jakarta bakal jadi tuan rumah dari acara yang harusnya digelar tahun 2020 kemaren (yang terhalang apalagi kalo bukan covid).
 
I see. Anything new?
Yep. Yang pertama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan minggu lalu menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga politisi asal Tanjung Priok, Jakarta Utara Ahmad Sahroni sebagai Ketua Pelaksana Formula E atau Jakarta E-Prix. Nah, nantinya Pak Sahroni bakal dibantu Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang menjadi Ketua Panitia Pengarah dalam event tersebut.
 
Got it…
Nah terus, untuk lokasinya sendiri masih belum tau ni guys, tapi yang pasti sih ada lima kandidat: Pantai Indah Kapuk (PIK), Sudirman atau GBK, Jakarta International Stadium (JIS), JieXpo Kemayoran dan Ancol. Menurut Pak Bamsoet, pembangunan trek Formula E ini sendiri enggak boleh merusak infrastruktur yang udah ada maupun merusak lingkungan. Yha kayak nebang-nebang pohon gitu enggak boleh gengs.
 
OK terus…
Nah salah satu isu yang juga kerap muncul soal gelaran Formula E ini adalah kemungkinan potensi korupsi, secara ada dana dari APBD yang digunakan dalam gelaran ini. Nah menurut Pak Sahroni, supaya transparan, pihaknya bakal menggandeng KPK untuk mengawasi gelaran tersebut. Terus juga nanti kalo panitianya udah terbentuk, Bang Roni juga bakal ngajakin mereka untuk berkunjung ke KPK buat audiensi.
 
I see…
Tapi, ada beberapa pihak yang masih mempertanyakan urgensinya event ini digelar tahun depan di Jakarta, apalagi pandemi masih berlangsung. Di antaranya ada Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang mempertanyakan urgensi event ini, apalagi mengingat biaya penyelenggaraannya yang terbilang mahal. Kata Pak Muzani, apakah Formula E bakal menyejahterakan rakyat Jakarta? Terus yhaa jangan sampe ajang ini cuma jadi buat pencitraan doang gitu.
 
Emang biayanya mahal banget? 
Pemprov DKI sendiri sih udah menganggarkan sekitar Rp369 miliar ni buat commitment fee. Ini ni yang jadi pro dan kontra, karena banyak yang bilang biaya yang harus dibayarkan Jakarta ini lebih mahal daripada kota lain yang jadi tuan rumah Formula E juga. Terus yha teteup ke urgensi sih, kayak lagi pandemi gini mo apa brooow…
 
Hmmm. Anyone saying anything?
Co-founder Formula E Alberto Longo bilang kalo gak cuma Jakarta aja kok yang ngasih commitment fee di awal. Kota-kota lain yang pernah jadi penyelenggara Formula E juga pasti bakal ngasih fee demi investasi untuk warga setempat. Longo menyangkal asumsi yang bilang kalo Jakarta bayar lebih mahal daripada kota-kota lain. Pokoknya enggak lebih mahal kok gengs.
 
OK…
Terus terkait commitment fee ini juga, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata bilang kalo KPK bakal menyelidiki soal ini. Pak Alex bilang kalo fee lebih tinggi ini bisa jadi karena reputasi Jakarta yang belum terlalu tinggi seperti kota-kota venue lainnya. Terus KPK juga berencana untuk memanggil Jakpro ni sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam acara ini.
 
Kalo pemprov DKI ada komentar?
Ya ada. Kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achmad Firdaus, proses pembayaran uang commitment fee ini udah sesuai prosedur karena udah dibahas juga bareng DPRD. Selain itu, anggarannya juga udah di-acc dan tentunya keputusan ini juga udah mempertimbangkan berbagai hal.
 
Hmm… Anything else?
Well, kalo kamu masih kepo soal venue dari sirkuit balap event ini sendiri, Pak Bamsoet sih ngasih bocoran kalo kemungkinan bakal digelar di Ancol ni karena wilayah ini dianggep pas. Sedangkan menurut Pak Sahroni, yhaa ditunggu aja nanti Insya Allah sebelum Natal bakal diumumin ni pastinya venue-nya di mana.