Corona Updates 8 November 2021

101

As always, we start with your Covid-19 updates.

Yep, from home and abroad, we’ve already summarized all the bite-sized info just for you. Let’s go!
 
Home.
  • Per kemarin, 7 November 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.248.165 kasus, dengan kasus aktif 10.825 angka sembuh 4.093.795 dan kasus meninggal 143.545.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (862.064 kasus), Jawa Barat (706.376 kasus), Jawa Tengah (485.429 kasus), Jawa Timur (398.543 kasus), dan Kalimantan Timur (158.022 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 125.105.963 dan vaksinasi kedua 78.994.163 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Minggu lalu, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) baru aja melaporkan dua menteri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan keterlibatan keduanya dalam bisnis tes polymerase chain reaction (PCR). Adapun dua menteri yang dimaksud adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir. Menurut Wakil Ketua Umum Prima Alif Kamal, keduanya dilaporkan berdasarkan hasil investigasi pemberitaan media yang menyebut dugaan adanya keterlibatan pejabat negara dalam bisnis tes PCR.
  • Guys, udah denger soal rencana reuni aksi 212 yang bakal digelar pada 2 Desember nanti? Nah terkait rencana ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Pak Riza Patria minta pihak panitia buat menimbang-nimbang lagi nih soal rencananya itu. Hal ini karena menurut Pak Riza, walaupun udah di level I, namun bukan nggak mungkin bahwa kasus covid bisa meningkat lagi, terutama kalo ada kerumunan.
  • Meski belakangan ini udah banyak sekolah yang melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), namun ada beberapa siswa SD di Kota Tangerang yang masih belajar secara daring. Hal ini karena kalo menurut perwakilan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Helmiati sih, karena orang tuanya belum divaksin. FYI, untuk bisa anaknya ikutan PTM, pemerintah juga mengatur bahwa ortu si anak harus udah divaksin covid19 dulu.
  • Dalam kunjungannya ke Labuan Bajo, NTT Sabtu kemarin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bilang bahwa masih ada warga yang enggak mau divaksinasi Covid-19 karena terpengaruh hoaks. Kata Pak Sigit, salah satu hoaks yang banyak muncul adalah vaksin disebut bertentangan sama kaidah agama. Untuk menangkal hal ini, Pak Kapolri juga bilang bahwa pihaknya terus melakukan edukasi dan pemahaman supaya para anti-vaxxer ini mau divaksin.
  • Seiring dengan makin membaiknya kondisi covid-19 di tanah air, Mantan Wapres RI Jusuf Kalla menyampaikan harapannya supaya pelaksanaan ibadah haji bisa kembali normal di tahun depan. Menurutnya, pelaksanaan ibadah haji nantinya enggak akan segampang dengan pelaksanaan haji-haji sebelumnya, karena situasi pandemi turut berdampak kepada kuota calon jamaah haji Indonesia yang masuk dalam daftar tunggu. Meski begitu, Pak JK teteup bilang bahwa animo masyarakat untuk bisa naik haji tinggi, di mana hingga saat ini udah ada 200ribu orang yang masuk daftar tunggu jemaah haji asal tanah air.

Meanwhile, globally…

  • Per 7 November 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 249.623.004 kasus dan 5.046.721 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (46.461.779 kasus), India (34.355.509 kasus), Brazil (21.874.324 kasus), Inggris (9.317.072 kasus), dan Russia (8.651.561 kasus).
  • Weekend kemarin, terjadi kebakaran di rumah sakit covid19 di India yang menewaskan 11 orang pasien. Dalam keterangan dari pejabat setempat, diketahui bahwa ada total 17 orang yang sebenernya lagi dirawat di ruang khusus covid, dan saat ini, pasien yang selamat udah dipindahin ke rumah sakit lain.
  • Baru aja nih, perusahaan farmasi Pfizer mengumumkan bahwa obat pil covid19 yang dikembangkannya bisa mengurangi resiko masuk rumah sakit dan kematian hingga mencapai 89 persen. Dalam hasil uji coba, diketahui bahwa pasien yang mengonsumsi obat ini bersama obat antiviral lain mengalami penurunan resiko masuk rumah sakit dan kematian hingga 89%, dibandingkan pada pasien yang meminum pil dummy.
  • Minggu lalu, organisasi kesehatan dunia WHO baru aja mengeluarkan peringatannya buat Eropa, yang jumlah kasusnya lagi beranjak naik ni guys. Menurut WHO, seiring dengan terjadinya pelonggaran protokol di mana-mana, maka ada kemungkinan, kasus covid19 di wilayah tersebut meningkat hingga 500 ribu kasus by next year. Hal ini makin diperparah juga dengan penyebaran varian delta yang kian cepat menyebar.
  • Masih dari WHO guys, mereka juga baru aja nih meng-approve vaksin covid19 buatan India, Covaxin. Adapun vaksin ini diklaim memiliki efikasi sebesar 78 persen setelah suntikan kedua yang berjarak empat minggu diberikan. Terus, dalam keterangannya WHO juga bilang bahwa vaksin ini cocok banget buat negara-negara miskin dan ber-income rendah, karena penyimpanannya yang enggak ribet.
  • Amerika Serikat udah mulai melakukan vaksinasi covid19 buat anak-anak SD berusia lima sampai 11 tahun, seiring dengan kembalinya anak-anak ke sekolah offline. Dalam keterangannya minggu lalu, pemerintah setempat mengumumkan bahwa mereka punya cukup dosis buat memberi vaksinasi pada 28juta anak-anak, dengan menggunakan vaksin Pfizer BioNTech.