Corona Updates 8 November 2021, DPR Menyetujui Kenaikan Jabatan Andika Perkasa, China Ingatkan Warganya Untuk Siapkan Stok Makanan, 8 Orang Penonton Meninggal di Konser Travis Scott

130

Hi Monday

It’s the new week again and we want to remind everyone to stay safe and warm during this rainy season. Take your vitamins, get enough sleep, and avoid drama at any cost. Trust us, your mental health is as important as your physical health. Have a good day.


As always, we start with your Covid-19 updates.

Yep, from home and abroad, we’ve already summarized all the bite-sized info just for you. Let’s go!
 
Home.
  • Per kemarin, 7 November 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.248.165 kasus, dengan kasus aktif 10.825 angka sembuh 4.093.795 dan kasus meninggal 143.545.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (862.064 kasus), Jawa Barat (706.376 kasus), Jawa Tengah (485.429 kasus), Jawa Timur (398.543 kasus), dan Kalimantan Timur (158.022 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 125.105.963 dan vaksinasi kedua 78.994.163 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Minggu lalu, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) baru aja melaporkan dua menteri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan keterlibatan keduanya dalam bisnis tes polymerase chain reaction (PCR). Adapun dua menteri yang dimaksud adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir. Menurut Wakil Ketua Umum Prima Alif Kamal, keduanya dilaporkan berdasarkan hasil investigasi pemberitaan media yang menyebut dugaan adanya keterlibatan pejabat negara dalam bisnis tes PCR.
  • Guys, udah denger soal rencana reuni aksi 212 yang bakal digelar pada 2 Desember nanti? Nah terkait rencana ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Pak Riza Patria minta pihak panitia buat menimbang-nimbang lagi nih soal rencananya itu. Hal ini karena menurut Pak Riza, walaupun udah di level I, namun bukan nggak mungkin bahwa kasus covid bisa meningkat lagi, terutama kalo ada kerumunan.
  • Meski belakangan ini udah banyak sekolah yang melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), namun ada beberapa siswa SD di Kota Tangerang yang masih belajar secara daring. Hal ini karena kalo menurut perwakilan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Helmiati sih, karena orang tuanya belum divaksin. FYI, untuk bisa anaknya ikutan PTM, pemerintah juga mengatur bahwa ortu si anak harus udah divaksin covid19 dulu.
  • Dalam kunjungannya ke Labuan Bajo, NTT Sabtu kemarin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bilang bahwa masih ada warga yang enggak mau divaksinasi Covid-19 karena terpengaruh hoaks. Kata Pak Sigit, salah satu hoaks yang banyak muncul adalah vaksin disebut bertentangan sama kaidah agama. Untuk menangkal hal ini, Pak Kapolri juga bilang bahwa pihaknya terus melakukan edukasi dan pemahaman supaya para anti-vaxxer ini mau divaksin.
  • Seiring dengan makin membaiknya kondisi covid-19 di tanah air, Mantan Wapres RI Jusuf Kalla menyampaikan harapannya supaya pelaksanaan ibadah haji bisa kembali normal di tahun depan. Menurutnya, pelaksanaan ibadah haji nantinya enggak akan segampang dengan pelaksanaan haji-haji sebelumnya, karena situasi pandemi turut berdampak kepada kuota calon jamaah haji Indonesia yang masuk dalam daftar tunggu. Meski begitu, Pak JK teteup bilang bahwa animo masyarakat untuk bisa naik haji tinggi, di mana hingga saat ini udah ada 200ribu orang yang masuk daftar tunggu jemaah haji asal tanah air.

Meanwhile, globally…

  • Per 7 November 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 249.623.004 kasus dan 5.046.721 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (46.461.779 kasus), India (34.355.509 kasus), Brazil (21.874.324 kasus), Inggris (9.317.072 kasus), dan Russia (8.651.561 kasus).
  • Weekend kemarin, terjadi kebakaran di rumah sakit covid19 di India yang menewaskan 11 orang pasien. Dalam keterangan dari pejabat setempat, diketahui bahwa ada total 17 orang yang sebenernya lagi dirawat di ruang khusus covid, dan saat ini, pasien yang selamat udah dipindahin ke rumah sakit lain.
  • Baru aja nih, perusahaan farmasi Pfizer mengumumkan bahwa obat pil covid19 yang dikembangkannya bisa mengurangi resiko masuk rumah sakit dan kematian hingga mencapai 89 persen. Dalam hasil uji coba, diketahui bahwa pasien yang mengonsumsi obat ini bersama obat antiviral lain mengalami penurunan resiko masuk rumah sakit dan kematian hingga 89%, dibandingkan pada pasien yang meminum pil dummy.
  • Minggu lalu, organisasi kesehatan dunia WHO baru aja mengeluarkan peringatannya buat Eropa, yang jumlah kasusnya lagi beranjak naik ni guys. Menurut WHO, seiring dengan terjadinya pelonggaran protokol di mana-mana, maka ada kemungkinan, kasus covid19 di wilayah tersebut meningkat hingga 500 ribu kasus by next year. Hal ini makin diperparah juga dengan penyebaran varian delta yang kian cepat menyebar.
  • Masih dari WHO guys, mereka juga baru aja nih meng-approve vaksin covid19 buatan India, Covaxin. Adapun vaksin ini diklaim memiliki efikasi sebesar 78 persen setelah suntikan kedua yang berjarak empat minggu diberikan. Terus, dalam keterangannya WHO juga bilang bahwa vaksin ini cocok banget buat negara-negara miskin dan ber-income rendah, karena penyimpanannya yang enggak ribet.
  • Amerika Serikat udah mulai melakukan vaksinasi covid19 buat anak-anak SD berusia lima sampai 11 tahun, seiring dengan kembalinya anak-anak ke sekolah offline. Dalam keterangannya minggu lalu, pemerintah setempat mengumumkan bahwa mereka punya cukup dosis buat memberi vaksinasi pada 28juta anak-anak, dengan menggunakan vaksin Pfizer BioNTech.

Who’s getting a new job?

Andika Perkasa.
Yoi guys, Pak Andika yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) over the weekend ini udah resmi nih, di-acc sama DPR untuk naik jabatan, jadi Panglima TNI.
 
Whoaaa tell me more!
Jadi minggu lalu, nama Pak Andika diusulkan sebagai calon tunggal panglima TNI oleh Pak Presiden Jokowi ke DPR. Sesuai dengan surat dari presiden inilah, maka pada Hari Sabtu kemarin, pas kamu lagi self-care mumpung wiken, Pak Andika menjalani fit and proper test untuk jadi panglima TNI. Tes ini dilakukan di gedung DPR jam 10.30 sampe 13.00 WIB sama para anggota komisi, dan hasilnya doi dinyatakan layak dan patut oleh Komisi I DPR RI sebagai calon Panglima TNI.
 
Now tell me more about the test.
OK. Jadi dalam uji kelayakan yang dipimpin sama Ketua Komisi Bu Meutia Hafid, Pak Andika kemudian ditanya-tanya sama para anggota DPR, kayak bapak mau ngapain? Kenapa mau jadi panglima? Punya program apa pak? Maksud dan tujuannya apa ni? Pokoknya kayak kalo kamu lagi wawancara kerjaan deh gengs. Adapun fit and proper test-nya dilakukan secara terbuka dan tertutup, tergantung sensitivitas isunya.
 
Go on…
Nah, a few key points yang disampaikan Pak Andika pas fit and proper test, doi bilang bahwa TNI perlu dilihat oleh masyarakat sebagai institusi yang “apa adanya”, alias ada kelebihan dan kekurangannya. Jadi bukan institusi yang sempurna gitu aja gengs, meskipun Pak Andika bilang bahwa doi bakal ngusahain TNI jadi lebih baik. Terus, Pak Andika juga menjelaskan soal beberapa program ke depan buat TNI, di antaranya mengembalikan tugas TNI sesuai undang-undang, yakni menegakkan kedaulatan, mempertahankan keutuhan NKRI, dan melindungi segenap tumpah darah bangsa dan negara. Jadi, TNI udah enggak bisa lagi bertindak sewenang-wenang, tapi harus sesuai undang-undang.
 
Hmm I see. Apa lagi programnya?
Terus, Pak Andika juga bilang bahwa kalo jadi panglima TNI, doi bakal fokus pada operasi pengamanan di perbatasan, tapi yha detailnya gimana, doi menyampaikannya secara tertutup. Terus, beliau juga menyebut soal kesiapsiagaan TNI, baik dalam operasi perang maupun di luar perang. Selanjutnya, Pak Andika juga bilang kalo TNI bakal lebih fokus ke cyber (siber).
 

Ok…
Ada juga ni soal kesatuan antarmatra, yaitu Angakatan Udara, Angkatan Darat, maupun Angkatan Laut. Menurutnya, kesatuan antar matra harus selalu ditingkatkan agar saling mengetahui kelebihan maupun kekurangan satu sama lain. Menurut dia, kesatuan antar matra, apalagi dalam operasi bersama tuh wajib bin penting. Gak cuma itu, Pak Andika juga menyoroti soal keberadaan intelijen, terutama di wilayah rawan konflik. Oh iya guys, untuk semua paparannya ini, Pak Andika menjelaskan bahwa visinya berbunyi “TNI adalah kita”, yang menegaskan bahwa TNI juga merupakan bagian dari masyarakat.

 
Udah?
Yha ada banyak sih gengs, tapi intinya selain fit and proper test di DPR itu, kemarin juga para anggota Komisi I DPR berkunjung ke rumah Pak Andika untuk silaturahmi. Dalam kunjungan tersebut, Komisi I melakukan verifikasi faktual sambil ikut ngeliat, kayak apa ni, rumah Pak Andika yang terletak di wilayah Senayan Residence itu. Terus, mereka makan-makan nasi liwet deh….
 
Hmmm.. did anyone say anything?
Masih soal ditunjuknya Pak Andika instead of Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, ada 14 LSM yang menolak keputusan ini. Ke-14 LSM yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan ini meminta Pak Jokowi buat mempertimbangkan ulang keputusannya mengajukan nama Pak Andika, dan salah satu permintaan datang dari Amnesty International. Menurut Direktur Eksekutifnya Usman Hamid, harusnya yang dapet jatah tersebut adalah Pak Yudo.
 
Why did he say that?
Dengan kondisi geografis Indonesia yang merupakan kepulauan, menurut Usman harusnya rotasi kepemimpinan di TNI jadi penting gengs. FYI, panglima TNI sebelumnya Pak Hadi Tjahjanto merupakan matra udara, terus panglima sebelumnya lagi, adalah Pak Moeldoko yang merupakan matra darat. Jadi harusnya sekarang giliran matra laut ni gengs. Dengan Yudo sebagai KSAL, harusnya doi ni yang dapet giliran sekarang. Apalagi dipilihnya Pak Andika sebagai calon tunggal banyak dilihat sebagai gerakan politis karena doi merupakan menantu dari Jenderal (Purn) TNI A.M. Hendropriyono yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).
 

I see. Any comments from the govt?
Yep, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Pak Moeldoko bilang kalo rotasi antarmatra di posisi Panglima TNI itu bukan kewajiban. Sehingga gak menyalahi aturan kalo sekarang matra darat yang kembali menduduki jabatan panglima. Selain itu, Moeldoko juga bilang kalo semua kepala staf angkatan itu udah siap jadi panglima, termasuk Andika. FYI, kalo Andika jadi panglima, doi cuma bakal menjabat selama setahun karena sekarang usianya udah 57 tahun, dan Moeldoko juga menyampaikan kalo berikutnya bisa diisi oleh matra laut.

 

Hmmm. Anything else?
Yep, adapun pencalonan Pak Andika ini udah di-acc guys sama Komisi I DPR. Selanjutnya, dalam rapat paripurna DPR yang bakal digelar hari ini, para wakil rakyat bakal mengesahkan pencalonan Pak Andika, dan udah deh, beliau tinggal dilantik jadi Panglima TNI yang baru sama Pak Jokowi.


Who’s going into panic buying mode?

People in China.
 
Are they going into another lockdown?
Gatau juga. Jadi awal bulan November ini, pemerintah China mengingatkan para warganya buat menyiapkan stok makanan gengs. Katanya sih karena keadaan darurat, tapi gak dijelasin lebih lanjut ke masyarakat ni darurat apa. Yha jadinya of course hal ini malah bikin warga panik dan jadinya beneran memborong barang-barang kebutuhan. Akibat kejadian ini harga barang kebutuhan pokok dan makanan di China jadi melonjak.
 
Waduh, kok bisa?
Nah emang penjelasan yang dianggap kurang lengkap dari pemerintah China ini ni gengs yang bikin para warga jadi berspekulasi aneh-aneh. Katanya, bahkan pas awal-awal covid di negara tersebut dan kemudian lockdown, peringatannya gak sampe segitunya guys. Peringatan yang ga lengkap ini kemudian memunculkan berbagai spekulasi, kayak pemerintah bakal ngerasio bahan makanan buat warganya, krisis makanan yang mengancam musim dingin di China, sampe ke rumor soal perang sama Taiwan.
 
Tell me more about the rumor.
As you know, China sama Taiwan emang sempet panas, hingga menyebabkan terjadinya sindir-sindiran lewat pidato oleh kedua kepala negara pada di awal Oktober kemaren. Jadi, China menganggap bahwa  Taiwan tuh masih merupakan bagian dari mereka, tapi yha ada otonomi khusus aja. Meanwhile, Taiwan sama sekali udah enggak mau diasosiasiin sama China lagi, aka “w mau merdeka!”.
 
Go on…
Karena enggak ketemu inilah, China akhirnya makin agresif melakukan berbagai manuver untuk ngajak Taiwan balikan. Pada China’s National Day tanggal 1 Oktober 2021 kemaren, sampe hampir seminggu kemudian, China menerbangkan sekitar 150 pesawat jet tempur ke arah wilayah pertahanan udara Taiwan untuk yhaaa flexing-flexing dikit lha. You can read more about it here.
 
Terus kenapa jadi ada rumornya sekarang dan bikin orang-orang panic buying?
Karena menurut para warga sih pemerintahnya gak jelas ni keadaan daruratnya apa sampe kok kita-kita disuruh nyetok makanan dan kebutuhan pokok. Akhirnya, beberapa media yang dikelola oleh pemerintah China sampe ngejelasin kalo hal ini gak ada hubungannya sama ketegangan yang terjadi di antara China dan Taiwan. Media lainnya juga ngejelasin kalo dari pemerintah China sendiri sih bilangnya karena bentar lagi bakal musim dingin dan cuacanya belakangan ini lagi buruk, jadi yhaaa sebagai precautions aja gitu gengs buat siapin stok makanan dan kebutuhan sehari-hari. Belom lagi kalo misalkan pemerintah berencana bakal lockdown lagi, jadi diminta siap-siap aja gitu.
 
Yhaaa pantes panik sih. Anything else?
Well, isu ketahanan pangan di China emang sensitif banget sih. Hal ini karena sebelumnya, pernah terjadi juga bencana kelaparan besar-besaran pada tahun 1950-an sampe 1960-an yang menyebabkan kematian bagi sekitar 10 juta warga China saat itu. Meskipun sekarang kondisi perekonomian China udah sangat meningkat, tapi pemerintah tetep diwajibin untuk punya rencana buat mempertahankan ketahanan pangan di sana. Jadi, pas warganya diminta buat nyiapin stok makanan, hal ini menyebabkan banyak spekulasi deh termasuk soal perang sama Taiwan ini.

When Sicko Mode turned into deadly mode real quick…

That’s what happened at Travis Scott’s concert last Friday.
 
Yep, kamu pasti dah denger ni kabar soal delapan orang penonton yang meninggal di konsernya rapper Amerika Serikat Travis Scott hari Jumat tanggal 5 November 2021 kemaren. Konser yang bertajuk Astroworld Festival ini juga menyebabkan banyak orang luka-luka akibat kerumunan penonton yang berusaha menembus pagar pembatas panggung secara berdesak-desakkan atau crowd surge. Adapun para korban meninggal berusia 14, 16, 21 dan 27 tahun, sedangkan masih ada korban yang belum diketahui identitas dan umurnya.
 
Awalnya, konser berjalan dengan lancar dan ditonton oleh lebih dari 50 ribu penonton. Namun kemudian, pas Travis lagi nyanyi, kondisi mulai rusuh karena pada mau maju ke depan buat nonton sang rapper lebih dekat, hingga mendorong-dorong barisan di depannya. Para penonton yang didorong-dorong dari belakang tersebut kemudian pada kehabisan oksigen dan panik, sampe beberapa orang kemudian pingsan. Beberapa penonton yang pingsan kemudian digotong rame-rame oleh para penonton ke tempat yang lebih aman dan dapet pertolongan medis. Tapi terlalu banyak penonton yang mengalami hal tersebut, sampe akhirnya 300-an orang yang kemudian dibawa ke rumah sakit. Delapan orang meninggal tersebut kemudian masih diinvestigasi kejadiannya sampe saat ini.
 
FYI, tahun 2019 lalu juga konser Travis Scott menyebabkan beberapa orang luka-luka akibat dari crowd surge tersebut. Pihak penyelenggara dan Travis sendiri udah mengeluarkan pernyataan resmi kalo mereka “absolutely devastated by what took place last Friday night“. Konser yang harusnya berjalan dua hari tersebut jadi dibatalin karena adanya investigasi ini.

“Ini belum puncak,”

Gitu guys kata Menteri Sosial, Bu Tri Rismaharini yang menyebut bahwa banyak banjir yang terjadi di Indonesia belakangan ini adalah karena krisis lingkungan. Bu Risma bilang, masyarakat harus terus siaga dalam menghadapi berbagai potensi bencana alam sebagai dampak dari hutan gundul atau luapan sungai.
 
We’re sooo not looking forward to it…

Announcement


Thanks to seseorang for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations


It’s already close to the end of the year, yet you’re still not getting into your ideal weight? Well, follow these tips.


Angel’s Stories

1. Minggu ini tuh kayak rasanya lagi padeet banget gitu. Kerjaan juga banyak karena mendekati akhir tahun. Terus kemarin beneran pas udah di ujung gitu rasa capeknya tiba-tiba dapet chat dari seniorku waktu kuliah yang dulu deket banget karena udah kayak kakak aku sendiri. Dia ngabarin kalo akhirnya hamil setelah nunggu lama. Terus aku ikut seneng banget kayak sampe terharu gitu. Ikut bahagia sama rezeki yang dikasih Tuhan buat dia dan suaminya. Terus, jadi mikir bahkan kadang tuh Tuhan bisa kasih kebahagiaan lewat orang lain ya yang juga ngebikin aku ikut seneng juga dengernya. Buat Kak Ra dan debaynya sehat-sehat terus yaaa. Semoga nanti kalau ada waktu aku bisa mampir Jogja dan kita bisa ketemuu! <3
-Yaya :D-
 
2. Gue abis jalan kaki dengan jarak yang cukup jauh dengan waktu yang cukup lama untuk ke suatu tujuan. Contohnya, tujuan gue itu ke stasiun buat naik KRL. Sampe di KRL, gue gak mau duduk di kursi prioritas, juga karena kemungkinan bakal ada orang yang lebih butuh tempat duduk itu. Ya akhirnya gue berdiri sampe tujuan. Jujur, pegeelll. Terus keluar stasiun, gue mau duduk sebentar di tempat nunggu ojek daring. Kemudian ada mba-mba brand ojol yang pada awalnya gue menduga kalo dia mau nawarin gue naik ojol itu (promosi). Singkat cerita, dia pesenin dan bayarin gue buat naik ojol. Yang tadinya gue mau jalan kaki dari stasiun, akhirnya gue merasakan nikmatnya duduk naik motor. Alhamdulillaah ✨And thanks a lot ya mba!✨
-Anonymous-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)