Corona Updates 22 November 2021

106

Now, let’s start with your Covid19 updates…

From home…

  • Per kemarin, 21 November 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.253.098 kasus, dengan kasus aktif 8.154 angka sembuh 4.101.216 dan kasus meninggal 143.728.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (860.516 kasus), Jawa Barat (705.785 kasus), Jawa Tengah (483.315 kasus), Jawa Timur (398.474 kasus), dan Kalimantan Timur (157.678 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 134.025.009 dan vaksinasi kedua 88.760.197 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Hari Rabu minggu lalu, pemerintah resmi menetapkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia selama libur Natal dan Tahun Baru nanti. Kalo kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, kebijakan itu berlaku untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19. FYI guys, kebijakan ini bakal berlaku mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Dengan adanya aturan tersebut, maka semua tempat wisata bakal memberlakukan aturan level 3 dan jadinya gak mengijinkan acara pesta kembang api, piawai, atau arak-arakan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.
  • Nah kalo kamu udah berencana buat tahun baruan di Bali, masih bisa kok gengs. Hari Sabtu kemaren, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati bilang kalo meskipun gak boleh pesta kembang api, tapi perayaan tahun baru masih diperbolehkan asal dengan prokes yang ketat.
  • Karena kemunculan varian baru covid AY.4.2 di Singapura dan Malaysia, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto hari Sabtu kemaren meminta kepada Provinsi Kalimantan Tengah buat hati-hati ni akan potensi penularannya juga ni gengs. Hal ini karena letaknya yang berdekatan sama dua negara tersebut. Apalagi bentar lagi libur Natal dan Tahun Baru, Suharyanto bilang biasanya kasus tinggi di Indonesia menjelang liburan kayak kemaren pas Lebaran ni.
  • Denger-denger katanya Vaksin Nusantara bakal dijadiin suntikan ketiga aka booster buat 2022 nanti ni gengs. Nah menanggapi ini, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi bilang masih menunggu hasil kajian dari Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Kata Bu Nadia hari Sabtu kemaren, penggunaan booster emang belom ada petunjuk teknisnya, termasuk penggunaan Vaksin Nusantara sebagai booster.
  • Ngomong-ngomong vaksin, Pemerintah Indonesia terus berusaha untuk mempercepat vaksinasi dengan memastikan menjaga ketersediaan vaksin. Hari Jumat kemaren, 4.059.290 dosis vaksin jadi Oxford-AstraZeneca dan 800.000 dosis vaksin jadi Moderna tiba di Indonesia gengs. Hal ini demi mencapai target 70% warga Indonesia divaksinasi pada akhir tahun nanti.
From abroad…
  • Per 21 November 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 257.228.299 kasus dan 5.148.134 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (47.701.533 kasus), India (34.510.413 kasus), Brazil (22.012.150 kasus), Inggris (9.857.658 kasus), dan Russia (9.170.898 kasus).
  • Hari Jumat kemaren, The U.S. Transportation Security Administration nge-screening 2,24 juta orang yang mau naik pesawat. Angka ini adalah angka tertinggi sejak pandemi dimulai di sana pada Maret 2020. Hal ini karena di US sendiri udah melonggarkan pembatasan sosial dan bentar lagi hari libur nasional AS, Thanksgiving.
  • Ratusan protestan memenuhi jalanan Rotterdam, Belanda pada hari Jumat minggu lalu untuk memprotes kebijakan pemerintah yang menerapkan lockdown buat masyarakat yang belum divaksin. Aksi ini kemudian dikecam oleh wali kota setempat yang bilang kalo ini adalah tindakan kekerasan, karena terjadi perusakan mobil polisi dan setidaknya ada dua korban luka akibat kejadian ini.
  • Balik ke AS lagi, Direktur US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Dr. Rochelle Walensky hari Jumat kemaren merekomendasikan suntikan ketiga atau booster buat orang dewasa atau 18 tahun ke atas di sana. CDC merekomendasikan penggunaan booster dari Pfizer/BioNTech’s atau Moderna untuk eligible adults di US enam bulan setelah menerima vaksin dosis pertama dan kedua.
  • Now onto the EuropeAustria menjadi negara pertama di sana yang bakal mejalankan national lockdown saat ini, di mana biasanya negara-negara lain cuma lockdown buat orang-orang yang belum divaksin. Artinya, para turis gak boleh memasuki negara ini nanti. Hal ini disampein hari Jumat kemaren sama Kanselir Alexander Schallenberg yang bilang kalo lockdown bakal dimulai hari ini sampe sepuluh hari ke depan, dan ada kemungkinan diperpanjang sepuluh hari lagi.
  • Terus ni di negara tetangganya yaitu Jerman, lebih tepatnya di Kota Berlin, pemerintah resmi melarang warganya yang belum divaksin untuk memasuki berbagai lokasi hiburan dan publik kayak bioskop, restoran, bar, dll mulai hari ini. Bahkan sebelumnya, bar-bar di sana udah nerapin peraturan bahwa cuma yang udah fully vaccinated aja yang bisa jadi pengunjung di sana.
  • Balik ke Asia yaitu di India, sejak minggu lalu negara ini udah mulai menerima turis yang fully vaccinated naik pesawat komersial. Setelah hampir dua tahun, ini adalah yang pertama kalinya India membuka negaranya lagi gengs. Hal ini seiring dengan turunnya kasus positif dan meningkatnya angka vaksinasi di sana.