Corona Updates 15 November 2021

22

As always, your covid19 weekly updates is here.

As always, we will start with updates from home and abroad. Let’s go!
 
From home…
  • Per kemarin, 14 November 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.250.516 kasus, dengan kasus aktif 9.197 angka sembuh 4.097.675 dan kasus meninggal 143.644.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (862.643 kasus), Jawa Barat (706.799 kasus), Jawa Tengah (485.757 kasus), Jawa Timur (398.840 kasus), dan Kalimantan Timur (158.091 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 129.710.190 dan vaksinasi kedua 83.418.086 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Minggu lalu, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta supaya masyarakat enggak buru-buru dalam bersikap dan jadi antipati terhadap kebijakan yang dibikin sama pemerintah, khususnya dalam masa libur akhir tahun. Menurut Pak Wiku, semua kebijakan yang diterbitkan pemerintah tentunya emang untuk melindungi warga dari wabah pandemi covid-19, jadi yhaa plz banget jangan anti.
  • Kemarin, Wali Kota Medan yang juga mantunya Pak Jokowi Bobby Nasution baru aja menyegel tiga tempat hiburan malam di Medan karena dinilai melanggar aturan PPKM. Menurut Bobby, kebijakan ini dia ambil karena doi enggak mau kasus covid19 yang belakangan ini udah terkendali jadi naik lagi.
  • Meski udah terkendali, namun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ngingetin kita supaya teteup waspada ni gengs. Menurut ketua PB IDI Zubairi Djoerban, masyarakat sebaiknya enggak lengah terhadap kemunculan gelombang tiga Covid-19, apalagi sebentar lagi bakal ada momen libur Natal dan Tahun Baru. Pak Djoerban juga meminta warga untuk hari-hati, khususnya di acara undangan pernikahan dan yang suka makan di restoran.
  • Kemarin, Satgas Penanganan Covid-19 juga mengumumkan bahwa pihaknya mencatat ada 63 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki institusi dengan tingkat kepatuhan atas prokes rendah, yakni di bawah 35 persen. Adapun kepatuhan rendah ini bisa terlihat melalui berbagai indikator, kayak enggak ada fasilitas stiker jaga jarak di tempat umum, enggak ada fasilitas cuci tangan, enggak ada petugas pengukur suhu, sampe tidak menyediakan masker cadangan di fasilitas publik.
  • Clap clap clap, bravo buat ibu kota Jakarta yang baru aja masuk ke dalam daftar 50 kota di dunia dengan pengendalian covid19 terbaik. Hal ini baru aja disampaikan sama Gubernur DKI Anies Baswedan minggu lalu, dalam acara Jakarta Investment Forum 2021. Dalam keterangannya, Pak Anies bilang bahwa per 9 November 2021, hampir 11 juta orang di Jakarta udah menerima vaksin dosis pertama dan lebih dari setengah angka tersebut udah menerima dosis kedua. Sebagai hasilnya, Jakarta masuk ke dalam jajaran top 50 kota dengan respons pengendalian covid-19 terbaik
From abroad…
  • Per 14 November 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 253.037.170 kasus dan 5.097.552 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (47.051.430 kasus), India (34.437.307 kasus), Brazil (21.953.838 kasus), Inggris (9.572.355 kasus), dan Russia (8.918.926 kasus).
  • Eropa lagi mengalami penambahan kasus covid19 lagi ni gengs. Dalam tujuh hari terakhir, setengah dari kasus kematian dan infeksi global berasal dari sana. Kondisi ini kemudian bikin opsi lockdown kembali dipertimbangkan oleh pemerintah negara-negara Eropa, apalagi sebentar lagi bakal ada perayaan Natal yang tentunya menjadi tantangan buat kebijakan social distancing. Nah meskipun nambah guys, namun jumlah pasien yang meninggal turun drastis, karena emang udah sekitar 65% warga di sana udah divaksin.
  • Seiring dengan bertambahnya lagi kasus covid19 di Eropa, pemerintah Austria baru aja memberlakukan kebijakan lockdown buat orang-orang yang nggak menerima vaksinasi. Dengan adanya aturan ini, maka orang-orang yang nggak divaksin berusia di atas 12 tahun enggak boleh keluar dari rumah kecuali untuk keperluan penting, kayak belanja kebutuhan pokok, jalan kaki, atau divaksin.
  • Hasil studi terbaru menunjukkan bahwa vaksin covid19 pertama buatan India, namanya Covaxin memiliki efikasi yang tinggi untuk mencegah penyebaran pandemi covid19. Adapun tingkat efikasinya mencapai 78%, dan so far vaksinnya enggak menunjukkan efek samping yang membahayakan. FYI, jadi Covaxin ini baru aja mendapat approval darurat dari WHO minggu lalu, dan udah boleh digunakan di 17 negara.
  • Setelah memberlakukan kebijakan lockdown selama 20 bulan, Vietnam akhirnya untuk pertama kalinya menerima turis asing dari luar negeri pada minggu lalu. Adapun para turis ini berasal dari Korea Selatan dan Jepang yang berjumlah 400 orang, dan udah divaksin secara lengkap.
  • Minggu lalu, negara tetangga Singapura melaporkan bahwa ada lebih dari 200 orang termasuk tahanan dan sipir di seluruh penjara Singapura yang tertular Covid-19. Terkait kejadian ini, otoritas setempat kemudian me-lockdown penjara dan enggak membolehkan dulu adanya kunjungan dari luar bagi para napi. Selain itu, mereka juga memberlakukan pengawasan yang lebih ketat bagi petugas dari luar yang masuk ke lingkungan penjara.
  • Buat kamu yang udah kangen jalan-jalan, bisa nii ke negara tetangga dulu kayak Malaysia, yang berencana untuk mulai membuka wilayahnya bagi kedatangan wisatawan asing pada Januari 2022 mendatang. Adapun kebijakan ini diberlakukan sebagai upaya untuk menghidupkan kembali pariwisata di Malaysia yang lumpuh akibat pandemi Covid-19.