China Ingatkan Warganya Untuk Siapkan Stok Makanan

118

Who’s going into panic buying mode?

People in China.
 
Are they going into another lockdown?
Gatau juga. Jadi awal bulan November ini, pemerintah China mengingatkan para warganya buat menyiapkan stok makanan gengs. Katanya sih karena keadaan darurat, tapi gak dijelasin lebih lanjut ke masyarakat ni darurat apa. Yha jadinya of course hal ini malah bikin warga panik dan jadinya beneran memborong barang-barang kebutuhan. Akibat kejadian ini harga barang kebutuhan pokok dan makanan di China jadi melonjak.
 
Waduh, kok bisa?
Nah emang penjelasan yang dianggap kurang lengkap dari pemerintah China ini ni gengs yang bikin para warga jadi berspekulasi aneh-aneh. Katanya, bahkan pas awal-awal covid di negara tersebut dan kemudian lockdown, peringatannya gak sampe segitunya guys. Peringatan yang ga lengkap ini kemudian memunculkan berbagai spekulasi, kayak pemerintah bakal ngerasio bahan makanan buat warganya, krisis makanan yang mengancam musim dingin di China, sampe ke rumor soal perang sama Taiwan.
 
Tell me more about the rumor.
As you know, China sama Taiwan emang sempet panas, hingga menyebabkan terjadinya sindir-sindiran lewat pidato oleh kedua kepala negara pada di awal Oktober kemaren. Jadi, China menganggap bahwa  Taiwan tuh masih merupakan bagian dari mereka, tapi yha ada otonomi khusus aja. Meanwhile, Taiwan sama sekali udah enggak mau diasosiasiin sama China lagi, aka “w mau merdeka!”.
 
Go on…
Karena enggak ketemu inilah, China akhirnya makin agresif melakukan berbagai manuver untuk ngajak Taiwan balikan. Pada China’s National Day tanggal 1 Oktober 2021 kemaren, sampe hampir seminggu kemudian, China menerbangkan sekitar 150 pesawat jet tempur ke arah wilayah pertahanan udara Taiwan untuk yhaaa flexing-flexing dikit lha. You can read more about it here.
 
Terus kenapa jadi ada rumornya sekarang dan bikin orang-orang panic buying?
Karena menurut para warga sih pemerintahnya gak jelas ni keadaan daruratnya apa sampe kok kita-kita disuruh nyetok makanan dan kebutuhan pokok. Akhirnya, beberapa media yang dikelola oleh pemerintah China sampe ngejelasin kalo hal ini gak ada hubungannya sama ketegangan yang terjadi di antara China dan Taiwan. Media lainnya juga ngejelasin kalo dari pemerintah China sendiri sih bilangnya karena bentar lagi bakal musim dingin dan cuacanya belakangan ini lagi buruk, jadi yhaaa sebagai precautions aja gitu gengs buat siapin stok makanan dan kebutuhan sehari-hari. Belom lagi kalo misalkan pemerintah berencana bakal lockdown lagi, jadi diminta siap-siap aja gitu.
 
Yhaaa pantes panik sih. Anything else?
Well, isu ketahanan pangan di China emang sensitif banget sih. Hal ini karena sebelumnya, pernah terjadi juga bencana kelaparan besar-besaran pada tahun 1950-an sampe 1960-an yang menyebabkan kematian bagi sekitar 10 juta warga China saat itu. Meskipun sekarang kondisi perekonomian China udah sangat meningkat, tapi pemerintah tetep diwajibin untuk punya rencana buat mempertahankan ketahanan pangan di sana. Jadi, pas warganya diminta buat nyiapin stok makanan, hal ini menyebabkan banyak spekulasi deh termasuk soal perang sama Taiwan ini.