Benua Eropa Mengalami Kenaikan Kasus Covid-19

89

What’s making a comeback in Europe?

Covid 19.
Iya ni guys, si virus covid ini masih belum juga bisa cabs dari muka bumi. Kini, Benua Eropa lagi mengalami kenaikan kasus yang signifikan ga lama setelah berlakunya pelonggaran di berbagai aspek. Jadi selama sebulan terakhir ini, kasus covid di Benua Biru tersebut naik 50%. Meski begitu, angka kematiannya menurun drastis ya guys. karena tingkat vaksinasi di sana udah tinggi di kalangan orang dewasa.
 
Iya, bukannya mereka udah vaksin?
Ya udah, bahkan sejak akhir Agustus kemaren aja Uni Eropa sebenernya udah mencapai herd immunity. Hal ini disampaikan sama Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen yang ngumumin bahwa 70 persen masyarakat usia dewasa di Eropa udah menerima dosis pertama dan kedua vaksin covid-19, aka fully vaccinated. Bulan Juli sebelumnya, 70 persen masyarakat usia dewasa di Eropa udah nerima at least vaksin dosis pertama.
 
Right, terus kok covid-nya naik lagi?
Salah satu alasannya adalah karena udah ada beberapa negara di Eropa yang udah mulai melonggarkan pembatasan sosial di sana selama musim panas kemaren guys, kayak di Inggris, Prancis, dll. Nah, hal inilah yang bikin kasus covid naik lagi. Menurut WHO hari Jumat minggu lalu, 2/3 total kasus covid di dunia selama seminggu sebelumnya atau hampir dua juta dilaporkan terdeteksi di Eropa.
 
Whattttt???
Iya guys. Angka ini bahkan merupakan yang tertinggi dalam seminggu di benua tersebut sejak pandemi dimulai di awal tahun 2020 silam. Meskipun angka kematiannya udah gak setinggi kayak di awal-awal pandemi, namun teteup aja, angka kematiannya naik 10% minggu lalu dan hal ini membuat Eropa jadi satu-satunya wilayah di dunia di mana angka kematian pelan-pelan mengalami kenaikan.
 
OMG… Anyone saying anything?
Yep, ada Direktur WHO untuk Eropa Dr. Hans Kluge bilang kalo Eropa kembali jadi pusat penyebaran aka episentrum covid di dunia. Makanya, beberapa negara di Eropa udah mulai mengetatkan lagi pembatasan sosialnya kayak yang dilakukan oleh Belanda. Caretaker Prime Minister Mark Rutte bilang hari Jumat kemaren kalo mulai besokannya di hari Sabtu, Belanda bakal menerapkan sistem partial lockdown selama tiga minggu ke depan dengan ketentuan lockdown setengah-setengah kayak bar boleh buka tapi cuma sampe jam 8 malem, dll.
 
Negara lain gimana?
Austria juga nerapin lockdown khusus buat orang-orang yang belum divaksinasi. Orang-orang ini dilarang keluar rumah kecuali urusan penting, belanja kebutuhan sehari-hari, jalan kaki di sekitar rumah, atau pergi buat divaksinasi. Denmark juga sekarang nerapin kayak semacam aplikasi PeduliLindungi gitu gengs di sana, di mana setiap orang wajib punya “corona pass” atau harus masuk ke tempat-tempat umum menggunakan aplikasi tracing.
 
Hmmm right. Anything else?
Meanwhile di Indonesia, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, capaian vaksinasi Indonesia akhirnya berhasil melampaui target Badan Kesehatan Dunia atau WHO, di mana 40% populasi Indonesia diperkirakan udah fully vaccinated pada akhir tahun 2021.