Beberapa Wilayah Indonesia Dilanda Banjir, Perdana Menteri Irak Mustafa Al Khadimi Selamat Dari Serangan Bom, Merger Gojek dan Tokopedia Berujung Gugatan, Dampak Tidur Sekasur Dengan Hewan Peliharaan

111

Good morning

Rise and shine, catchers! It’s the new day again and we hope you’re ready to start the day with positivity. Today, we’ll talk about floods, Iraq, GOTO, to your lovely cats. Yep, all you need to know, right here. Let’s go!


What’s making a comeback in this rainy season?

Taylor Swift “Red” album?
Ya, itu juga sih, tapi kita lagi mau bahas banjir ni gengs. As you know, beberapa wilayah di Indonesia lagi dilanda banjir belakangan ini. Ada banjir bandang yang terjadi di Malang, Jawa Timur minggu lalu, banjir rob di wilayah Jakarta Utara, dan banjir sehabis hujan bervolume besar di banyak titik di tanah air.
 
I know 🙁 Tell me more about it.
Hari Kamis tanggal 4 November lalu, terjadi bencana banjir bandang di Kota Batu Malang. Kira-kira ada 89 keluarga yang terdampak banjir Ini. Para korban terdampak banjir saat ini terpaksa mengungsi ke rumah tetangga atau saudara. Petugas mencatat, lebih kurang 200 orang di Jatimulyo; 175 warga Kampung Putih; dan warga Samaan sebanyak 100-150 jiwa, terpaksa mengungsi. Gak cuma itu, banjir bandang ini memakan korban jiwa tujuh orang dan enam luka-luka. Penyebabnya diduga karena hujan deras yang mengguyur Kota Batu dan membuat Sungai Brantas meluap.
 
🙁
Banjir juga terjadi di beberapa wilayah di Jabodetabek juga gengs. Hujan deras yang mengguyur wilayah ini selama beberapa beberapa hari terakhir bikin banyak titik di Jabodetabek terrendam banjir. Di Jakarta sendiri ada beberapa RT yang terendam, bahkan ada yang sampe 1,5 hingga 2 meter. Misalnya, daerah Kembangan, yang kemarin terendam air selama lebih dari tujuh jam karena luapan Sungai Pesanggrahan. Terus di Bogor, terjadi tanah longsor yang menyebabkan dua korban jiwa akibat dari hujan deras dan angin kencang.
 
OMG…
Now we’re zooming in on North Jakarta, di mana menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, ada 13 RT di Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara yang terkena dampak rob atau banjir pesisir pada 7 November kemarin. Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD Provinsi DKI Jakarta M Insaf mengatakan rob atau meluapnya air pasang di pesisir Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara mencapai ketinggian 50 cm. Bahkan, ruas-ruas jalan menuju Ancol Jakarta Utara juga terendam air laut gengs.
 
Kalau di luar Jabodetabek?
Ada Sukabumi dan Gresik guys. Di Sukabumi Jawa Barat, BPBD Kota Sukabumi mencatat bahwa bencana banjir dan tanah longsor melanda belasan titik. Adapun salah satu lokasi terdampak bencana tersebut adalah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Bahagia di Kecamatan Warudoyong. Meanwhile di Gresik, ada sekitar seratus rumah yang terendam banjir di Desa Ciremen, Kecamatan Kedamaian pada weekend kemarin. FYI, banjir di lokasi ini terjadi karena Kali Lamong meluap akibat intensitas curah hujan yang tinggi selama dua hari terakhir.
 
Terus-terus…
Enggak cuma di Pulau Jawa, banjir juga melanda Sintang, Kalimantan Barat. Di sana, ada 12 kecamatan yang terendam air selama dua minggu, hingga warga kesulitan dapat akses makanan dan air bersih. Selain itu, bahan makanan pokok juga udah mulai mahal. Menurut Wahana Lingkungan Hidup (WALHI), banjir di Sintang ini bukan hanya disebabkan oleh hujan, namun juga oleh hilangnya area penyerap air karena daerah bantaran di Sungai Kapuas yang mulai beralih fungsi jadi pembangunan.
 
Any words from the authority?
Yep. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab terjadinya hujan lebat yang mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Indonesia last week. Prakirawan BMKG Riefda Novikarny bilang kalo selama seminggu terakhir ini, beberapa wilayah di Indonesia diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi. BMKG mencatat selama enam hari lalu, rata-rata curah hujan di atas 50mm per 24 jam.
 
Is it that heavy?
Banget. juga Riefda bilang bahwa ada beberapa faktor dari tingginya curah hujan tersebut. Salah satunya adalah La Nina yang udah dideteksi oleh BMKG keberadaannya berkategori lemah di Samudra Pasifik sejak Oktober lalu. FYI, La Nina adalah fenomena cuaca yang dikontrol oleh perbedaan suhu muka air laut antara Samudra Pasifik bagian tengah (ekuator) dengan wilayah perairan Indonesia, sehingga suhu muka laut di wilayah Indonesia menjadi lebih hangat. Hal Ini berdampak ke tekanan udara yang mendorong pembentukan awan dan berdampak terjadi peningkatan curah hujan.
 
Serem… Are there any other factors?
Ada gengs. Peningkatan suhu permukaan laut juga jadi penyebabnya nih. Rifda mengatakan suhu permukaan laut di wilayah Indonesia menghangat pada kisaran 28-31,8 derajat Celsius dengan anomali 0 sampai 5 derajat. Hal itu menyebabkan penguapan dan penambahan masa uap air yang cukup tinggi di wilayah Indonesia yang berbatasan dengan Samudera Pasifik barat. Selain itu, Riefda menjelaskan tingginya curah hujan di sebagian wilayah Indonesia disebut pengaruh dari perubahan pola angin. Hal ini adalah pertanda akan dimulainya fenomena Angin Auson asia, yaitu aliran massa udara dari Samudra Pasifik yang mulai masuk wilayah Indonesia dan bertemu dengan aliran masa udara dari Samudra Hindia. Yang paling berdampak adalah wilayah Sumatera dan Jawa bagian barat.
 
Shiiiz…
Terus juga adanya faktor tingginya kondisi kelembapan udara di wilayah Indonesia. Kalo diamati menggunakan citra satelit untuk kanal uap air, terlihat adanya peningkatan udara lembap hampir di seluruh Indonesia. Kata Riefda, kalo diamati dari citra satelit untuk kanal uap air terlihat peningkatan udara lembap hampir ada di seluruh Indonesia. Peningkatan kelembaban itu akan memudahkan terbentuknya awan sehingga membuat intensitas curah hujan meningkat.
 
Oh no… Anything else?
Karena berbagai penyebab yang disebutin tadi, diprediksi bahwa wilayah Jawa bagian barat bakal terkena dampaknya banget. Karena itulah, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu bilang buat para warga di wilayah yang udah warning untuk berhati-hati, karena ujan deras  ini bisa berakibat ke tanah longsor yang memakan korban jiwa.

Who just escaped death?

Perdana Menteri Irak Mustafa Al Kadhimi.
 
Is this a “Final Destination” situation?
Considering how it didn’t end well for most of the characters, hopefully not…
 
Right. What happened to him?
Jadi, Perdana Menteri Irak Mustafa Al Khadimi dikabarkan baru aja selamat dari serangan bom yang diluncurkan oleh sebuah drone pada hari Minggu tanggal 7 November 2021 lalu. Menurut pihak militer Irak, drone tersebut apparently memang ditargetkan di kediaman Khadimi di Baghdad hari Minggu pagi.
 
Whaat? Was he injured?
Yep tapi gak terlalu parah guys untungnya, tapi para penjaganya dilaporkan luka-luka akibat serangan ini. Sampe sekarang, pihak militer Irak masih menyelidiki kasus ini dan belom punya tersangka. Menurut Khadimi, serangan ini merupakan penghianatan dan pengekangan.
 
Any suspects though?
Still unclear. Tapi yang pasti, kejadian ini pas banget terjadi sebulan setelah pemilu di Irak berlangsung dan Khadimi kembali terpilih. Makanya ni gengs, kondisi di sana lagi fragile banget, karena berbagai partai politik termasuk partainya Khadimi lagi membahas koalisi buat membentuk kabinet pemerintahan. Terus, beberapa kelompok politik juga menilai bahwa Khadimi terlalu pro Amerika, dan mereka enggak mau menerima hasil pemilu tersebut. Salah satu kelompok yang menolak adalah Fatah Alliance yang pada hari Jumat sebelumnya para pendukungnya mencoba menerobos Green Zone, pusat pemerintahan di Baghdad. Meskipun sus, tapi pemimpin kelompok Fatah yaitu Hadi al-Amiri juga mengecam aksi yang menimpa Khadimi dan meminta hal tersebut segera diinvestigasi.
 
Hmmm…
Gak cuma kelompok Fatah, tapi ketua kelompok Asa’ib Ahl al-Haq yang sama-sama bekingan Iran dan juga militan Syiah yaitu Qais al-Khazali juga mengecam aksi hari Minggu tersebut. Tapiii, sus-nya adalah Khazali diketahui ngancem Khadimi hari Sabtu kemaren dengan bilang, “The blood of our martyrs shall avenge you.” Tapi yhaa kayak yang udah disebutin tadi, sampe sekarang belom ada tersangka dari serangan ini gengs.
 
Anyone saying anything?
Yep, ada Uni Emirat Arab (UAE) yang bilang kalo mereka sangat mengecam percobaan pembunuhan tersebut. Melalui Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, UAE bilang kalo mereka bakal ngebantuin Irak dalam menghadapi serangan terorisme yang baru aja dialami perdana menterinya. Di hari yang sama dengan serangan tersebut, UAE menegaskan bahwa pihaknya bakal memperbarui kerjasama di antara keduanya untuk menjaga keamanan dan stabilitas di Irak.
 
I see. Anything else?
Yha seperti yang udah diduga juga, Amerika Serikat of course juga ikutan mengecam aksi tersebut gengs. Departemen Luar negeri AS menyebut serangan ini sebagai aksi terorisme yang obvious dan terarah langsung ke pusat negara Irak. AS juga nawarin bantuan dalam investigasi atas serangan ini. FYI juga gengs, banyak militan Syiah garis keras yang percaya kalo Khadimi memiliki peran dalam pembunuhan terhadap kepala militer asing Iran Qassem Soleimani dan letnan berkebangsaan Irak Abi Mahdi al-Mohandis di tahun 2020 silam. Militer AS menggunakan drone untuk menyerang lokasi keduanya di sebelah bandara internasional Baghdad.

Who’s hiring some lawyers?

GoTo.
Yep, karena ternyata merger di antara Gojek dan Tokopedia pada Mei lalu berujung ke lawsuit.
 
Really?
Yep, jadi keduanya yang merger dan membentuk entitas GoTo ini baru aja digugat oleh Terbit Fintech ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat atas penggunaan nama merek perusahaan hasil merger tersebut yaitu GoTo. Gak main-main, total gugatannya sampe Rp2,08 triliun gengs.
 
Wait, I need more background.
Jadi, dua perusahaan unicorn yaitu Gojek dan Tokopedia kan baru aja nih melakukan merger atau penggabungan kedua perusahaan pada bulan Mei 2021 kemaren dan menghasilkan entitas perusahaan baru bernama GoTo. CEO Tokopedia William Tanuwijaya menjelaskan arti nama GoTo yang merupakan gabungan dari Gojek dan Tokopedia, serta kependekan dari gotong royong yang menggambarkan semangat persatuan pas launching.
 
I see, terus kenapa sekarang digugat?
Karena, PT Terbit Financial Technology mengklaim kalo mereka adalah satu-satunya pemilik dan pemegang hak yang sah atas merek terdaftar “GOTO” beserta segala variasinya. Bahkan, merek tersebut udah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI. Terbit Fintech bilang kalo merek “GOTO”, “goto”, dan “goto financial” yang dibawa oleh PT Aplikasi Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia mempunyai persamaan pada pokoknya dengan merek “GOTO”.
 
Whoah…
Makanya, Terbit Fintech pun meminta Gojek dan Tokopedia menghentikan penggunaan merek GoTo dalam bentuk variasi apapun. Gak cuma itu, mereka juga meminta Gojek dan Tokopedia membayar ganti rugi materiil sebesar Rp1,8 triliun dan rugi imateril Rp250 juta, makanya total gugatan jadi Rp2,08 Triliun. Gugatan ini diajukan sejak tanggal 2 November 2021 silam.
 
Wow that’s a lot of money for sure. Anyone saying anything?
Yep, ada Corporate Affairs GoTo Astrid Kusumawardhani yang bilang kalo sebenernya GoTo udah terdaftar di badan atau lembaga terkait. Tapi pihaknya juga bilang kalo mereka lagi mendalami kasus ini terlebih dahulu dan bakal menghormati segala proses hukum yang berlaku. Hal ini disampein sama Astrid hari Minggu tanggal 7 November kemaren.
 
Got it. Anything else?
FYI, hal serupa juga lagi dialamin sama Facebook yang baru aja melakukan rebranding induk perusahaannya dengan ganti nama jadi Meta. Hal ini bikin perusahaan tersebut digugat oleh perusahaan The Meta PC yang bilang kalo nama “Meta” udah jadi punya mereka. Meskipun udah beroperasi sekitar setahun under the name, perusahaan ini baru aja ngedaftarin hak atas merek “Meta” bulan Agustus kemaren. Perusahaan yang ngejual komputer ini bilang bakal ngebatalin lawsuit ini kalo Facebook mau bayar 20 miliar USD, bahkan bakal ngasih nama “Meta” ke Facebook.

When you love sleeping with your cute pets…

Read this first.
 
Siapa sih gengs, yang enggak sayang sama anabulnya? Udah unyu, setia pula. Gak heran banyak orang yang punya hewan peliharaan kemudian kebiasa bobo sekasur sama peliharaannya, mostly kucing dan anjing. Nah, mungkin kamu pernah bertanya-tanya, ada efeknya gak sih buat kita dan si anabul kalo tidur bareng tuh? Nah ternyata, menurut the chief veterinary officer for the North American Veterinary Community Dr. Dana Varble, tidur sekasur sama pemiliknya memiliki dampak baik buat hewan peliharaan. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan dan mempererat ikatan antara hewan peliharaan dengan pemiliknya. Dan buat hewan peliharaan, dua hal ini bisa memberikan manfaat kesehatan, terutama buat kucing dan anjing yang gampang deket sama majikannya.
 
On the other hand, ternyata tidur sekasur dengan hewan peliharaan bisa memiliki efek buruk buat manusia. Menurut profesor di department of medicine at Johns Hopkins University School of Medicine Dr. Vsevolod Polotsky, tidur sekasur dengan hewan peliharaan bisa memperburuk kualitas tidur manusia. Hal ini karena hewan peliharaan bisa bikin manusia dikit-dikit bangun dari tidur atau microawakening, yang bisa berujung ke insomnia. Hayooo buat kamu yang sering bobo sama anabul, tentu sering kan, jadi kebangun gara-gara hewanmu bergerak-gerak di tengah malem? Kayak mengeong, minta keluar kamar, ngelangkahin, sampe nyakarin kaki *guilty as charged*
 
Meskipun hal ini bisa diatasi dengan co-sleeping dengan hewan peliharaan, meaning mengusahakan hewan peliharaan kita tidur bersamaan dengan kita, tapi untuk orang-orang yang efeknya udah parah dan gak bisa diapa-apain harus consider buat berhenti tidur sekasur sama anabulnya. Emang sedih sih gengs, tapi daripada mengganggu kualitas tidur kan?

“Penyakitnya tidak konsisten,”

Gitu guys kata Menko Maritim dan Investasi Opung Luhut Pandjaitan kemarin, Menurutnya, kebijakan pemerintah soal covid19 berubah-ubah sebagai bentuk adaptasi keadaan terbaru dari hari ke hari. Opung Luhut juga bete ni gengs, sama anggapan di masyarakat yang bilang bahwa pemerintah enggak konsisten dan sering berubah-ubah dalam membuat kebijakan.

You, to your friend who aaaalllllways changes the plan at the last minute…

Announcement


Thanks to Seseorang for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Dreaming of never get sick? Try these foods.

Angel’s Stories

1. Aku memberanikan diri untuk speak up, lebih berani dan peduli dibanding hari kemarin. Singkat cerita aku berada di toxic relationship setahun kemarin. Being abused dari mulai verbal di kata-katain, diteriakin, diancam sampai ke fisik, diludahin mukanya, disiram air toilet, dipukul, sampai mataku berdarah dan harus ke RS. Aku paham aku belajar, dan aku udah memutuskan menyudahi hubungan. Awalnya aku berfikir, “Ya udah yang penting aku udah keluar dari hubungan tersebut.” Tapi aku salah. Hari ini aku kebangun dan masih terfikir, “Gimana kalau yang selanjutnya merasakan yang sama? Dengan segala bingung, takut, dan malunya.” Aku kerja sebagai dokter dan biasa periksa untuk Visum hidup. Aku sering menangis saat tanya kronologis pasien. Aku paham betul seberapa bingung, takut, malu, sakitnya mereka. Aku ga mungkin membiarkan perempuan lain akan merasakan hal yang sama. Aku harus memutus rantai ini, kalau tidak dia gaakan jera. Aku beranikan diriku menghubungi mantannya, yang benar saja terkena kekerasan juga. Aku masih belum tau ini akan berakhir seperti apa. Saat ini aku masih mengatur strategi terbaik untuk menyelesaikannya. Tetapi semoga berawal dari niat untuk menyelamatkan sesama perempuan, Allah memberikan kemudahan. Aamiin.
-Foryourself-
 
2. Di hari yudisium kampusku a.k.a hari official kelulusan, aku ngerasa lonely sekali, guys. So sad so empty gitu di hari yang seharusnya dirayakan dengan senang. Bahkan sosmedku terutama Instagram dipenuhi postingan teman-temenku yang bersorak gembira bersama kawannya yang lain. Sedangkan aku cuma di rumah glundang glundung huhuhu. Nah terus, di waktu malam setelah waktu sholat isya, aku kan sholat tuh trus berdoa agak-agak curhat juga soal hari nan lonely itu sambil masih dalam mood yang gloomy. EH TIBA TIBA GUYS ada ojol datang ke rumah membawa martabak manis dan telur yaampun timingnya lohh so magical sampe aku nangis terharu cuma gara-gara martabak.. wkkw emang emosional bgt waktu itu :”) Ternyata temenku ngirimin aku diem-diem buat merayakan yudisiumku. Sebelumnya tuh dia sempet nanya di grup wasap voting gitu malem-malem enaknya martabak manis apa telur ya buat shift kerja malem. Hmm soft ya bestie caranya~ Ya aku bales tuh gabisa milih enak semua wkwk EEE TAUNYA ITU BUAT AKU DONG DIKIRIM 22NYA HUHU MENANGIS DALAM SETUMPUK MARTABAK :’) MAKASI BORI MY BESTIE U SAVE MY KOPONG DAY :”)
-bori’s bestie-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)