Andika Perkasa KSAD Dicalonkan Jadi Panglima TNI

103

hen everybody is talking about Andika….

Dan terbanglaaah bersamakuuu~
Hadeuuu bukan babang yang itu gengs, tapi Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang baru aja dicalonin sama Presiden Joko Widodo buat jadi Panglima TNI yang menggantikan panglima TNI saat ini Hadi Tjahjanto. Adapun informasi ini disampein sama Ketua DPR RI Puan Maharani yang bilang kalo doi abis bersurat sama pak pres soal usulan nama calon Panglima TNI, alias pemimpin tertinggi di institusi militer tersebut. Dalam suratnya ternyata cuma ada satu nama yaitu KSAD Andika Perkasa, which means doi adalah calon tunggal.
 
Wait, I need more background. Kenapa Panglima TNI sekarang digantiin?
Karena Panglima TNI saat ini yaitu Marsekal Hadi Tjahjanto bakal segera pensiun ni gengs, makanya doi butuh pengganti. Hadi bakal berusia 58 tahun di tangal 8 November 2021 nanti. Makanya, pembicaraan soal penggantinya emang udah jadi topik hangat ni gengs. Selain Andika, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono juga digadang-gadang sebagai dua calon kandidat pengganti Hadi. Terus akhirnya dalam surat presiden (supres) yang dikasih ke Puan melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno kemaren, yang disebutin namanya cuma Andika.
 
Got it. Now tell me about the man.
Jenderal Andika Perkasa merupakan lulusan Akademi Militer pada 1987. Dia banyak menghabiskan waktu untuk pendidikan selama menjadi prajurit TNI AD di Amerika Serikat. Abis lulus dari Akademi Militer, dia bergabung dengan korps baret merah, Kopassus. Kariernya yang dimulai dari komandan peleton perlahan meningkat, sampe sekarang jadi KSAD. Sebelumnya, Andika pernah jadi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat dan kemudian jadi Komando Paspampres di masa pemerintah Jokowi – JK.
 
I see. Anyone saying anything?
Yep, banyak publik yang bertanya-tanya ni, kok jadi dari AD yang menjabat Panglima TNI berikutnya? Soalnya, sistem Panglima TNI adalah rotasi, dari AD, ke AU, dan kemudian ke AL, dan seterusnya balik lagi ke AD. Hadi sendiri berasal dari matra udara, jadi harusnya penerusnya adalah KSAL alias Yudo Margono. Menanggapi ini, Pratikno bilang kalo matra laut bisa di periode berikutnya aja. Apalagi, Andika nanti cuma bakal menjabat setahun.
 
Terus kalo cuma setahun kenapa dipilih anyway?
Katanya sih istana gak keberatan gengs dengan hal tersebut. Pengamat politik dan militer Hendri Satrio juga menyebutkan kemungkinan adanya faktor politis yang mendukung keputusan ditunjuknya Andika. Soalnya, Andika adalah menantu dari Hendropriyono, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Menurut Hendri, hal ini menjelaskan kenapa “jatah” AL diselak sama AD yang cuma bisa ngejabat setahun doang.
 
Whoaaaa. Anything else?
Sebelum dijabat oleh Hadi, Panglima TNI udah dijabat sama dua matra darat. Adalah Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang sekarang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan, dan Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo. Sedangkan terakhir kali matra laut menduduki jabatan Panglima TNI adalah di tahun 2010-2013 oleh Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono.