Adu Mulut, Istri Jendral TNI Minta Maaf Kepada Ibunda Arteria Dahlan, China & AS Kembali Tegang, NASA Ingin Lindungi Bumi dari Asteroid, Parlemen Swedia Resmikan Perdana Menteri Perempuan Pertamanya

30

Hello

Rise and shiiiine! Today’s most likely your favorite day because it’s payday! Yep, enjoy some fancy coffee because you deserve it. Now we’re gonna talk about how holding your pee could potentially ruin you or your partner’s career. Scroll down to know what we’re talking about…


Now, let’s catch you up! With Arteria Dahlan x an army’s wife incident… from A to Z.

Tell me.
OK. Jadi kalo kamu aktif di media sosial, kamu pasti udah sering liat cuplikan video di atas berseliweran di timeline kamu. Jadi awalnya, anggota DPR Ahmad Sahroni nge-share sebuah video di akun media sosialnya tentang ibu dari Politikus PDIP yang juga barengan sama Pak Sahroni di Komisi III DPR RI Arteria Dahlan pas lagi di Bandara Soekarno-Hatta. Di video tersebut, terlihat ibu dari Arteria Dahlan yang dikonfrontasi oleh seorang perempuan yang mengaku istri dari jenderal TNI.
 
Oh yea I saw the vid. What actually happened?
Jadi, hari Minggu sore kemaren di Terminal 2 Bandara Soetta, keduanya lagi sama-sama mau ambil bagasi. Karena suatu hal yang masih belum jelas duduk perkaranya, terjadilah adu mulut antara keduanya. Dalam video tersebut, terlihat kalo seorang perempuan itu membentak ibu Pak Arteria dan ngebawa-bawa kalo doi kerabat dari petinggi TNI. Gak cuma membentak, perempuan tersebut terlihat menunjuk-nunjuk ibu Pak Arteria. Terus di video yang diunggah sama Pak Sahroni juga menunjukkan kalo perempuan tersebut berjalan ke arah mobil yang ditumpanginya berplat TNI.
 
OMG penyebabnya apa sih?
Well, kalo versinya Pak Arteria sih, mbaknya udah keburu-buru pengen keluar pesawat pas pesawat baru landing dan pintu pesawat belum kebuka. Terus pas Pak Arteria dan rombongan nurunin barang dari kabin, mbaknya bilang doi ngalangin dan ngomel-ngomel sampe menendang tasnya Pak Arteria. Tak terima dengan hal ini, Pak Arteria kemudian menegur si mbaknya dan akhirnya terjadilah percekcokan tadi, dari pas turun pesawat sampe… pas udah nyampe depan bagasi. Terus guys, masalah ini dibawa ke kantor polisi, dan di sana, si mbak minta ajudannya untuk menghadapi Pak Arteria. Sampe ngomong, “Lu cari dia siapa catet nomer mobilnya rumah di mana, sampai ketemu biar tahu siapa kita. Lu tahu gak siapa gua.” Gitu ceunah.
 
Terus…
Terus video si mbaknya lagi marah-marah ini viral deh, dan Pak Arteria yang bete sampe minta Panglima TNI dan KSAD untuk turun tangan mencari identitas dari cewek itu. Selain itu, mantan tentara turns anggota DPR TB Hasanuddin juga bilang bahwa doi bakal menelusuri mobil dinas yang dipake jemput, dan identitas petinggi TNI yang dimaksud.
 
Hmmm. Terus sekarang gimana? 
Ga lama setelah insiden itu, kedua pihak saling melapor ke polisi. Pak Arteria bilang udah membawa masalah ini ke pihak kepolisian dengan melapor di Polres Bandara Soekarno-Hatta. Adapun pihak perempuan yang bersenggolan dengan ibu Pak Arteria juga udah melaporkan kejadian tersebut ke pihak polisi. Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Pol Edwin H menyebut bahwa sekarang kasusnya masih dalam proses, dan langkah selanjutnya adalah keduanya bakal dipanggil untuk dimintain klarifikasi.
 
Omg makin seru…
Nah, ada cerita yang terkait sama hal ini ni dari Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. Jadi Pak Presetio cerita kalo beliau ditelpon oleh salah seorang perwira tinggi TNI jenderal bintang satu untuk menengahi perseteruan antara istrinya dengan ibu Pak Arteria. Menurut Prasetio, yang menelponnya adalah Brigjen MZ, mantan Dandim 0501 Jakarta Pusat. MZ bilang kalo dia mau minta tolong ditengahi untuk jalur damai dengan pihak Arteria. Katanya, MZ mau minta maaf karena istrinya berseteru dengan ibu Pak Arteria.
 
Whoaaa… anything else?
Iya, terus tadi malem ni guys, pihak perempuannya yang ternyata bernama Anggiat Pasaribu menyatakan permintaan maafnya sama Pak Arteria. Doi dateng ke Polresta Bandara Soekarno Hatta, Jakarta semalam untuk mencabut laporan, dan menyampaikan permintaan maafnya secara langsung. Kata Mbaknya, doi waktu itu lagi kebelet pipis dan sakit gigi, jadi pengen buru-buru cabs.
 
What. A. Twist.

Who’s saying “you’re making a mistake”?

China to US.
 
Loh I thought they were just becoming friends again?
We thought so too, tapiii ternyata baikannya nggak berlangsung lama ni gengs, karena baru aja kemarin hubungan keduanya kembali tegang. Padahal baru meeting online, xixixixi…
 
Tegangnya kenapa?
Karena Amerika Serikat mengundang Taiwan ke acara KTT bernama “Summit for Democracy” yang bakal digelar pada 9 dan 10 Desember 2021 mendatang. Jadi pas AS nge-publish guest list-nya Selasa kemarin, ditemukan nama Taiwan di sana, dari total 110 negara yang bakal hadir.
 
Terus China betenya kenapa?
“Yha ngapain ngundang Taiwan broooo,” gitu kali ya kata Presiden Xi Jinping ke Joe Biden. Dengan mengundang Taiwan di kegiatan demokrasi tersebut, secara gak langsung  AS mengakui kedaulatan Taiwan sebagai negara demokrasi karena yang diundang yhaa negara-negara berkedaulatan dan berasas demokrasi. Padahal, China masih ngerasa Taiwan miliknya (iya, kayak mantan kamu) karena itulah mereka nggak setuju kalo Taiwan dianggap negara dan diundang-undang gitu.
 
Rumit yha sis. Give me some refresher dong. 
Aight. Jadi, tadinya Taiwan emang merupakan bagian dari China. Sebutannya ni, China yang sekarang adalah mainland, dan Taiwan disebut island yang masih merupakan bagian dari China. Nah, pada tahun 1927 sampe 1949, terjadilah civil war antara partai komunis dan partai berasaskan demokrasi. Partai demokrasi ini kemudian kalah dan para loyalis dan pemimpinnya yang terdesak kemudian cabs ke Taiwan, dan membentuk pemerintahan baru. Sejak saat itu, Taiwan mendeklarasikan diri sebagai negara yang merdeka.
 
OK…
Nah tapi China enggak setuju gengs. Menurut China, Taiwan teteup wilayahnya, dan keduanya cuma terpisah di pulau bagian bawah dari mainland aja. Karena enggak ketemu inilah, Taiwan dan China kerap tegang-tegangan. Terus, sejauh ini udah banyak banget kebijakan yang diambil China buat menegaskan kekuasaannya di Taiwan, tapi sampe sekarang Taiwan masih kekeuh ogah dianggap bagian dari China. Karena itulah, China kesel deh sama AS karena kok AS gak berpihak sama China dengan ngundang Taiwan gini? Padahal sebelumnya Biden udah menegaskan komitmennya pada kebijakan “One China Policy” yaitu cuma mengakui satu negara China aja, which is mainland China ...
 
Hmm… Anyone saying anything?
Nah, yang bilang AS making a mistake adalah juru bicara Taiwan Affairs Office China, Zhu Fenglian. Zhu bilang kalo China mengecam banget ni tindakan AS, dan minta kalo AS stick to the One China Policy. Terus, kecaman ini juga sekaligus melarang interaksi resmi apapun di antara AS dan “China’s Taiwan Region.” Nah kalo dari Taiwannya sendiri, mereka malah berterima kasih banget sama AS karena udah diundang. Kata juru bicara istana kepresidenan Taiwan Xavier Chang, undangan ini bisa jadi hal baik bagi Taiwan secara internasional.
 
Yha. Anything else?
Pada online meeting minggu lalu, Xi Jinping udah mewanti-wanti Biden supaya enggak ikut campur dalam urusan China dan Taiwan. Xi bilang bahwa kalo ikut campur, maka Biden sama aja kayak main api dan “you’ll get burned.” Terus, Biden ngeles dan bilang bahwa AS masih berpegang teguh sama “One China Policy”-nya mereka. Tapi tau gak sih gengs, sebenernya kebijakan “One China Policy” yang diberlakukan AS ini menyebutkan bahwa mereka mengakui China “mengklaim” Taiwan, tapi mereka enggak mengakui klaim tersebut. Soalnya, AS sendiri masih berpegang teguh sama kebijakan lainnya kalo mereka gak mengakui tindakan pengambilan kekuasaan yang gak sah dalam bentuk apapun. Hmmm, a loophole...

Let’s get you up to speed on: NASA’s Dart.

What’s that?
Bukan, bukan anak panah yang biasa jadi mainan itu gengs, tapi project luar angkasanya NASA yang pengen “ngebelokkin” asteroid yang diperkirakan bakal nabrak bumi.
 
Whaaaat?
Yep, pesawat ruang angkasa yang bernama Double Asteroid Redirection Test (DART) ini diluncurkan oleh roket milik SpaceX yang bernama Falcon 9 pada hari Selasa waktu setempat di Vandenberg US Space Force Base. Karena fungsinya yang “melindungi” bumi inilah, operasi ini juga disebut sebagai “defense system” pertama bumi terhadap ancaman luar angkasa. Iya, kayak Marvel’s Guardians of the Galaxy ya gengs.
 
Whoaaa, tell me more!
Well, jadi cara kerja dari peluncuran pesawat ini adalah dengan ngebelokin atau redirect asteroid yang mengarah ke bumi dan mau menabrak planet kita. Yha karena kalo kena *amit-amit* kehidupan yang ada juga bakal terdampak kan gengs. Jadi yha DART ini bakal ditabrakkan ke asteroid supaya asteroidnya berubah haluan, enggak ke bumi.
 
Iz ‘tiz reall? Not in the movie?
Real 100%. Jadi sebenernya, pesawat yang diluncurin pake Falcon 9 ini cuma bakal nabrak asteroid kecil ajakok,  di wilayah bulan purnama Dimorphos. Kalo misalkan tes ini berjalan sesuai rencana, maka ada harapan kalo asteroid yang nantinya bakal bertabrakan sama bumi bisa dicegah dengan teknologi DART ini.
 
Exactly what I thought.
Nah terus juga, asteroid yang nantinya bakal ditabrakin sama DART ini katanya bukan merupakan ancaman kok buat bumi. Cuma dipilih untuk tes-tes awal aja makanya dicari yang gak threatening. Nah, tes ini dilakukan untuk ngeliat: bisa enggak ya asteroid “dibelokin” dari tujuan awalnya dengan gaya kinetik aka tabrakan dengan objek lain. Kalo bisa, harapannya bisa disesuaikan deh sama ancaman yang bakal menimpa bumi.
 
Cool. Anything else?
Inget kan guys kalo 66 juta tahun lalu, bumi dihujani oleh asteroid super besar yang bernama Chicxulub dan kemudian berujung ke punahnya dinosaurus? Hal ini lah yang coba dicegah sama NASA dengan bikin tes ini. Tapi kalo katanya para ilmuwan, justru asteroid-asteroid ini secara teori lebih membahayakan karena jumlahnya lebih banyak daripada asteroid sebesar Chicxulub.

Who just created history?

Sweden with its first female prime minister.
 
Yep, kemaren banget ni Parlemen Swedia meresmikan Perdana Menteri perempuan pertama di negara tersebut, Magdalena Andersson. Andersson sebelumnya menjabat sebagai Menteri Keuangan yang akhirnya kemaren dilantik sama parlemen sebagai PM. Posisi ini diraihnya untuk menggantikan perdana menteri sebelumnya Stefan Lofven yang pensiun di tahun ini.
 
FYI guys, jadi dari 349 anggota parlemen, Andersson mendapat dukungan dari 117 anggota, sedangkan 174 lainnya menolak pencalonannya. Meski begitu, konstitusi Swedia mengatur bahwa Perdana Menteri bisa diresmikan kalo gak ditolak sama 175 anggota parlemen, which was close for Andersson. Setelah diresmikan, Andersson kemudian menyampaikan pidatonya yang menyebut bahwa dia berharap pencapaiannya ini bisa memotivasi anak-anak perempuan di Swedia buat gak takut berambisi.
 
Terpilihnya Andersson sebagai Perdana Menteri perempuan pertama di Swedia ini dianggap sebagai suatu yang odd, karena selama ini Swedia dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat emansipasi perempuan tertinggi, tapi kok baru sekarang punya PM cewek? Ehehehee.

“Jangan karena Lawan Teman, lalu Ada Rasa Tak Enak…”

Gitu guys, kata pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie pas ngomentarin soal pertandingan yang akan dihadapinya pada 16 Besar Indonesia Open mendatang. Jonatan nantinya akan berhadapan sama rekan senegara Chico Aura Dwi Wardoyo, dan doi bilang bahwa dia dan Chico udah saling mengenal kelebihan serta kekurangan masing-masing.  Meski begitu, Jonatan menegaskan bahwa doi bakal tetep menerapkan strategi yang pas supaya kemungkinan menangnya lebih banyak.

 
Now thinking: Your friends yang tukang ngutang…

Announcement


Thanks to Rama for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

End of year meaning… banyak promo! Jadi kalo kamu pengen checkout barang-barang yang kamu impikan sejak lama, sekarang nih, waktunya! Tapiii biar kantongmu nggak langsung cekak, checkoutnya pake BRI CERIA aja! Mudah, bunga rendah!

Angel’s Stories

1. Pagi itu gue naik motor mau beli bubur. Gerimis, jadi makin sendu karna emang lagi banyak pikiran. Ampe akhirnya gue baca tulisan di belakang bus gitu. Seketika itu juga gue senyum hampir ketawa wkwk, mau ketawa keras malu karena di jalan, nanti dikira gue aneh lagi kan. Kadang hal kecil bisa bikin mood kita naik yak. Sederhana tapi bermakna buat gue yang udah beberapa kali nangis karena ngerasa ga ada lagi tempat yang bisa gue anggap ‘rumah’. Thanks buat yang bikin tulisan lucu-lucu di belakang bus atau truk, such a special thing for me. :))
-#udahmoveon-
 
2. November 24 aku mau cerita sedikit tentang akhir akhir ini yang aku pikirin. Salah satunya soal uang PSG aku atau praktek kerja itu (aku anak SMK yaa). Tiap bulan nya itu semua jurusan diwajibkan bayar komite kayak SPP gitu. Nah abis gitu kemarin Senin temen aku tanya ke wali kelas soal uang PSG apa harus bayar lagi. Dan ternyata iya, walas ku bilang uang komite itu uang SPP. Seketika itu aku sama temen sekelas berasa mau demo, kan sekarang spp udah gaada. Aku yang takut ortu gaada uang dan harus pinjem, selalu mikirin itu. Pada akhirnya aku serahin aja semua sama Allah. Ternyata tadi, hari Rabu ini ayah temen aku dateng ke sekolah buat menanyakan lebih lanjut. Bersyukur banget bangett kalau informasi dari walas ku itu salah, ternyata uang komite itu untuk PSG dan emang gaperlu bayar lagi. Terima kasih banyak buat ayah nya temen akuu udah mau dateng ke sekolah, dan tentu nya sama Allah. Ternyata aku gausa ragu buat serahin semua ke Allah. Bener-bener ada kejutan di balik kekhawatiran aku. Last but not the least, patience and time will treat you right, I promise. stay safe love. I’m sending a big hug your way ♡♡
-Astronaucty-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)