Tagar #Percumalaporpolisi Masih Ramai, Jenderal Polisi Angkat Bicara, Kasus Covid-19 di Indonesia Menunjukan Tren Positif, Kim seon-Ho Terseret Kasus Pemaksaan Aborsi, Berry Asli Indonesia : Kerben Berry

155

Hi there

Good morning. Hope you had a restful day yesterday and are now ready to catch up! with some news from yesterday. Yep, we’ll be talking about the police, the new rules of PPKM, Kim Seun Ho, and some of our favorite jam that we want you to try, too. Let’s catch up! 


When all the spotlights are on….

Kepolisian Indonesia.
Jadi gengs, kalian pasti udah ngikutin banget bahwa belakangan ini tu perhatian masyarakat lagi tinggi-tingginya terfokus ke kinerja kepolisian Indonesia yaaaang….sesuatu. Sampe sekarang, hashtag #Percumalaporpolisi masih rame di berbagai macam media sosial kayak Twitter, Instagram, sampe TikTok. Karena ulah para jajarannya ini, orang nomor satu di kepolisian Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akhirnya angkat bicara.
 
Bilang apa doi?
Well, dalam meetingnya pada hari Selasa kemaren sama Komisi III DPR RI, Pak Sigit bilang bahwa maraknya pelanggaran aturan yang dilakukan sama anggota polisi ini perlu tindakan tegas dan gak pake lama. Beliau juga menginstruksikan pada jajarannya supaya polisi-polisi yang melanggar ini segera dicopot, diberhentikan secara tidak terhormat, atau diproses pidana. Terus yha Pak Sigit juga meminta supaya para Kasatwil (Kepala Satuan Wilayah) kepolisian jangan ragu dalam mengambil tindakan tegas tadi. Kalo ragu ya w aja yang ambil alih. Gitu katanya gengs.
 
Clap clap clap… Tapi emang pelanggarannya ada apa aja sih?
Kamu pasti masih inget ni soal dugaan kasus pemerkosaan tiga anak di Luwu Timur yang dilakukan oleh ayah kandungnya sendiri, dan polisi memberhentikan pemeriksaan terhadap kasus tersebut. And not to mention kasus smackdown polisi terhadap mahasiswa yang lagi melakukan aksi protes di Tangerang.
 
Yea I am familiar with those ones.😡 Anything else?
Selain dua kejadian itu, baru-baru ini ada lagi ni gengs polisi yang diringkus pas lagi pesta narkoba di Mojokerto, Jawa Timur. Hal ini dikonfirmasi sama Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko hari Selasa kemaren. Saat ini, tersangka tengah menjalani proses pemeriksaan di Polda Jawa Timur, dan menurut Pak kombes, sesuai arahan Kapolri, kemungkinan tersangka bakal ditindak pidana dan diberhentikan secara tidak terhormat.
 
Geez
Masih ada lagi guys. Yaitu polisi yang bertugas di Polda Aceh yang diduga memeras pengusaha toko emas yang bernama Sunardi yang bermasalah saat melakukan penyelidikan dalam kasus perdagangan emas murni yang gak sesuai kadarnya. Sunardi disebut diperas dengan dimintai uang senilai Rp200 juta rupiah. Dugaan pemerasan itu disampaikan sama kuasa hukum Sunardi yaitu Razman Arif, hari Selasa kemaren juga.
 
Hadeh… I also heard about polisi periksa hape masyarakat sembarangan?
Oh yea that too. Adalah Aipda Monang Parlindungan Ambarita yang diduga melakukan pelanggaran prosedur saat menggeledah hape seorang warga tanpa adanya surat periksa dan bukti yang cukup kuat buat mendukung tindakan tersebut. Aksi dari polisi yang terkenal karena banyak followers di media sosial ini ditayangkan oleh salah satu program tv swasta. Potongan video tersebut viral di media sosial di mana netijen banyak mengkritik tindakan Ambarita. Saat ini, doi lagi diperiksa sama Propam Polri dan udah dimutasi ke bagian Humas Polda Metro Jaya karena, wait for itfollowers-nya banyak.
 
This couldn’t get any worse, rite?
Unfortunatelyit can. Ini juga yang lagi rame belakangan ini, di mana Kapolsek Parigi Moutong di Sulawesi Tengah yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap salah satu anak dari tersangka pencuri ternak. Jadi, Kapolsek tersebut bilang ke anak tersangka bahwa kalo mau ayahnya yang terlibat kasus pencurian ternak tadi bebas, maka anak itu harus mau melakukan hubungan badan sama dia. Setelah dilakukan, ayahnya gak kunjung dibebaskan. Terkait kejadian ini, Propam Polda Sulteng udah melakukan pemeriksaan dan ybs kini udah dimutasi ke Polda Sulteng, dalam rangka pemeriksaan.
 
OMG…
Yep, terkait ramainya berbagai insiden ini, selain arahannya Pak Sigit tadi,  Propam (Profesi dan Pengamanan) Polri yang bertugas untuk membina profesi dan pengamanan internal kepolisian juga udah menyambangi Komnas HAM Selasa lalu. Adapun kunjungan ini dilakukan untuk ngasih penjelasan sekaligus menjalin kerja sama dalam bentuk pengawasan eksternal terhadap para anggota kepolisian. Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo bilang kalo kerja sama ini diharapkan bisa menjadi bukti komitmen Polri untuk memperbaiki diri.
 
Amin deh. Anything else?
Balik lagi ke Pak Sigit, doi kembali mengingatkan ke para anggotanya supaya jangan anti-kritik. Kritik yang disampaikan sama masyarakat diharapkan bisa jadi bahan evaluasi buat meningkatkan kinerja kepolisian, dan semoga kejadian-kejadian pelanggaran polisi ini gak bikin kepercayaan masyarakat menurun. Nah terus ni gengs, buat kamu yang jago bikin mural, ikutan deh lomba mural piala Kapolri 2021 yang total hadiahnya mencapai Rp90 juta. Nah kata Pak Sigit, warga boleh kok ikutan lomba dan ngirimin mural yang berisi kritikan kepada kepolisian sebagai bentuk masukan. FYI gengs, lomba ini diumumkan setelah beberapa waktu sebelumnya rame ugha nih, penghapusan mural bernuansa kritik terhadap rezim hingga perburuan para pembuatnya oleh aparat.

Let’s get you up to speed on: PPKM update.

Update me.

Jadi, belakangan ini emang kasus covid-19 di Indonesia lagi nujukin tren positif ni gengs, alias mulai berkurang sedikit demi sedikit. Hal ini tentunya juga bisa diliat dari Indonesia yang jadi negara nomor satu di ASEAN dalam hal pemulihan dari covid beberapa waktu lalu. Salah satu indikator lainnya juga adalah penurunan level PPKM di berbagai daerah, yang baru aja diumumin kemaren barengan sama pengumuman perpanjangan PPKM Jawa Bali. PPKM kali ini bakal berlaku dari tanggal 19 Oktober sampe 1 November 2021 mendatang.

Rite, what’s new?
Jadi, sekarang pembelajaran tatap muka (PTM) udah bisa dilakukan secara terbatas, dan enggak cuma online aja. PTM terbatas ini maksimal kapasitas 50% satu kelas, kecuali untuk SLB dan PAUD yang maksimal 5 murid satu kelas. FYI di DKI Jakarta sendiri, saat ini udah ada 6.623 sekolah yang menggelar PTM, dan dengan turun ke PPKM level 2, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah bilang kalo Disdik nargetin bakal nambah seribu sekolah lagi buat PTM.

Go on.
Selain PTM, ada beberapa penyesuaian aturan juga guys. Misalnya untuk supermarkethypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasionalnya sampe jam 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 75 persen. Terus, apotek dan toko obat dapat buka 24 jam. Mall sendiri juga sampe jam 21.00 dan kapasitas 50%

Got it.
Selanjutnya, restoran atau kafe dengan jam operasional dimulai dari malam hari sekarang juga bisa beroperasi dari jam 18.00 sampe 00.00. Para pengunjungnya cuma boleh dine-in 60 menit dan kapasitasnya 50% pengunjung. Baik pengunjung dan pegawai wajib melakukan screening pake PeduliLindungi and of course menerapkan prokes.

What about bioskop?
Nah, kalo soal bioskop ni sekarang udah mulai beroperasi dengan kapasitas 70% dan anak di bawah 12 tahun boleh masuk dengan wajib didampingi orang tua. Gak cuma itu, sekarang di DKI Jakarta juga udah boleh menggelar resepsi pernikahan gengs. Syaratnya adalah kapasitas venue 50% pengunjung, dan tentunya dilakukan screening pake PeduliLindungi. Tapi teteup belom boleh sedia hidangan prasmanan gengs.

Right. I heard sekarang naik pesawat udah gak boleh pake antigen lagi?
Iya guys. Buat kamu-kamu ni yang berencana berpergian pake pesawat, sekarang hasil tes antigen udah gak berlaku lagi. Para penumpang pesawat diwajibkan menyediakan hasil tes PCR h-2 keberangkatan. Tapi kalo kamu cuma naik kendaraan pribadi ke luar daerah, kamu cuma diwajibin antigen h-1 aja.

I see. What about vaccination?
Presiden RI Joko Widodo kemaren bilang bahwa pemerintah udah menargetkan supaya di akhir tahun nanti, udah ada 270 juta dosis vaksin covid-19 yang disalurkan ke masyarakat. Menurut pak pres, per kemaren baru ada 171 juta dosis aja yang udah disuntikin ke masyarakat. FYI, target vaksinasi covid-19 adalah 208,26 juta penduduk yang fully vaccinated. Dengan dua dosis suntikan, dibutuhkan 416,52 juta dosis. Jumlah ini belum termasuk suntikan booster untuk para tenaga kesehatan.

Got it. Anything else?
As mentioned previously, DKI Jakarta udah turun ke PPKM level 2, bersama dengan kota satelitnya yaitu Kota Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Terus sejauh ini, udah ada beberapa daerah di Jawa Bali yang turun ke PPKM Level 1 loh, yaitu di Jawa Barat ada Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar, terus di Jawa Tengah ada Kota Tegal dan Kota Semarang, dan wilayah dari provinsi lainnya. Terus karena sekarang anak di bawah 12 tahun udah bisa masuk tempat wisata, TMII kemaren mencatat kenaikan jumlah pengunjung, yakni per jam 12 siang udah datang sekitar 2.000 pengunjung. Diperkirakan jumlah ini akan semakin meningkat seiring dengan makin banyaknya tempat wisata yang kembali buka.


When you’ve been seeing “Hometown Cha-Cha-Cha” on your timeline too many times…

And not just because the series recently ended.
 
Here’s why.
Jadi, pemeran utamanya yaitu Kim seon-Ho aka Hong du-Shik lagi terseret kasus pemaksaan aborsi terhadap mantan pacarnya. Gak cuma itu, Seon-ho juga diketahui abusive sama mantan pacarnya dengan sering nge-gaslight, alias memanipulasi pikiran seseorang into thinking they’re the one who is wrong.
 
OMG, give me the deets.
On it. Gak lama setelah episode terakhir season pertama dari series ini tayang hari Minggu kemaren, seorang perempuan berinisial A mengungkap pemaksaan aborsi yang dilakukan aktor berusia 35 tahun itu terhadapnya. A menceritakan kisah yang dialaminya di sebuah situs anonim dan menyamarkan Seon-ho dengan nyebut Actor K“. Nah terus, seorang reporter yang sekarang jadi YouTuber Lee Jin-ho bilang di videonya kalo itu tuh Seon-ho, meskipun gak menyertakan bukti apa-apa.
 
Tell me more about the story.
A bilang kalo dia dan Actor K mulai pacaran di awal tahun 2020 dan putus empat bulan yang lalu. Pada Bulan Juli 2020, A hamil dan bilang ke pacarnya, eh tapi sama pacarnya malah disuruh aborsi karena kalo dia punya anak sekarang, dia harus bayar denda ke agensinya sebesar 900 juta won. Turns out, gak ada aturan untuk bayar denda itu. Terus akhirnya karena dijanjiin bakal nikah juga, A bersedia buat ngejalanin aborsi, itupun setelah beban psikologis yang harus dia lalui karena dipaksa aborsi sebelumnya.
 
🙁
Akhirnya, Actor K mutusin A over the phone karena gak mau membahayakan karirnya saat ini yang emang lagi bersinar banget setelah main di berbagai series sebagai pemeran utama. A memutuskan untuk nge-share ceritanya kemaren dalam bentuk anonim karena takut dengan tindakan hukum yang bakal ditempuh sama mantannya.
 
I heard Seon-ho confirmed the story?
Yep, kemaren banget gengs. Pernyataan doi yang di-publish sama manajemennya bilang kalo doi minta maaf sama semua orang yang udah dia bikin kecewa dengan adanya kasus ini. Doi membenarkan cerita A tersebut dan bilang kalo doi udah nyakitin A. Agensi Seon-ho Salt Entertainment juga bilang kalo mereka minta maaf karena gak ngerespon kasus ini lebih cepet lagi dan mereka masih dalam tahap investigasi dari cerita anonim tersebut.
 
Hhhh. Anything else?
Dengan adanya kejadian ini, banyak dampak ke karir Seon-ho gengs. Mulai dari konferensi pers series Hometown Cha-Cha-Cha yang harusnya kemaren jadi diundur sampe entah kapan. Terus, Seon-ho yang sebelumnya jadi pemain di drama 2 Days & 1 Night juga cabut dari season keempat series tersebut karena adanya kontroversi ini.

When you want to spice up your breakfast menu…

Try berry kerben jam.

Yes, calling aaaaallll berry lovers, karena kali ini kita mau ngenalin kamu sama: Kerben berry. Jadi kalo selama ini kamu taunya keluarga buah berry itu adalah strawberry, blueberry, cranberry, maka kamu perlu tahu banget nih guys bahwa kita juga punya berry asli Indonesia, namanya kerben berry. Kayak jenis berry lainnya, buah kerben ini juga kecil, manis seger, dan warna merahnya menyegarkan mata. Biasanya, jenis berry ini ditemukan di Desa Suko Pangkat, Jambi. Buah ini tumbuh subur banget di sana, terutama di ladang penduduk. Terus, kerben berry ini juga merupakan hidden gem, karena emang banyak yang belum tau. Tapi tenang guys, kerben berry ini gak langka kok cuma yha susah aja ditemuin, kayak jodoh kamu hihihi. Nah, lebih jauh soal kerben berry, menurut Koordinator Divisi Komunikasi Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi Sukmareni, ladang penduduk di Suko Pangkat sebagian besar emang berada di kawasan hutan, sehingga masyarakat jadi bisa mengelola hutan di sana sekaligus mempertahankan kearifan lokal mereka, termasuk dalam menanam buah kerben ini.
 
Kerben berry sendiri merupakan buah hybrid antara strawberry dan raspberry. Hal ini karena bentuknya yang kayak stroberi, tapi warnanya merah terang mirip raspberry. Menurut Sukmareni, teksturnya lebih lembut daripada stroberi dan ukurannya juga lebih kecil. Kerben yang sudah matang sempurna dengan warna merah menyala rasanya manis dengan sedikit asam. Terus, ada bagian lembut berwarna putih di bagian tengah buah. Kebayang gak sih enaknya kayak apa? Hal inilah yang bikin berry kerben sering dijadiin selai sama masyarakat di Suko Pangkat dan jadi sumber ekonomi alternatif di sana. Nah, kalo kamu tertarik nyobain dan pengen bantu perekonomian lokal di Suko Pangkat, kamu bisa kepoin langsung nih soal selainya di sini dan siap-siap hijrah guys dari jenis berry-berry lainnya. Jangan lupa ajak temen-temen kamu nyobain juga yha!

“Ye”

Adalah nama barunya rapper Kanye West yang udah resmi ganti setelah permintaan ganti namanya di-approve sama pengadilan di Los Angeles awal minggu ini. Iya guys, namanya “Ye” aja, gapake nama depan, nama tengah, maupun nama belakang. Adapun permintaan ganti nama ini didaftarkan sama Ye pada 24 Agustus lalu dengan alasan personal.
 
Name us a shorter name than Ye. We’ll wait. 

Announcement


Thanks to Bubu❤ for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Repeat after us: You will not do these bad habits that could wreck your body.

Angel’s Stories

1. Sekarang aku bersyukur banget karena udah mau ngerubah diriku sedikit demi sedikit, terutama dalam hal “berbagi cerita.” Dulu, entah kenapa rasanya enggan sekali untuk berbagi cerita even ke temen deket atau keluarga. Ended up, I’m always feeling lonely and feeling nobody could understand me.   Ujung-ujungnya pelarian ku adalah dengan main dating app or anonymous chatting app karena aku ngerasa lebih leluasa cerita dengan mereka. Tapi, baru-baru ini aku menyadari sebenarnya orang-orang terdekatku itu selalu sayang and peduli sama aku, cuman akunya aja yang kurang bersyukur and always feeling not worthy enough to deserve all the love that I got.   Sekarang aku udah ga takut lagi kalo mau curhat. Setidaknya lewat bercerita itu I feel heard and seen. Now I know that I’m worthy and more than enough. Bagi kalian yang mungkin aja pernah ngerasain hal yang sama kayak aku, aku berharap kalian juga mau mulai terbuka dengan orang-orang terdekat kalian daripada hanya cari pelarian dgn ngobrol ama strangers yang kita aja blm tau baik buruknya mreka kayak gimana 🙂
-Anonymous-
 
2. Kemarin gue beraniin diri keluar rumah karena udah suntuk banget. Gue sama keluarga gue pergi ke mall karena ada yang mau dicari. Ini pertama kalinya setelah sekian lama (dari sebelum pandemi kayaknya) gue dan keluarga gue bareng-bareng ke mall. Setelah udah cari keperluan gue dan abis itu cari keperluan adek gue, gue jalan-jalan sendiri karena di storenya rame banget. Gue tuh suka banget ‘me time’ jalan-jalan sendiri tapi karena pandemi jadi bener-bener belum pernah jalan-jalan sendiri lagi. Yaudah gue manfaatkan waktu nunggu gue itu dengan muter-muter, pengen jajan apa yaa. Akhirnya gue beli bobba buat gue dan keluarga gue di salah satu gerai. Pas itu lagi rame banget guys cuma gue tetep ngantri karena adek gue kayaknya masih lama. Pas udah di kasir, I had a little chat with the cashier! Hihi gue seneng banget kalo ngobrol basa-basi sama orang baru. Gue cuma iseng nanya, “Wih mas udah rame ya sekarang?” trus dijawab dengan ramah dan beberapa dialog lainnya dan diakhiri dengan kata, “Semangat ya, mas!” Hehe rasanya seneng banget bisa ngobrol sama orang baru padahal cuma sebentar. Entah kenapa kalo jalan-jalan sendiri gini bikin naikin self-esteem apalagi akhir-akhir ini gue merasa lagi kurang pede:”) hehe semoga cepet pulih yaa biar kita bisa jalan-jalan dengan bebas. Siapa tau gue dan lo bisa ketemu di luar nanti dari basa-basi 🙂
-Sheef-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)