Pulau Bali Kembali Menerima Turis dari 18 Negara

15

Who’s finally opening its border?

Island of Gods, Bali.
Yep, kabar gembira untuk kita semua, Pulau Bali, kini kembali menerima turis dari 18 negara *jangan nyanyi ekstrak manggis plz plzzzz*.
 
Min, ah -___-
HEHEHE jadi gini guys, mulai 14 Oktober nanti, Indonesia akhirnya udah bisa dikunjungi oleh turis dari 18 negara. Hal ini baru aja disampaikan sama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di evaluasi mingguan PPKM kemaren.
 
Whoah, negara mana aja tu?
Belom dirinciin sih gengs negara mana aja, tapi yang pasti aturan baru ini adalah perluasan dari aturan sebelumnya yang cuma ngasih masuk lima negara aja yaitu Korea Selatan, Jepang, Uni Emirate Arab, dan Selandia Baru. Nantinya wisatawan dari negara-negara ini udah bisa ke Bali lewat penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.
 
Hmmm, ada syarat khusus gak?
Ada dong. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno bilang di kesempatan yang sama kalo para wisatawan mancanegara yang mau masuk ke Indonesia harus memenuhi beberapa persyaratan. Mulai dari dapet visa kunjungan singkat atau izin masuk lainnya sesuai ketentuan yang berlaku, hasil negatif Covid-19 dengan tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan, hingga wajib memiliki bukti vaksinasi lengkap dengan dosis kedua.
 
Terus ada lagi gak?
Masih ada. Turis harus berasal dari negara dengan kategori low-risk dan punya asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal 100.000 dollar Amerika yang nge-cover covid juga gengs. Selanjutnya, wajib ngisi e-HAC di PeduliLindungi dan harus karantina dulu. Lamanya karantina juga direncanakan lima hari, tapi masih dalam proses pembicaraan.
 
I heard Kepulauan Riau juga boleh didatengin selain Bali?
Yoi, nyusul Bali yang minggu lalu diumumin kalo bakal nerima wisatawan mancanegara, Kepulauan Riau juga bakalan boleh ni gengs. Kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, rencana ini juga bakal berlaku di tanggal 14 Oktober 2021 nanti, sama kayak Bali.
 
I see. Anything else?
Despite Kepri deketan sama Singapura, tapi negara ini gak bakal termasuk dalam 18 negara yang diijinin pemerintah Indonesia buat masuk ke sini. Kalo kata Opung Luhut ni, hal ini karena kondisi pandemi covid di Singapura belom turun ke level satu atau dua sesuai arahan dari WHO.