Pernikahan Kerajaan Jepang

98

Now let’s talk about… Japanese Royal Wedding.

Everybody, meet: Princess Mako.
 
Putri dari kekaisaran Jepang yang yang hari ini bakal melepaskan titel kerajaannya buat menikahi rakyat biasa. Jadi Princess Mako ini merupakan anak perempuan pertama dari Putra Mahkota Prince Akishino dan Putri Mahkota Princess Kiko asal Kekaisaran Akasaka. Mako bakal menikahi pacarnya selama delapan tahun, Kei Komuro, di mana keduanya udah mempublikasikan pertunangannya sejak 2017 lalu. Nah terkait pernikahannya ini, Princess Mako jadi harus melepas titel princess-nya ni guys, karena menurut hukum Jepang, anggota perempuan keluarga kekaisaran gak boleh menikah dengan rakyat biasa. Kalo mau nikah ya lepasin tahta dan gak bakal dapet benefit apa-apa lagi dari kekaisaran alias udah sama aja kayak rakyat biasa.
 
FYI, Mako dan Komuro ini university sweethearts gengs. Mereka ketemu pas sama-sama sekolah di International Christian University Tokyo tahun 2012 lalu. Komuro kini kerja di sebuah law firm di New York, dan rencananya sih, abis nikah keduanya bakal tinggal di Amerika Serikat. Nah, meski udah lama pacaran, namun rencana pernikahan mereka terus ketunda-tunda karena banyaknya kontroversi media Jepang atas hubungan keduanya. Hal ini karena banyak pihak yang beranggapan bahwa Komuro sebagai commoner gak worthy buat tuan putri Mako.
 
Tapi akhirnya setelah penantian panjang, keduanya bakal resmi menikah hari ini. Hari Sabtu kemaren, Mako baru aja ulang tahun yang ke-30, dan ulang tahun tersebut merupakan ulang tahun terakhir Mako menjadi anggota kekaisaran.
 
*Manifesting nikah sama anggota kerajaan juga, aamiin*