Pembukaan PON XX Resmi Digelar di Papua

17

Let’s get you up to speed on: Pembukaan PON XX

Yoi gengs, Hari Sabtu malem kemaren banget ni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX resmi digelar di Papua. Pembukaannya digelar secara megah di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.
 
Tell me more.
OK. Adapun pembukaan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang turun ke lapangan buat main bola passing atau mengumpan bola dengan empat pemain lainnya. Selanjutnya, penyalaan api PON dilakukan oleh pesepakbola kebanggaan Papua, Boaz Solossa yang hadir dengan membawa obor api yang diambil dari sumber alamiah yang berasal dari perut bumi, dan biasa dikenal dengan sebutan “Api Abadi”. Gak lama setelahnya, berkumandang deh lagu tema PON Papua tahun ini yang berjudul “Torang Bisa” dan dinyanyikan oleh artis lokal Vin Barbarlimbang. Gak cuma itu gengs, kemeriahan pembukaan acara olahraga empat tahunan ini ditambah dengan penampilan artis lainnya kayak Tulus, Ruth Sahanaya, dan penyanyi asal Papua Nowela dan Edo Kondologit.
 
Whoaaa… Dari kapan sampe kapan sih acaranya?
Nah, untuk event ini sendiri, jadwalnya bakal berlangsung dari sejak dibuka pada tanggal 2 Oktober kemaren sampe 15 Oktober 2021. Adapun tempat digelarnya ada di empat klaster wilayah ni gengs, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.
 
I heard this is the first time PON is held in Papua?
Yep, betul banget. Menurut Ketua Umum KONI Marciano Nurman, PON Papua ini diikuti oleh kontingen dari 34 provinsi Indonesia. Jumlah atletnya ada 6.116 kontingen dari luar daerah dan 923 kontingen dari Papua. PON kali ini juga akan mempertandingkan 37 cabang olahraga terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan, dan memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu. Wuih rame ya gengs.
 
I see.
Terus, kalo kata Menko Polhukam Mahfud MD, pembukaan kemaren dinilai sukses banget, terbukti dari banyaknya ucapan selamat yang diterima pemerintah. Gubernur Papua Lukas Enembe juga bilang kalo penyelenggaraan PON ini merupakan komitmen kebanggaan rakyat Papua menjadi bagian NKRI ni guys.
 
Hmmm, but what about covid tho…?
Nah, ini yang sempet jadi tantangan juga ni gengs. Jadi, harusnya kan PON digelar tahun 2020 kemaren, tapi karena waktu itu kasus covid masih tinggi-tingginya, jadinya ditunda ke tahun ini. Terus, kemaren banget, dua atlet Judo dari Kalimantan Timur yang udah selesai bertanding resmi positif covid-19. Akibat hal ini, mereka jadi menunda kepulangannya dan kini tengah dirawat di rumah sakit Mimika.
 
OMG, terus?
Tapi dari sebelumnya, pemerintah dan Satgas Covid-19 juga udah bilang kalo mereka akan menerapkan prokes seketat mungkin. Kayak pembukaan PON kemaren cuma boleh dihadiri sama 25% kapasitas Stadion Lukas Enembe yaitu sekitar 10ribu penonton. Terus, dari situs satgas juga dijelasin kalo vaksinasi di Papua udah mencapai 60%, sehingga udah aman buat diselenggarakan PON di sana.
 
Hmmm. Anything else?
Per kemaren pagi, klasemen sementara menempatkan kontigen ibu kota DKI Jakarta di peringkat pertama dalam peralihan medali. DKI udah meraih 63 medali yang terdiri dari 28 emas, 15 perak, dan 20 perunggu. Setelah DKI, ada tuan rumah Papua ni yang menyusul di posisi kedua dengan perolehan 17 emas, 5 perak, dan 13 perunggu. Hmmm menarik ya gengs, yuk kita simak perkembangan selanjutnya.