Kerusakan Kognitif Bisa Bertahan di Pasien Covid Setelah Sembuh

104

What stays longer than it should?

Brain fog in covid-19’s patients.
 
Yoi gengs, not so good news buat siapa aja yang pernah atau tengah menderita covid, karena baru aja ni ditemukan bahwa kerusakan kognitif atau yang biasa disebut brain fog ternyata bisa bertahan di pasien covid sampe berbulan-bulan setelah pasiennya sembuh. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh JAMA Network Open hari Jumat minggu lalu menunjukkan kalau satu dari empat pasien covid di Mount Sinai Health System mengalami masalah terhadap daya ingatnya. Terus, kondisi ini ditemukan bahkan di pasien yang nggak sampe masuk rumah sakit gengs, aka yang isoman doang.
 
Adapun kerusakan fungsi otak yang terjadi juga macem-macem, bisa berupa penurunan fungsi eksekusi, kecepatan memproses informasi, ingatan memori, dan lain-lain. Pola ini sesuai dengan gejala-gejala post-covid yang dulu pernah ditemukan juga dan akibatnya berdampak ke fisik dan psikis pasien juga, meskipun udah berbulan-bulan sembuh dari covid. Kondisi ini dikenal sebagai post-covid conditions.
 
Tapiii, para peneliti memberi catatan nih, kalo bisa aja ada kemungkinan penelitiannya bias dan ini cuma berlaku buat pasien covid di Mount Sinai aja. Harapannya sih dari riset ini kemudian bakal diadakan riset-riset lanjutan lainnya yang meneliti tentang hubungan treatment yang didapatkan pasien covid dengan efek samping setelah sembuh hingga berbulan-bulan.