Indonesia Ranking Pertama Dalam Pemulihan & Penanggulangan Covid-19 di Asia Tenggara

9

When it’s finally a good news about covid in Indonesia..

Apa tu good news-nya?
Jadi weekend kemarin, Indonesia baru aja meraih ranking pertama dalam hal pemulihan dan penanggulangan covid-19 di Asia Tenggara. Adapun ranking ini didapatkan oleh Indonesia menurut penilaian dari situs media asal Jepang Nikkei Asia di bagian Nikkei Recovery Index.
 
Cool!
Yep, dengan begitu sekarang Indonesia menempati urutan ke-54 di dunia dalam segi pemulihan covid-19. Di ASEAN sendiri, Indonesia diikuti oleh Singapura di urutan kedua, terus Kamboja, Malaysia, Myanmar, dan Thailand di posisi tiga sampe lima. Indonesia kini berada di posisi 54 dunia bersama dengan Yordania, Meksiko, dan Korea Selatan dengan skor yang sama yakni 54,5.
 
Nice…
Yoi. Banyak pihak yang menilai bahwa peningkatan ini signifikan banget guys, secara dari 121 negara yang masuk indeks Nikkei, bulan Juli lalu Indonesia masih ada di peringkat 92Meanwhile, Tiga negara ASEAN lainnya yakni Filipina, Laos, dan Vietnam justru menempati 4 terbawah dalam daftar ini.
 
I see… Apa aja tuh variabel yang diliat?
Ada banyak variabel yang diliat dalam indeks ini gengs. Mulai dari manajemen penularan, peluncuran vaksin, dan mobilitas sosial. Semakin tinggi angkanya, semakin dekat suatu negara atau wilayah ke pemulihan dari pandemi. Adapun cara menentukan rankingnya tadi adalah dengan menganalisis beberapa faktor, yakni: angka infeksi yang rendah, tingkat vaksinasi yang lebih tinggi dan/atau langkah-langkah pembatasan sosial. Misal ni, kalo Indonesia udah semakin tinggi skornya, PPKM bisa semakin diperlonggar gengs.
 
YEAY! Anyone saying anything?
Yoi, ada Menteri Koordinator Bidang Perkonomian Airlangga Hartarto yang juga bertindak sebagai Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Doi bilang di evaluasi mingguan PPKM hari Senin 11 Oktober 2021 kemaren kalo per satu juta penduduk Indonesia, ada 4,6 kasus secara nasional, dan ini termasuk yang terbaik di ASEAN. Sebagai perbandingan, Pak Menko juga menjelaskan bahwa indeks kesembuhan negara ASEAN lain yakni Singapura berada pada peringkat 70, Malaysia 102, dan Thailand 109.
 
Great.
Selain itu, ada Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi yang bilang kalo ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam upaya menurunkan angka infeksi virus corona di Indonesia. Yang pertama adalah adanya upaya percepatan vaksinasi nasional buat masyarakat Indonesia. Terus, ada juga faktor pembatasan sosial dan kegiatan masyarakat yang terus digalakkan oleh pemerintah.
 
Got it. Anything else?
In case you’re wondering, peringkat pertama di dunia dalam pemulihan covid-19 dipegang oleh Malta. Negara kecil yang terletak di wilayah Mediterania, Eropa ini dapet skor 73 gengs. Malta sendiri berhasil menggeser China dalam indeks ini, di mana sekarang China turun ke posisi sembilan secara global.