Heboh Pandora Papers Skandal Pajak Dunia, Kandungan Paracetamol di Dua Wilayah Perairan Jakarta, Bandara Ngurah Rai Kembali Buka Untuk Turis Asing, Korea Utara & Selatan Berkomunikasi Kembali

31

Good morning

Hey, you. Thinking that your Tuesday will be boring? It won’t. Because today we’ll talk about living fancy. Yep, from yacht, to mansion, to $$$ of the super duper, mega-rich (everything but you, lol :p). Now, grab your coffee, put Iggy Iggs’s “Fancy” song on the background and let’s catch up! 


Now, let’s spill the tea: On Pandora papers.

Oh yea, been hearing a lot about that. Apaan sih tu?
Jadi guys, dunia internasional lagi heboh banget nih belakangan ini. Penyebabnya? Pandora Papers. 
 
Which is…
Sebuah dokumen bocoran keuangan yang berhasil dikumpulin dari hasil kerja sama berbulan-bulan yang melibatkan lebih dari 600 orang wartawan di 117 negara. Para wartawan ini kemudian menganalisa lebih dari 12juta dokumen (kontrak kerja, catatan keuangan, ppt deck, personal email, dll) untuk meng-ekspose si kaya dan kekayaannya. Diketahui, kerjasama ini merupakan salah satu investigasi global yang pernah dilakukan dan dinakhodai sama the International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).
 
Terus hasil penelitiannya gimana?
Banyak banget sih guys, tapi intinya, yang pake bank konvensional itu yha commoners kayak kita. Sedangkan kebanyakan orang-orang super tajir dan berpengaruh dari berbagai latar belakang kayak bilioner, artis, politisi, drug cartels sampe para pelaku bisnis kebanyakan “menyembunyikan” kekayaannya secara offshore, di tempat-tempat surga pajak, aka pajaknya rendah atau sama sekali enggak ada. Jadi biasanya nih, para orang tajir tadi bakal mendirikan entitas atau perusahaan di daerah-daerah tersebut, dan nanti aset mereka didaftarkan di sana. Dengan begitu, mereka enggak perlu bayar pajak buat kekayaannya yang banyak banget itu di negara asal. Karena kerasa kan guys, kita aja yang rakyat biasa kerasa banget kalo harus bayar pajak.
 
Agree. Now go on…
Nah, selain menghindari pajak, dengan ngumpetin harta benda mereka di daerah-daerah safe haven ini, para super tajir jadi bisa mendapatkan privacy, dan menyembunyikan aset mereka dari otoritas di negaranya, kreditur, hingga pandangan publik. Adapun harta kekayaan yang biasanya didaftarin termasuk yacht, pesawat pribadi, karya seni, mansion, duit, bahkan saham perusahaan. Terus, ada 14 daerah safe haven yang disebutkan dalam Pandora Paper, di antaranya ada Belize, the British Virgin Islands, Singapura, Panama, Cyprus, Swiss, hingga negara bagian South Dakota di Amerika Serikat.
 
Geez… terus-terus, apa aja penemuannya?
A few key highlights ni ya gengs:
  • King Abdullah II yang merupakan pemimpin Jordania ternyata punya banyak properti mewah di Malibu, California, Washington DC, hingga London. Lokasi dari properti-properti ini juga prime banget guys, kayak yang di Malibu, itu view-nya langsung menhadap Samudera Pasifik dan terletak di wilayah selebritis yang elit banget. Terus yang di London juga deket sama Buckingham Palace dan Windsor Palace. Doi disebut menghabiskan uang sampe sekitar US$100juta untuk membeli properti-properti tadi. Yang menarik ni guys, kekayaan ini didaftarkan atas nama King Abdullah II sendiri, bukan atas nama royal family atau kerajaan.
  • Andrej Babis, Perdana Menteri Republik Ceko. Jadi sebelum menjabat sebagai PM, doi adalah bilioner dan founder dari perusahaan agrikultur, Agrofert. Pada tahun 2009, disebutkan bahwa Babis secara rahasia membayar sampe US$22 juta untuk sebuah properti mewah di Perancis, deket Cannes. Jadi duitnya itu dikirimnya melalui perusahaan di British Virgin Islands, dan dialihkan kembali ke perusahaan real estate di Monaco.
  • Vladimir Putin, Presiden Rusia. Nah kalo ini bukan Putin-nya guys, tapi *diduga* ceweknya. Jadi adalah Svetlana Krivonogikh, seorang cewek yang punya mansion mewah banget di Monte Carlo, Monaco. Diketahui, background-nya Krivonogikh ini sederhana banget, di mana doi tinggal di apartemen padat di St. Petersburg dan kerjaannya adalah membersihkan toko. Adapun mansion mewahnya tadi dimiliki Krivonogikh enggak lama setelah doi melahirkan bayi perempuan, yang kalo kata media-media di Rusia sih, adalah anak dari hasil hubungan rahasianya selama bertahun-tahun sama Putin.
  • Volodymyr Zelensky, Presiden Ukraina. Jadi awalnya, doi adalah aktor di acara sitkom sebelum akhirnya terpilih sebagai presiden pada 2019. Dokumen Pandora menunjukkan bahwa Zelensky punya saham di British Virgin Island untuk perusahaan produksi film dan perusahaan distribusi barang.
  • Pemimpin negara-negara lain kayak Presiden Chile Sebastián Piñera, Perdana Menteri Uni Emirat Arab Mohammed bin Rashid al-Maktoum, Presiden Ekuador Guillermo Lasso, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta, mantan Chief Executive Hongkong C.Y. Leung, dan masih banyak lainnya. Intinya guys, hasl investigasi ini juga menemukan bahwa beberapa pemimpin di lima benua menggunakan jasa offshore ini.
Terus gimana?
Well, King Abdullah II sih udah menjawab dan bilang bahwa semua tuduhan yang menyebut bahwa ada penggunaan uang bantuan sosial dalam pembelian properti-properti ini adalah nggak bener. Jadi gini guys, Jordan diketahui sebagai salah satu negara miskin di Semenanjung Arab, karena enggak kayak negara-negara tetangganya yang punya banyak minyak, Jordan justru mendapatkan banyak pemasukannya dari bantuan asing. Bantuan ini didapatkan Jordan sebagai perannya yang mau menampung pengungsi (kayak dari Palestina, Suriah, gitu-gitu). Selain King Abdullah II, pemimpin-pemimpin lain udah dimintai keterangan tapi belom pada jawab ni gengs.
 
Been wanting to ask… ada orang Indonesia nggak di laporannya?
Ada. Yaitu Menko Marves Luhut B. Pandjaitan. Jadi disebutkan Pandora Papers bahwa Opung Luhut terlibat dalam perusahaan bernama Petrocapital SA, yang terdaftar di Republik Panama dan perusahaannya memproduksi dan ekspor-impor minyak bumi. Terkait laporan ini, pihaknya Opung Luhut udah menyampaikan statement ni guys. Menurut Jubir beliau Jodi Mahardi, yha emang Luhut jadi Direktur Utama/Ketua Perusahaan pada Petrocapital S.A pada 2007, namun kemudian beliau udah mengundurkan diri pada tahun 2010. Alasannya, kata Jodi, dalam perjalanannya, terdapat berbagai macam kendala terkait dengan lokasi geografis, budaya, dan kepastian investasi, sehingga Opung Luhut memutuskan untuk mengundurkan diri dari Petrocapital dan fokus pada bisnis beliau yang ada di Indonesia. Jodi juga menambahkan bahwa sampe mengundurkan diri, enggak ada kerja sama antara perusahaan tadi dengan perusahaan minyak dan gas negara. Selain itu juga enggak pernah ada perubahan nama dari Petrocapital menjadi Pertamina Petrocapital SA.

When you think Paracetamol is only on your meds…

Well, not really. Especially if you live in Jakarta.
Karena ternyata guys, hasil penelitian oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan sejumlah kandungan paracetamol dengan konsentrasi tinggi di dua wilayah perairan Jakarta, yakni Ancol dan Angke di Jakarta Utara.
 
Whaaaat?
Iya, hal ini terungkap dalam penelitian bertajuk ‘Konsentrasi Tinggi Paracetamol di Wilayah Perairan Teluk Jakarta, Indonesia’ yang menemukan bahwa ada kandungan paracetamol sebesar 420 nanogram per liter di Ancol. Sedangkan di Angke, kandungan paracetamol bahkan mencapai 610 nanogram per liter. Adapun studi ini menyatakan kandungan paracetamol yang ada di kedua daerah tadi lebih tinggi dari catatan yang pernah dirilis oleh penelitian lain.
 
Kok bisa sih?
Well, penelitiannya juga bilang bahwa secara teori, sumber sisa paracetamol yang ada di perairan Teluk Jakarta bisa berasal dari tiga sumber, yaitu konsumsi masyarakat yang berlebihan, rumah sakit dan industri farmasi. Terus nih, jumlah penduduk yang tinggi di kawasan Jabodetabek dan jenis obat yang dijual bebas tanpa resep dokter, tentunya berpotensi sebagai sumber kontaminan di perairan.
 
Terus terus…
Terus, of course hal ini mengkhawatirkan banget dong guys, apalagi kalo paparan atas Paracetamolnya terjadi dalam jangka waktu yang panjang. LIPI khawatir, kondisi ini bakal berimplikasi pada ekosistem laut Jakarta. Hal ini karena emang dalam berbagai penelitian sebelumnya, diketahui bahwa kandungan bahan kimia kayak obat memiliki efek feminisasi kepada ikan jantan, sehingga hal ini bisa mengubah rasio betina-jantan. Belum lagi, di dekat daerah tadi ada peternakan kerang yang diyakini yha bakal terdampak juga.
 
Any follow up?
Yep, terkait hal ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta udah mengambil sampel air laut di Ancol dan Muara Angke, Jakarta Utara, untuk menindaklanjuti hasil riset tersebut. Dalam keterangannya, Pelaksana Tugas Kepala DLH DKI Jakarta, Syaripudin bilang bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendalami dan menelusuri sumber pencemarnya dan mengambil langkah untuk menghentikan pencemaran tersebut. Nah sekarang, sampel air lautnya lagi duji dan diteliti, dan hasilnya bisa diketahui dalam dua minggu.
 
Got it. Anyone says anything?
Yep, terkait hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta A Riza Patria angkat bicara. Menurutnya, most likely sih pelaku pembuang paracetamol yang mencemari laut Jakarta bukan dilakukan oleh oknum perorangan. Pak Riza yakin, aksi ini dilakukan oleh sekelompok orang tertentu, karena enggak mungkin satu-satu orang yang buang. Doi juga bilang bahwa pemerintah bakal mengecek apakah ada unsur kesengajaan dari kejadian ini.
 
OK. Anything else I should know?
Well, sebagai buntut dari penemuan ini, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah bilang bahwa pihaknya bakal meminta keterangan dari Pemprov DKI terkait hasil riset atas kandungan Paracetamol di laut Jakarta ini. Bu Ida bilang, pihaknya juga masih menunggu hasil penelitian yang lagi dilakukan sama DLH tadi gengs. Meanwhile, penemuan ini juga udah menuai kritik dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta. Menurut Direktur Eksekutif Walhi Tubagus Soleh Ahmadi, Pemprov DKI masih enggak serius dalam melakukan perlindungan pada ekosistem di teluk Jakarta. Penemuan ini juga menambah daftar panjang beban pencemaran teluk Jakarta, dan of course salah satu pihak yang dirugikan adalah para nelayan yang bergantung sama ekosistem setempat.
 
Hiks 🙁

Who’s finally reopening its door?

Indonesia.
Yoi guys, akhirnya setelah tutup untuk pendatang internasional selama beberapa  bulan, Bandara Ngurah Rai di Bali kembali buka untuk menerima turis asing aka para wisatawan internasional. Hal ini baru aja disampaikan oleh Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves) Opung Luhut B. Pandjaitan dalam keterangannya kemarin.
 
Whoaaa really?
Yep. Jadi kata Opung Luhut, pembukaan ini bakal mulai diberlakukan  pada 14 Oktober mendatang. Meski begitu, enggak semua WNA dari negara lain boleh masuk gengs. Untuk saat ini, Opung Luhut bilang bahwa Indonesia masih selektif dalam menerima wisatawan asing yang masuk ke Indonesia, jadi baru dari lima negara aja yang boleh.
 
Mana ajatu?
Yhaa ada Korea Selatan, China, Jepang, Uni Emirate Arab, serta New Zealand. Meski udah boleh, Opung Luhut menegaskan bahwa kedatangan internasional harus memenuhi ketentuan dan persyaratan terkait karantina, test, dan kesiapan satgas. Terus, setiap penumpang kedatangan internasional juga harus punya bukti booking hotel untuk karantina minimal 8 hari dengan biaya sendiri.
 
I see…
Nah, masih kata Opung Luhut, kebijakan pelonggaran ini diambil menyusul semakin turunnya kasus positif covid di Indonesia. Beliau bilang, saat ini kasus konfirmasi nasional turun 98% dan Kasus konfirmasi Jawa-Bali juga menunjukan penurunan hingga 98,7% dari puncaknya pada 15 Juli lalu.
 
Cool. Anything else?
Enggak cuma Indonesia yang udah secara berangsur-angsur membuka kembali pintu masuknya, namun Inggris juga baru aja menghapus Indonesia dari daftar “merah” covid19. Kebijakan yang akan dimulai pada akhir Oktober ini bakal membolehkan warga dari negara-negara yang non-merah ini masuk tanpa karantina. Syaratnya, harus udah divaksin penuh.

Who’s finally reconnected?

Not me and my ex, for sure.
Not us to. Tapi kita bakal ngomongin dua Korea ni gengs, yakni Korea Utara dan Korea Selatan yang akhirnya nyambung kembali lewat jaringan telepon kemarin (4/10). Jadi sebelumnya, jaringan ini sempet diputus sama Korea Utara sekitar setahunan yang lalu sebagai bentuk protes mereka terhadap para aktivis Korea Selatan yang suka ngirim-ngirim brosur anti pemerintahan Korut ke daratan Korea Utara yang berbatasan langsung sama Korsel. Nah, setelah terputus selama setahunan lebih ini, minggu lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan niatnya untuk mengaktifkan kembali channel komunikasi antara kedua negara, dengan pertimbangan bahwa sebenernya warga baik di Korut maupun Korsel mendambakan perdamaian.
 
FYI guys, biasanya jaringan telepon ini dipake sebagai sarana komunikasi otoritas di kedua negara kalo mau meeting, ngatur lalu lintas perbatasan, hingga menghindari kecelakaan. Nah setelah akhirnya tersambung kembali, kementerian Unifikasi Korea baru aja men-share video percakapan antara officials Korsel sama counterparts-nya di Korut ni gengs. Adapun bunyi ucapannya adalah: “Long time no talk. We’re very pleased because the communication channels have been restored like this. We hope that South-North relations will develop into a new level”.
 
Don’t consider this story as a sign to reconnect with your ex. Just don’t.

“There’s something wrong with our economy,”

Gitu guys kata Pesiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) aka Pepo kemarin, yang ngingetin bahwa bakal terjadi skenario gelap kalo pemerintah Indonesia dan negara-negara lainnya enggak berupaya mengubah kondisi perekonomian saat ini sambil mendorong pembangunan berkelanjutan. Menurutnya, seiring dengan bertambahnya jumlah warga Indonesia, maka angka konsumen akan bertambah, dan hal ini akan berpengaruh sama eksploitasi sumber daya alam yang bikin bumi makin panas. Karenanya, dibutuhkan adanya pembangunan yang berkelanjutan.
 
There’s something wrong with our wallet too, Pepo. It’s empty padahal baru awal bulan…

Announcement


Thanks to Sasa for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

It’s been raining a lot lately, so if you’re wondering what else to do at home during rainy days other than eating the 3rd bowl of instant noodles, here are some tips.

Angel’s Stories

1. Kemarin adalah last day aku intern di salah satu kantor di Jakarta. Btw, rumahku jauh guys kalo naik KRL ujung ketemu ujung. Singkat cerita, it was a very hard day for me. Pas lagi intern aku dapet call announcement kalo aku nggak lolos tahap akhir proses rekruitmen di company impianku. Rasanya? duarr kecewa dan sedih banget atas diri sendiri. Langsung lemes dan overthinking. Tapi di satu sisi aku harus keliatan happy depan semua orang di kantor magangku yaa karena aku last day. Aku coba buat tenang, tapi berat dan ganjel banget. Untungnya, pacarku dateng ke kantor jemput aku dan ngajak mam burger. Small attention but very meaningful. Pulangnya hujan deres dan dia rela buat nerobos hujan sampai nyebrangin aku dan made sure aku naik KRL dengan selamat. Thanks a lot ya, semoga sehat-sehat selalu kamu:’). Umm, thanks juga untuk bapak2 di krl yang ngasih aku tempat duduk. (mungkin bapak itu ngeliat mataku berair, padahal udah ngumpet dan sok sibuk sama hp biar nggak keliatan). Pak, sehat selalu ya:’)
-Anonymous-
 
2. I don’t have an angel’s story today but I read the angel’s story posted on Monday, about someone who always wishes for someone’s birthday but didn’t get any on his/her birthday. So, I wanna say happy birthday to you! Even if someone else doesn’t wish the best for you, I hope you’ll still wish the best for yourself. Treat urself to a good meal and enjoy your day. Happy birthday 😀
-S-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)