Download Buku Bill Gates Gratis & Terbatas di GatesNotes

156

Who’s saying “you got a book, you got a book, everyone got a book”?

Bill Gates.

Yep, orang terkaya keempat di dunia ini baru aja ngumumin hari Senin kemaren kalo anak kuliahan bisa nge-download buku doi secara gratis, tis, tis dan terbatas di blog-nya yang bernama GatesNotes. Adapun buku tentang krisis lingkungan karya Gates ini berjudul “How To Avoid A Climate Disaster: The Solutions We Have And The Breakthroughs We Need” dan baru aja terbit pada bulan Februari lalu.
Dalam bukunya itu, Gates menyebut bahwa anak muda harus jadi pilar dalam pengembangan teknologi dan inovasi kebijakan yang bisa memerangi krisis iklim. Kata doi, sepengalamannya dia ni, anak muda emang yang paling inovatif dan punya banyak tenaga buat mencapai hal tersebut. Selain itu, Gates juga bilang bahwa zero emission by 2050 tuh mungkin banget tercapai. Adapun caranya adalah dengan berinvestasi di perusahaan teknologi yang menyediakan alternatif murah dan ramah lingkungan buat ngurangin emisi yang dihasilkan oleh industri berat kayak energi dan transportasi.
Meski begitu, bukunya Gates ini juga dapet lumayan banyak kritikan, salah satunya dateng dari aktivis lingkungan Bill McKibben yang bilang kalo pendekatan Gates dalam buku ini tuh… mengecewakan. Soalnya, doi cuma fokus ke pencegahan, padahal di saat kayak gini masa iya sih masih pencegahan, udah harus ke action dong. Terus, Gates juga sama sekali gak menyentuh besarnya peran tenaga fosil dalam kerusakan lingkungan, sehingga industrinya juga harusnya semakin diregulasi.