Corona Updates 4 Oktober 2021

18

First stop: Covid19 weekly updates.

Yep, your pandemic-related catch up! is still here. And as always, we starts with…
 
Nationally.
  • Per kemarin, 3 Oktober 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.219.284 kasus, dengan kasus aktif 32.876 angka sembuh 4.044.235 dan kasus meninggal 142.173.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (858.069 kasus), Jawa Barat (703.042 kasus), Jawa Tengah (482.220 kasus), Jawa Timur (395.713 kasus), dan Kalimantan Timur (156.943 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 93.780.446 dan vaksinasi kedua 52.676.052 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Ada perkembangan positif dari tren covid19 di Indonesia ni gengs. Kemarin, jumlah kasus positif bertambah 1.142 orang dan kasus kematian meningkat 58 jiwa. FYI guys, angka kematian harian ini merupakan yang terendah sepanjang 2021. Meanwhile, jumlah akumulatif positif Covid-19 sejak pasien pertama diumumin Pak Jokowi tahun lalu kini sudah mencapai 4.219.284 kasus.
  • Seiring dengan tingginya jumlah mahasiswa dari luar kota yang kuliah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pemerintah setempat kemudian meminta tambahan dosis vaksin Covid-19 khusus buat para mahasiswa ini. Hal ini disampaikan oleh Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji yang bilang bahwa Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X udah meminta tambahan ini dan udah disanggupi sama pemerintah pusat. Adapun jumlah vaksin tambahannya bakal sesuai sama jumlah mahasiswa, jadi kemungkinan sasaran vaksin di DIY bisa nambah, dari 2,8 juta ke 3 juta.
  • Minggu lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru aja menerbitkan surat edaran yang mengizinkan perguruan tinggi untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di tengah pandemi Covid-19. Adapun dalam edarannya, disebutkan bahwa pembukaan harus teteup sesuai aturan PPKM, dan cuma wilayah dengan level PPKM 1-3 aja yang boleh kuliah tatap muka.
  • Seiring dengan pelonggaran aturan PPKM di beberapa wilayah dalam beberapa minggu terakhir, jumlah penumpang berbagai moda transportasi dalam negeri mulai meningkat. Adapun salah satu peningkatan terjadi di moda pesawat terbang, di mana kenaikan penumpang di Soetta pada Bulan September lalu meningkat sampe 300 persen kalo dibandingin sama Bulan Juli sebelumnya, ketika PPKM baru diterapkan.
  • Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito meminta supaya peraturan kesehatan yang lebih ketat diterapkan di cabang olahraga sepak bola dalam penyelenggaraan PON XX Papua di Stadion Mandala, Jayapura. Menurut Ganip, cabang sepak bola biasanya menarik banyak perhatian masyarakat, apalagi kalo tim tuan rumah yang main. Makanya, Ganip meminta supaya prokes di Stadion Mandala diberlakukan secara ketat.
Meanwhile, internationally…
  • Per 3 Oktober 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 231.614.338 kasus dan 4.744.918 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (42.940.458 kasus), India (33.652.745 kasus), Brazil (21.343.304 kasus), Inggris (7.667.290 kasus), dan Russia (7.313.112 kasus).
  • Di penghujung minggu lalu, jumlah kematian akibat Covid-19 di Amerika Serikat menyentuh angka 700ribu jiwa guys. Angka ini menjadikan AS sebagai negara yang paling parah mengalami efek pandemi dibanding negara-negara lain di dunia. Data dari Johns Hopkins University ini juga menyebutkan bahwa rata-ratanya, ada lebih dari seribu orang meninggal per hari di AS, dan saat ini udah ada total 55.7% populasi yang udah fully vaccinated. 
  • Kabar gembira dari dunia perpandemian ni guys, di mana minggu lalu, perusahaan farmasi Merck mengumumkan bahwa pil covid-19 yang tengah diujinya menunjukkan efektivitas dalam mengurangi resiko masuk rumah sakit dan kematian hingga 50%. Selanjutnya, Merck bakal segera mendaftarkan obatnya itu ke banyak negara agar diizinkan untuk dipake, dan kalo di-acc, maka obat tersebut bakal jadi pil pertama yang diakui bisa mengobati covid19.
  • Meanwhile, kasus kematian akibat pandemi covid-19 di seluruh dunia udah hampir mencapai lima juta kasus. Dalam situs Worldometer, disebutkan bahwa jumlah kasus kematian global saat ini udah mencapai 4,8 juta kasus. Terus, itung-itungan dari Reuters angkanya lebih tinggi lagi, yakni 4,93 juta. Dengan rata-rata tambahan harian 8 ribu kasus kematian, maka diprediksi jumlah 5 juta kasus kematian yha jadi tinggal nunggu waktu aja.
  • Setelah pembatasan akses masuk dan keluar selama 18 bulan, Australia akhirnya mengumumkan bahwa mereka bakal membuka kembali perbatasannya secara bertahap. Hal ini disampaikan sama Perdana Menteri Australia Scott Morrison minggu lalu, yang bilang bahwa warga negaranya bakal bisa ke luar negeri maupun pulang ke tanah air dalam beberapa minggu lagi setelah target 80% vaksinasi tercapai.
  • Vietnam juga ni guys, baru aja melonggarkan aturan lockdown-nya yang udah berlaku sejak tiga bulan yang lalu. Jadi mulai Jumat lalu, warga di Vietnam udah bisa keluar dari rumahnya, restoran udah boleh jualan buat dibungkus, dan bisnis esensial udah boleh buka. FYI guys, jadi selama lockdown tiga bulan itu, warga diwajibkan tinggal di rumah dan cuma boleh keluar untuk alasan mendesak. Selain itu, kumpul-kumpul di ruang publik juga terbatas jadi maksimal dua orang ajha.
  • Putera mahkota Jordania, Hussein bin Abdullah II baru aja dinyatakan positif covid-19 ni guys, minggu lalu. Dalam keterangan resmi dari istana, disebutkan bahwa gejala yang diderita sang pangeran ringan, dan doi udah divaksin dua kali. Terus terkait kondisi ini, bokap-nyokapnya Prince Hussein, aka King Abdullah II dan Queen Rania kemudian menjalani isolasi mandiri selama lima hari, walaupun setelah tes, mereka dinyatakan negatif.