Corona Updates 4 Oktober 2021, Pembukaan PON XX Resmi Digelar di Papua, Eropa Dilanda Krisis Energi, 23 Total Hewan Dilindungi Resmi Dinyatakan Punah

28

Hi

Good morning. Welcome to October, and let this serve as a gentle reminder: we only have three more months before 2021. Hope you have reached or (got closer to) your goals and resolutions, and if not, it’s ok. Always trust yourself. Now, let’s scroll down…


First stop: Covid19 weekly updates.

Yep, your pandemic-related catch up! is still here. And as always, we starts with…
 
Nationally.
  • Per kemarin, 3 Oktober 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.219.284 kasus, dengan kasus aktif 32.876 angka sembuh 4.044.235 dan kasus meninggal 142.173.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (858.069 kasus), Jawa Barat (703.042 kasus), Jawa Tengah (482.220 kasus), Jawa Timur (395.713 kasus), dan Kalimantan Timur (156.943 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 93.780.446 dan vaksinasi kedua 52.676.052 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Ada perkembangan positif dari tren covid19 di Indonesia ni gengs. Kemarin, jumlah kasus positif bertambah 1.142 orang dan kasus kematian meningkat 58 jiwa. FYI guys, angka kematian harian ini merupakan yang terendah sepanjang 2021. Meanwhile, jumlah akumulatif positif Covid-19 sejak pasien pertama diumumin Pak Jokowi tahun lalu kini sudah mencapai 4.219.284 kasus.
  • Seiring dengan tingginya jumlah mahasiswa dari luar kota yang kuliah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pemerintah setempat kemudian meminta tambahan dosis vaksin Covid-19 khusus buat para mahasiswa ini. Hal ini disampaikan oleh Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji yang bilang bahwa Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X udah meminta tambahan ini dan udah disanggupi sama pemerintah pusat. Adapun jumlah vaksin tambahannya bakal sesuai sama jumlah mahasiswa, jadi kemungkinan sasaran vaksin di DIY bisa nambah, dari 2,8 juta ke 3 juta.
  • Minggu lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru aja menerbitkan surat edaran yang mengizinkan perguruan tinggi untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di tengah pandemi Covid-19. Adapun dalam edarannya, disebutkan bahwa pembukaan harus teteup sesuai aturan PPKM, dan cuma wilayah dengan level PPKM 1-3 aja yang boleh kuliah tatap muka.
  • Seiring dengan pelonggaran aturan PPKM di beberapa wilayah dalam beberapa minggu terakhir, jumlah penumpang berbagai moda transportasi dalam negeri mulai meningkat. Adapun salah satu peningkatan terjadi di moda pesawat terbang, di mana kenaikan penumpang di Soetta pada Bulan September lalu meningkat sampe 300 persen kalo dibandingin sama Bulan Juli sebelumnya, ketika PPKM baru diterapkan.
  • Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito meminta supaya peraturan kesehatan yang lebih ketat diterapkan di cabang olahraga sepak bola dalam penyelenggaraan PON XX Papua di Stadion Mandala, Jayapura. Menurut Ganip, cabang sepak bola biasanya menarik banyak perhatian masyarakat, apalagi kalo tim tuan rumah yang main. Makanya, Ganip meminta supaya prokes di Stadion Mandala diberlakukan secara ketat.
Meanwhile, internationally…
  • Per 3 Oktober 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 231.614.338 kasus dan 4.744.918 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (42.940.458 kasus), India (33.652.745 kasus), Brazil (21.343.304 kasus), Inggris (7.667.290 kasus), dan Russia (7.313.112 kasus).
  • Di penghujung minggu lalu, jumlah kematian akibat Covid-19 di Amerika Serikat menyentuh angka 700ribu jiwa guys. Angka ini menjadikan AS sebagai negara yang paling parah mengalami efek pandemi dibanding negara-negara lain di dunia. Data dari Johns Hopkins University ini juga menyebutkan bahwa rata-ratanya, ada lebih dari seribu orang meninggal per hari di AS, dan saat ini udah ada total 55.7% populasi yang udah fully vaccinated. 
  • Kabar gembira dari dunia perpandemian ni guys, di mana minggu lalu, perusahaan farmasi Merck mengumumkan bahwa pil covid-19 yang tengah diujinya menunjukkan efektivitas dalam mengurangi resiko masuk rumah sakit dan kematian hingga 50%. Selanjutnya, Merck bakal segera mendaftarkan obatnya itu ke banyak negara agar diizinkan untuk dipake, dan kalo di-acc, maka obat tersebut bakal jadi pil pertama yang diakui bisa mengobati covid19.
  • Meanwhile, kasus kematian akibat pandemi covid-19 di seluruh dunia udah hampir mencapai lima juta kasus. Dalam situs Worldometer, disebutkan bahwa jumlah kasus kematian global saat ini udah mencapai 4,8 juta kasus. Terus, itung-itungan dari Reuters angkanya lebih tinggi lagi, yakni 4,93 juta. Dengan rata-rata tambahan harian 8 ribu kasus kematian, maka diprediksi jumlah 5 juta kasus kematian yha jadi tinggal nunggu waktu aja.
  • Setelah pembatasan akses masuk dan keluar selama 18 bulan, Australia akhirnya mengumumkan bahwa mereka bakal membuka kembali perbatasannya secara bertahap. Hal ini disampaikan sama Perdana Menteri Australia Scott Morrison minggu lalu, yang bilang bahwa warga negaranya bakal bisa ke luar negeri maupun pulang ke tanah air dalam beberapa minggu lagi setelah target 80% vaksinasi tercapai.
  • Vietnam juga ni guys, baru aja melonggarkan aturan lockdown-nya yang udah berlaku sejak tiga bulan yang lalu. Jadi mulai Jumat lalu, warga di Vietnam udah bisa keluar dari rumahnya, restoran udah boleh jualan buat dibungkus, dan bisnis esensial udah boleh buka. FYI guys, jadi selama lockdown tiga bulan itu, warga diwajibkan tinggal di rumah dan cuma boleh keluar untuk alasan mendesak. Selain itu, kumpul-kumpul di ruang publik juga terbatas jadi maksimal dua orang ajha.
  • Putera mahkota Jordania, Hussein bin Abdullah II baru aja dinyatakan positif covid-19 ni guys, minggu lalu. Dalam keterangan resmi dari istana, disebutkan bahwa gejala yang diderita sang pangeran ringan, dan doi udah divaksin dua kali. Terus terkait kondisi ini, bokap-nyokapnya Prince Hussein, aka King Abdullah II dan Queen Rania kemudian menjalani isolasi mandiri selama lima hari, walaupun setelah tes, mereka dinyatakan negatif.

Let’s get you up to speed on: Pembukaan PON XX

Yoi gengs, Hari Sabtu malem kemaren banget ni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX resmi digelar di Papua. Pembukaannya digelar secara megah di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.
 
Tell me more.
OK. Adapun pembukaan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang turun ke lapangan buat main bola passing atau mengumpan bola dengan empat pemain lainnya. Selanjutnya, penyalaan api PON dilakukan oleh pesepakbola kebanggaan Papua, Boaz Solossa yang hadir dengan membawa obor api yang diambil dari sumber alamiah yang berasal dari perut bumi, dan biasa dikenal dengan sebutan “Api Abadi”. Gak lama setelahnya, berkumandang deh lagu tema PON Papua tahun ini yang berjudul “Torang Bisa” dan dinyanyikan oleh artis lokal Vin Barbarlimbang. Gak cuma itu gengs, kemeriahan pembukaan acara olahraga empat tahunan ini ditambah dengan penampilan artis lainnya kayak Tulus, Ruth Sahanaya, dan penyanyi asal Papua Nowela dan Edo Kondologit.
 
Whoaaa… Dari kapan sampe kapan sih acaranya?
Nah, untuk event ini sendiri, jadwalnya bakal berlangsung dari sejak dibuka pada tanggal 2 Oktober kemaren sampe 15 Oktober 2021. Adapun tempat digelarnya ada di empat klaster wilayah ni gengs, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.
 
I heard this is the first time PON is held in Papua?
Yep, betul banget. Menurut Ketua Umum KONI Marciano Nurman, PON Papua ini diikuti oleh kontingen dari 34 provinsi Indonesia. Jumlah atletnya ada 6.116 kontingen dari luar daerah dan 923 kontingen dari Papua. PON kali ini juga akan mempertandingkan 37 cabang olahraga terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan, dan memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu. Wuih rame ya gengs.
 
I see.
Terus, kalo kata Menko Polhukam Mahfud MD, pembukaan kemaren dinilai sukses banget, terbukti dari banyaknya ucapan selamat yang diterima pemerintah. Gubernur Papua Lukas Enembe juga bilang kalo penyelenggaraan PON ini merupakan komitmen kebanggaan rakyat Papua menjadi bagian NKRI ni guys.
 
Hmmm, but what about covid tho…?
Nah, ini yang sempet jadi tantangan juga ni gengs. Jadi, harusnya kan PON digelar tahun 2020 kemaren, tapi karena waktu itu kasus covid masih tinggi-tingginya, jadinya ditunda ke tahun ini. Terus, kemaren banget, dua atlet Judo dari Kalimantan Timur yang udah selesai bertanding resmi positif covid-19. Akibat hal ini, mereka jadi menunda kepulangannya dan kini tengah dirawat di rumah sakit Mimika.
 
OMG, terus?
Tapi dari sebelumnya, pemerintah dan Satgas Covid-19 juga udah bilang kalo mereka akan menerapkan prokes seketat mungkin. Kayak pembukaan PON kemaren cuma boleh dihadiri sama 25% kapasitas Stadion Lukas Enembe yaitu sekitar 10ribu penonton. Terus, dari situs satgas juga dijelasin kalo vaksinasi di Papua udah mencapai 60%, sehingga udah aman buat diselenggarakan PON di sana.
 
Hmmm. Anything else?
Per kemaren pagi, klasemen sementara menempatkan kontigen ibu kota DKI Jakarta di peringkat pertama dalam peralihan medali. DKI udah meraih 63 medali yang terdiri dari 28 emas, 15 perak, dan 20 perunggu. Setelah DKI, ada tuan rumah Papua ni yang menyusul di posisi kedua dengan perolehan 17 emas, 5 perak, dan 13 perunggu. Hmmm menarik ya gengs, yuk kita simak perkembangan selanjutnya.

Who’s going thru a crisis?

Europe. 
Yep, beberapa minggu belakangan ini, Eropa emang lagi dilanda krisis energi gengs. Hal ini kemudian bikin harga natural gas aka gas alami jadi naik banget di beberapa negara kayak Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman dan Italia.
 
Whaaaat?
Yep, hal ini semakin diperparah sama the fact that sebentar lagi daratan Eropa bakal menghadapi musim dingin, yang tentunya bakal bikin kebutuhan natural gas untuk penghangat ruangan, penyimpanan makanan, dll bakal makin tinggi. Makanya diprediksi, harga listriknya bakalan masih naik ni gengs.
 
OMG… Kok bisa?
Ada banyak sih penyebabnya. Yang pertama, hal ini karena demand untuk energi lagi tinggi-tingginya. Menurut ahli energi dan profesor di Sciences Po Paris Thierry Bros, banyak industri yang lagi bounce back setelah lama terdampak pandemi, sehingga mereka kembali melakukan produksi dalam jumlah besar. Hal ini of course bikin demand terhadap energi meningkat sebagai bahan bakar mereka.
 
Terus?
Terus dari sisi supply, Rusia yang merupakan supplier gas alam terbesar ke Eropa juga diketahui men-supply gas yang lebih sedikit tahun ini, dibanding sebelum pandemi. Belum lagi, upaya perawatan terhadap sumber-sumber minyak dan gas ke Eropa juga berkurang selama covid19, jadi ngaruh juga sama hasil produksinya. Kondisi ini tentunya bikin harga listrik naik tajam di Eropa, kayak misalnya di Inggris, di mana ada lebih dari 500 ribu rumah yang diperkirakan bakal gak mampu bayar listrik dan gas dalam waktu dekat ini.
 
Emang enggak ada alternatif energi lain?
Yhaa belum siap sedia secara luas aja. Contohnya udara musim panas kemaren yang cukup tenang bikin supply untuk pembangkit listrik tenaga angin di wilayah Laut Utara juga berkurang. Terus negara-negara Eropa juga udah banyak yang enggak pake batu bara dalam upayanya menangkal krisis iklim, dan tenaga nuklir juga secara bertahap udah dikurangi penggunaannya oleh Jerman hingga tahun 2022 mendatang.
 
I see. Anything else?
Inggris diketahui merupakan negara yang paling terdampak dari krisis ini, karena yhaaa apa lagi kalo bukan Brexit. Bukan Brebes exit ya, tapi Britain exit di mana mereka sekarang udah bukan negara anggota Uni Eropa lagi. Nah terus, Inggris juga bukan salah satu supplier energi, jadi dengan keluar dari Uni Eropa, Inggris belum bisa kerja sama atau hire supplier energi dari luar negaranya dengan mudah dan murah, kayak sesama negara anggota Uni Eropa.

What went officially extinct?

My gajian for this month?
 
Not that, but Ivory-billed woodpecker and 22 other species. Iya, sedih banget ni gengs, karena pemerintah Amerika Serikat pada minggu lalu baru aja mengumumkan bahwa ada 23 total hewan dilindungi yang meliputi burung, ikan, kerang, dan berbagai spesies lainnya yang resmi dinyatakan punah. Hal ini dinilai banyak pihak sebagai kebijakan yang enggak biasa, secara pemerintah Amerika Serikat biasanya enggak “gampang nyerah” dalam mencari flora dan fauna yang terancam punah. Namun minggu lalu itu, mereka kemudian mengumumkan bahwa pemerintah udah melakukan pencarian secara super detail dan menyeluruh, tapi emang ke-23 spesies tadi udah enggak berhasil ditemukan lagi. Selain mengumumkan soal kepunahan ini, para peneliti di US Govt juga ngingetin bahwa kejadian kayak gini diprediksi bakal makin sering terjadi, seiring dengan kondisi global warming yang bisa dengan mudah mempercepat proses kepunahan spesies-spesies. Hal ini karena peningkatan suhu bumi diketahui bisa merusak habitat alami dari flora dan fauna sehingga ujung-ujungnya mereka jadi punah deh.
 
FYI guys, salah satu jenis burung yang udah punah, yaitu Ivory-billed woodpecker emang diketahui mulai jarang keliatan selama beberapa dekade belakangan ini. Hal inilah yang memicu pencarian terhadap spesies ini di wilayah-wilayah yang merupakan habitatnya yaitu rawa-rawa di Arkansas, Mississippi, Lousiana, dan Florida.
 
Penyebab dari punahnya beberapa spesies ini ada beberapa ni kalo kata ahli biologi U.S. Fish and Wildlife Service di Tennessee Anthony Ford. Mulai dari banyaknya pembangunan yang menghancurkan habitat alami spesies tersebut, polusi air, logginghunters, dan lain-lain.

“Usually, he just greets guests at the door and is more polite.”

 
Hihihi, gitu guys kata Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis pas ngomongin sikap anjingnya bernama Peanut, yang “mengganggu” kegiatannya minggu lalu. Jadi, Mitsotakis lagi menggelar konferensi pers bersama Perdana Menteri Slovakia, Eduard Heger ketika Peanut menggonggong dengan suara yang lumayan keras. Gonggongan Peanut sampe bikin konferensi pers yang digelar di istana kepresidenan itu berhenti beberapa saat lho guys. FYI, Peanut adalah anjing liar yang diadopsi Pak PM pada April lalu, seiring dengan upaya pemerintahan Yunani yang lagi berupaya mengkampanyekan anti-animal cruelty di negaranya.
 
Yep, adopt, don’t buy.

Announcement


Thanks to Fatima for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Reading books is one of our favorite activities, and should be yours, too. Yep, these are the benefits of flipping the pages…

Angel’s Stories

1. Beberapa hari ini sering banget ada kucing liar yang nangkring di luar rumah deket dapur, ngeong-ngeong melulu kayak kelaparan banget.. Kucingnya tuh kek baiiikk banget.. Dia tuh kadang kalo mamah aku masak gitu dia di deket pintu santuyy aja baring-baring ngeliatin. Gak nakal masuk-masuk ke rumah.. jadikan sayang gitu jadinya:”). Tapi sedihnya mamah aku jarang masak jadi gabisa kasi makanan ke kucingnya setiap hari.. Terus kemarin iseng kepikiran apa beli makanan kucing aja yaa, terus melipirlah diriku ke toko yang jual makanan/perlengkapan kucing.. Aku kira makanan kucing tu bakal mahal ternyata ada yang 500gr cuma 12k:”) ya Allah seneng banget. Terus, pas pulang buka pintu dapur yang ke arah luar liat kucingnya ngeong-ngeong terus langsung gercep aku kasih makan dan kucingnya bener-bener laaahapppp banget.. sumpah mood saat itu jd bener-bener bagus parah. Bawaannya happy padahal beberapa hari yang lalu aku stres dan sedih bgt:”) kKlian harus cobain.. Hal sesimple ini aja tuh bikin happy.. 🧡
-Anonymous-
 
2. Gue adalah salah satu ketua organisasi mahasiswa di kampus dan aktif juga menjadi kepala di beberapa tempat. Secara kinerja, organisasi yang gue pimpin sangat outstanding. But, waktu gue ulang tahun like nothing special. Temen-temen organisasi yang gue kira deket dan rapat tiap minggu, bahkan ada yang enggak ngucapin. Apakah mereka cuma ngeliat gue sebagai rekan kerja kah? Anyway ekspektasi gue aja yang tinggi. Soalnya setiap kadep atau staf ultah, gue selalu ucapin japri. Dan ini enggak terjadi ketika gue ultah hehe
-:D-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)