Bandara Ngurah Rai Kembali Buka Untuk Turis Asing

19

Who’s finally reopening its door?

Indonesia.
Yoi guys, akhirnya setelah tutup untuk pendatang internasional selama beberapa  bulan, Bandara Ngurah Rai di Bali kembali buka untuk menerima turis asing aka para wisatawan internasional. Hal ini baru aja disampaikan oleh Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves) Opung Luhut B. Pandjaitan dalam keterangannya kemarin.
 
Whoaaa really?
Yep. Jadi kata Opung Luhut, pembukaan ini bakal mulai diberlakukan  pada 14 Oktober mendatang. Meski begitu, enggak semua WNA dari negara lain boleh masuk gengs. Untuk saat ini, Opung Luhut bilang bahwa Indonesia masih selektif dalam menerima wisatawan asing yang masuk ke Indonesia, jadi baru dari lima negara aja yang boleh.
 
Mana ajatu?
Yhaa ada Korea Selatan, China, Jepang, Uni Emirate Arab, serta New Zealand. Meski udah boleh, Opung Luhut menegaskan bahwa kedatangan internasional harus memenuhi ketentuan dan persyaratan terkait karantina, test, dan kesiapan satgas. Terus, setiap penumpang kedatangan internasional juga harus punya bukti booking hotel untuk karantina minimal 8 hari dengan biaya sendiri.
 
I see…
Nah, masih kata Opung Luhut, kebijakan pelonggaran ini diambil menyusul semakin turunnya kasus positif covid di Indonesia. Beliau bilang, saat ini kasus konfirmasi nasional turun 98% dan Kasus konfirmasi Jawa-Bali juga menunjukan penurunan hingga 98,7% dari puncaknya pada 15 Juli lalu.
 
Cool. Anything else?
Enggak cuma Indonesia yang udah secara berangsur-angsur membuka kembali pintu masuknya, namun Inggris juga baru aja menghapus Indonesia dari daftar “merah” covid19. Kebijakan yang akan dimulai pada akhir Oktober ini bakal membolehkan warga dari negara-negara yang non-merah ini masuk tanpa karantina. Syaratnya, harus udah divaksin penuh.