23 Total Hewan Dilindungi Resmi Dinyatakan Punah

26

What went officially extinct?

My gajian for this month?
 
Not that, but Ivory-billed woodpecker and 22 other species. Iya, sedih banget ni gengs, karena pemerintah Amerika Serikat pada minggu lalu baru aja mengumumkan bahwa ada 23 total hewan dilindungi yang meliputi burung, ikan, kerang, dan berbagai spesies lainnya yang resmi dinyatakan punah. Hal ini dinilai banyak pihak sebagai kebijakan yang enggak biasa, secara pemerintah Amerika Serikat biasanya enggak “gampang nyerah” dalam mencari flora dan fauna yang terancam punah. Namun minggu lalu itu, mereka kemudian mengumumkan bahwa pemerintah udah melakukan pencarian secara super detail dan menyeluruh, tapi emang ke-23 spesies tadi udah enggak berhasil ditemukan lagi. Selain mengumumkan soal kepunahan ini, para peneliti di US Govt juga ngingetin bahwa kejadian kayak gini diprediksi bakal makin sering terjadi, seiring dengan kondisi global warming yang bisa dengan mudah mempercepat proses kepunahan spesies-spesies. Hal ini karena peningkatan suhu bumi diketahui bisa merusak habitat alami dari flora dan fauna sehingga ujung-ujungnya mereka jadi punah deh.
 
FYI guys, salah satu jenis burung yang udah punah, yaitu Ivory-billed woodpecker emang diketahui mulai jarang keliatan selama beberapa dekade belakangan ini. Hal inilah yang memicu pencarian terhadap spesies ini di wilayah-wilayah yang merupakan habitatnya yaitu rawa-rawa di Arkansas, Mississippi, Lousiana, dan Florida.
 
Penyebab dari punahnya beberapa spesies ini ada beberapa ni kalo kata ahli biologi U.S. Fish and Wildlife Service di Tennessee Anthony Ford. Mulai dari banyaknya pembangunan yang menghancurkan habitat alami spesies tersebut, polusi air, logginghunters, dan lain-lain.