Tiktok Capai Lebih Dari Satu Miliar Pengguna Aktif Bulanan

24

Who just got 1 billion?

TikTok.
Kalian kapan gengs join TikTok? Jaman-jaman dance challenge tahun 2019? Atau jaman tutorial dalgona coffee di awal-awal pandemi covid? Either way, berarti kamu udah termasuk salah satu dari satu miliar pengguna aktif TikTok ni gengs. Yoi, baru aja nih TikTok ngumumin di blog-nya Senin kemaren kalo saat ini, mereka udah punya lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan di platform video singkat mereka tersebut.
 
Whoaaa, banyak banget!
Banget gengs, mengingat TikTok bukan social media milik giant tech company yang udah duluan mendominasi, kayak Facebook atau Google, maka jumlah ini bisa dibilang tinggi. Jadi, emang TikTok mengalami lonjakan pengguna terutama sejak awal-awal pandemi, di mana orang-orang gak bisa nyari hiburan keluar rumah dan jadinya mereka nyari hiburan di aplikasi ini deh. Salah satunya yha dengan bikin dance challenge lagu-lagu kayak Say So-nya Doja Cat yang sempet hits banget itu.
 
I see.
TikTok juga disebut para pengamat IT telah berhasil survive dari berbagai kebijakan pembatasan di banyak negara, contohnya di Amerika Serikat yang pas pada era Trump, sempet bakal mem-ban aplikasi ini. Tapi yha gajadi guys, karena panjangnya proses negosiasi, dan eventually, Trump digantikan sama Biden yang membatalkan aturan tersebut. Selain di AS, TikTok juga dilarang di India karena security concern, dan harus menjalani investigasi mendalam di Uni Eropa, khususnya Irlandia, terkait urusan data para pengguna.
 
Terus terus…
Nah, TikTok juga disebut berhasil bertahan meskipun banyak produk-produk serupa dari platform lainnya yang bermunculan. Yhaa kayak Instagram Reels, YouTube’s Shorts, dan Snapchat Spotlight. Perkembangan TikTok yang cepet banget ini juga bikin landscape persaingan bisnis di ranah social media makin kompetitif ni gengs, soalnya sebagai perbandingan, Instagram aja baru bisa mencapai milestone ini setelah lebih dari 5 tahun, sedangkan TikTok gak butuh waktu selama itu.
 
Got it, anything else?
Well, salah satu kunci kesuksesan TikTok dalam menjaring para penggunanya adalah dengaaan… menggaet para content creator. Jadi selama pandemi, TikTok disebut berhasil bekerja sama dengan millennials dan para high profile content creators  di platform lain kayak Instagram untuk menggunakan platformnya. Gak tanggung-tanggung guys, TikTok sampe mengucurkan dana sebesar US$1 Milyar yang dialokasikan buat para kreator supaya mereka bikin konten di TikTok.