Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Hingga 5% di Tahun 2022

23

Who’s facing a greenlight economically speaking?

Indonesia.
Yep, menurut data terbaru yang dirilis sama Bank Dunia (World Bank) dalam laporan yang bertajuk World Bank East Asia and Pacific Update October 2021 kemarin, Indonesia diprediksi bisa tumbuh ekonominya hingga mendekati 5% di tahun 2022 mendatang gengs.
 
Reallllly?
Yep. Jadi kalo kata Kepala Ekonom Bank Dunia Kawasan Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo, ada beberapa faktor pendorong dari perkembangan ini, di antaranya adalah berbagai kebijakan pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi covid-19. Menurut Mattoo, pendekatan pemerintah bersifat bersifat hybridmeaning menerapkan pengetatan terhadap mobilitas untuk menangani kesehatan tapi sambil tetep usaha fokus menggerakkan perekonomian.
 
I see…
Terus, salah satu faktor lainnya adalah kesigapan pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi nasional terhadap masyarakat. FYI, per kemaren ni gengs, jumlah masyarakat Indonesia yang udah menerima dosis pertama vaksin against covid mencapai 88.531.137 orang, dan yang udah fully vaccinated ada 49.655.718 orang.
 
Clap, clap…
Yep, masih kata Bank Dunia ni guys, isu vaksinasi nasional emang jadi salah satu main topic buat negara-negara Asia Pasifik. Selain itu, penanganan covid juga jadi salah satu indikasi apakah ke depannya perekonomian suatu negara bisa meningkat. Makanya, Indonesia “dapet ramalan” bagus karena program vaksinasi nasional kita dinilai oke. Ditambah lagi sama varian delta yang pertengahan tahun 2021 ini menyerang berbagai belahan dunia. Bank Dunia juga menyebut di laporan tersebut bahwa kalo delta outbreak kemaren emang jadi salah satu faktor utama dalam penghambatan perkembangan ekonomi negara-negara.
 
Ok.
Nah tapi gengs, despite ramalan tersebut, Bank Dunia juga memangkas pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2021 jadi sebesar 3,7% ni. Padahal pada bulan April 2021 kemaren, Bank Dunia memproyeksi pertumbuhan perekonomian Indonesia tahun ini bisa mencapai 4,4%. Kenyataannya, perekonomian Indonesia melambat performanya di kuartal kedua, ya balik lagi karena si biang kerok delta itu gengs. Diketahui, hal ini gak cuma terjadi di Indonesia, tapi juga di negara-negara lainnya di Asia Pasifik.
 
Hmmm… Anything else?
Bank Dunia juga ngasih prediksi kalo program vaksinasi nasional di Indonesia dan Filipina bakal tercapai sebesar 60% di kuartal pertama tahun depan. Dengan begitu, perkembangan ekonomi bisa ke-triggered untuk bertumbuh di tahun 2022.
 
Amiiiin….