PPKM Diperpanjang Anak 12 Tahun Boleh Masuk Mall

24

When finally children under 12 years old can go the mall now…

Cos PPKM is extended and it got new rules like Dua Lipa.
Yoi gengs, udah fix ni kalo PPKM Jawa Bali bakal kembali diperpanjang selama dua minggu sampe 4 Oktober 2021 mendatang. Berita ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan kemaren malem. FYI, da beberapa aturan yang udah berubah dari PPKM sebelumnya, salah satunya adalah anak di bawah usia 12 tahun udah boleh masuk mal.


What are the other changes?
Jadiii sekarang anak di bawah usia 12 tahun udah boleh ni masuk mal di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Tentunya dengan pengawasan orang tua dan penerapan prokes ketat ya. Terus, bioskop di wilayah PPKM level 2 dan 3 di Jawa Bali juga udah bisa dibuka dengan kapasitas 50%.
 
I see, go on.
Gak cuma bioskop, pertandingan olah raga sepak bola Liga 2 juga udah boleh diadakan di wilayah PPKM level 2 dan 3 dengan maksimal 8 kali pertandingan dalam seminggu. Terus, restoran dan fasilitas olahraga outdoor juga boleh dibuka, dengan kapasitas 50% ni gengs.
 
I am just so tired of having an online meeting…
Nah kabar baik juga buat kamu yang udah kangen WFO, semalem Opung Luhut bilang bahwa perkantoran non-esensial juga udah dibolehin melakukan WFO dengan kapasitas 25%. Syaratnya, para karyawan yang masuk tetep harus pake aplikasi PeduliLindungi, dan tetep harus vaksin minimal dosis pertama dulu gengs.
 
Terus, masih ada daerah di Jawa-Bali yang level 4?
Udah gak ada ni. Adapun yang terakhir adalah Bali yang masih menjalani level 4 sampe minggu lalu, namun akhirnya kini turun ke level 3. Dengan begini, semua wilayah di Jawa-Bali udah resmi menjalani PPKM level 2 dan 3 aja. Terus diketahui juga guys, Yogyakarta udah mengalami penurunan ribuan kasus covid sampe kasus aktifnya sekarang udah di bawah 3 ribu kasus.
 
Great! What about wilayah di luar Jawa-Bali?
Nah, di kesempatan yang sama, pemerintah memperpanjang PPKM level 4 di 10 wilayah di luar Jawa Bali yang tingkat persebaran covid-nya masih tinggi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto bilang kalo perpanjangan ini juga berlaku sampe tanggal 4 Oktober mendatang. Wilayah-wilayah tersebut adalah Aceh Tamiang, Bangka, Kota Padang, Banjarmasin, dll.
 
Got it. Anything else?
Balik lagi ni ke Opung Luhut, doi bilang kalo meskipun situasi covid di Indonesia udah lumayan terkendali, tapi masyarakat tetep diminta buat jangan lengah dalam menghadapi virus ini. Doi juga bilang kalo Presiden Jokowi udah meminta supaya semua pihak tetep waspada.