PPKM Diperpanjang Anak 12 Tahun Boleh Masuk Mall, PBB Ingatkan China & US Untuk Rekonsiliasi, Irjen Napoleon Aniaya Muhammad Kece di Rutan Bareskrim Polri, Penduduk Belanda Terlahir Semakin Lebih Pendek

33

Good morning

Rise and shine! Today we’ll catch you up! with some news on PPKM, China, US, The Netherlands, aaaand Napoleon Bonaparte. Nope, not the French guy. We see you’re curious, so just scroll down…


When finally children under 12 years old can go the mall now…

Cos PPKM is extended and it got new rules like Dua Lipa.
Yoi gengs, udah fix ni kalo PPKM Jawa Bali bakal kembali diperpanjang selama dua minggu sampe 4 Oktober 2021 mendatang. Berita ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan kemaren malem. FYI, da beberapa aturan yang udah berubah dari PPKM sebelumnya, salah satunya adalah anak di bawah usia 12 tahun udah boleh masuk mal.


What are the other changes?
Jadiii sekarang anak di bawah usia 12 tahun udah boleh ni masuk mal di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Tentunya dengan pengawasan orang tua dan penerapan prokes ketat ya. Terus, bioskop di wilayah PPKM level 2 dan 3 di Jawa Bali juga udah bisa dibuka dengan kapasitas 50%.
 
I see, go on.
Gak cuma bioskop, pertandingan olah raga sepak bola Liga 2 juga udah boleh diadakan di wilayah PPKM level 2 dan 3 dengan maksimal 8 kali pertandingan dalam seminggu. Terus, restoran dan fasilitas olahraga outdoor juga boleh dibuka, dengan kapasitas 50% ni gengs.
 
I am just so tired of having an online meeting…
Nah kabar baik juga buat kamu yang udah kangen WFO, semalem Opung Luhut bilang bahwa perkantoran non-esensial juga udah dibolehin melakukan WFO dengan kapasitas 25%. Syaratnya, para karyawan yang masuk tetep harus pake aplikasi PeduliLindungi, dan tetep harus vaksin minimal dosis pertama dulu gengs.
 
Terus, masih ada daerah di Jawa-Bali yang level 4?
Udah gak ada ni. Adapun yang terakhir adalah Bali yang masih menjalani level 4 sampe minggu lalu, namun akhirnya kini turun ke level 3. Dengan begini, semua wilayah di Jawa-Bali udah resmi menjalani PPKM level 2 dan 3 aja. Terus diketahui juga guys, Yogyakarta udah mengalami penurunan ribuan kasus covid sampe kasus aktifnya sekarang udah di bawah 3 ribu kasus.
 
Great! What about wilayah di luar Jawa-Bali?
Nah, di kesempatan yang sama, pemerintah memperpanjang PPKM level 4 di 10 wilayah di luar Jawa Bali yang tingkat persebaran covid-nya masih tinggi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto bilang kalo perpanjangan ini juga berlaku sampe tanggal 4 Oktober mendatang. Wilayah-wilayah tersebut adalah Aceh Tamiang, Bangka, Kota Padang, Banjarmasin, dll.
 
Got it. Anything else?
Balik lagi ni ke Opung Luhut, doi bilang kalo meskipun situasi covid di Indonesia udah lumayan terkendali, tapi masyarakat tetep diminta buat jangan lengah dalam menghadapi virus ini. Doi juga bilang kalo Presiden Jokowi udah meminta supaya semua pihak tetep waspada.

Who’s been having a dysfunctional relationship?

Me and my ex? Oops…
Ummm, maybe? But we’re talking about China and US. So, saking tingginya ni tensi politik di antara kedua negara akhir-akhir ini, Sekjen PBB António Guterres sampe ngingetin pada keduanya buat rekonsiliasi demi menghindari cold war. Apalagi, mengingat hari ini bakal digelar pertemuan resmi pertama UN General Assembly.
 
Wait, I need a background on US-China’s beef please.
Sure. Jadi, sebenernya hubungan keduanya bisa ditarik sampe ke era tahun 70an, di mana Amerika Serikat under Presiden Nixon akhirnya mau memperbaiki hubungan dengan negara komunis, salah satunya China. Selanjutnya di era pemerintahan Presiden Bush dan Obama, China yang lagi bangkit secara ekonomi ini dianggap sebagai strategic partner. Namun kemudian di eranya Trump, hubungan keduanya jadi kian tegang, secara arah kebijakan Amerika Serikat untuk China jadi berubah banget dan mengindikasikan kalo China udah jadi strategic competitor.
 
Why tho?
Soalnya yha panas aja gitu. Jadi emang sejak pas masih kampanye untuk capres, Donald Trump udah memunculkan sentimen anti-China dengan bilang bahwa China udah “ripped off the United States”. Atas retorika ini, banyak pihak menilai ini dilakukan demi menarik dukungan dari pemilihnya Trump yang nasionalis. On the other side, Presiden China Xi Jinping yang udah menjabat presiden sejak tahun 2013 juga dinilai jauh lebih maksa dan otoriter dibanding para pendahulunya.
 
I see…
Nah terus di eranya Trump juga ni gengs, telah terjadi defisit perdagangan di mana barang yang dijual China ke Amerika Serikat lebih banyak daripada yang dijual dari Amerika Serikat ke China. Trump bete banget dengan hal ini sehingga pemerintahannya kemudian memberlakukan kebijakan yang proteksionisme, artinya melindungi bisnis dalam negeri dengan memberlakukan hambatan-hambatan untuk masuknya barang impor. Dalam hal ini, yang dilakukan Trump adalah dengan menaikkan bea masuk berbagai barang tertentu, jadi yha China bayar pajaknya lebih banyak.
 
Whoooa…
Yep, hal ini kemudian dibalas oleh China dengan menaikkan bea masuk barang-barang dari AS juga, dan inilah yang disebut trade war. FYI guys, perangnya nih udah berlangsung sejak tahun 2018 lalu, jadi yha emang panas. Terus US under Trump sempet ngeluarin tuduhan-tuduhan soal praktik ekonomi di China yang dianggap unfair. Selanjutnya, perang ini kemudian juga berlanjut ke pengaruh kekuasaan di negara lain, even di administrasi Biden sekarang. Inget kan guys, baru aja bulan lalu nih, Wakil Presiden AS Kamala Harris dateng ke Singapura dan Vietnam? Nah, banyak pengamat yang bilang kalo salah satu tujuan kedatangan ini adalah untuk turut hadir di isu Laut China Selatan, yang emang diklaim seluruhnya sama China.
 
I see…
Nah terus, permasalahan covid juga memperparah keadaan di antara keduanya, karena Trump terus-terusan nyalahin China yang udah nyebarin covid sampe ke US. Makanya, Guterres sampe wanti-wanti ke keduanya buat stop berantem, karena bakal takut ngarah ke perang dingin.
 
What else did Guterres say?
Doi bilang kalo kedua negara ini punya banget kapasitas secara kekuatan dan perekonomian buat memerangi krisis iklim yang lagi jadi perhatian masyarakat global. Apalagi mengingat tahun ini bumi kita lagi dilanda banyak banget bencana alam di berbagai belahan dunia, terus ada juga pandemi covid, dan belom meratanya distribusi vaksin di berbagai negara. Menurut Guterres, keduanya bisa banget menanggulangi permasalahan-permasalahan ini bareng-bareng, instead of berantem kayak sekarang.
 
Go on.
Gak cuma itu, Guterres juga bilang kalo dia mengapresiasi Biden yang udah pelan-pelan mau take action buat memperbaiki hubungan US dengan China pasca pemerintahan Trump. Meski begitu, keduanya harus cepet-cepet memperbaiki hubungannya karena kalo gak yhaa UN gak yakin mereka bisa mengatasi perang dingin yang bakal terjadi di antara keduanya.
 
OK. Anything else I should know?
Baru-baru ini, Prancis kesel ni sama US karena udah diem-diem kerja sama dengan Inggris dan Australia dalam projek kapal selam di perairan Australia. Kapal selam ini dirancang supaya gak terdeteksi di Laut China Selatan. Menurut Prancis, proyek tersebut udah disepakati bakal dilakuin sama Prancis ni gengs. Nah, banyak pakar yang bilang kalo hal ini bisa membuka pintu kerja sama antara China dengan Prancis, dan eventually dengan negara Eropa lainnya.

When you keep hearing that prison is tough…

Muhammad Kace can vouch for that.
 
What happened to him?
Jadi, Muhammad Kace pada tanggal 26 Agustus 2021 melaporkan dugaan penganiayaan yang diterimanya di rutan Bareskrim Polri. Penganiayaan yang diterima gak cuma dipukulin gengs, tapi muka dan badannya Kace dibalurin kotoran sama pelaku. Akhirnya, sekarang pihak kepolisian lagi menggelar penyelidikan buat nentuin tersangka dari kasus ini. Sampe saat ini, diduga penganiayaan tersebut dilakukan sama Irjen Napoleon Bonaparte yang merupakan sesama tahanan di sana gengs.
 
Wait, who is Muhammad Kace again?
So, Muhammad Kace adalah mantan YouTuber yang ditangkap polisi karena kasus penistaan agama di Bali tanggal 25 Agustus 2021 lalu. Kace sering mengunggah video di akun YouTube-nya yang dianggap berisi pelecehan terhadap Nabi Muhammad dan agama Islam. Doi juga bilang di akunnya kalo Nabi Muhammad adalah pengikut jin.
 
Whoaaa. Terus kok dipukulin?
As a refresherNapoleon Boneparte adalah jenderal bintang dua di Polri yang terseret kasus korupsi Djoko Tjandra bersama eks Jaksa Pinangki. Napoleon Boneparte divonis 4 tahun penjara akibat menerima suap dan ditahan di Rutan Bareskrim Polri. Melalui kuasa hukumnya, selain mengakui tindakan penganiayaan yang dilakukannya, Napoleon bilang kalo doi menganiaya Kace karena gak terima sama penistaan agama Islam yang dilakukan oleh Kace.
 
OMG…Does anyone say anything about this?
Yep, ada Komisioner Komnas HAM Amiruddin yang bilang kalo Napoleon harus diproses secara hukum karena tindakan doi tersebut jelas melanggar hukum. Terus juga, ada Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo yang bilang kalo kasus ini janggal banget mengingat kok bisa-bisanya Napoleon Bonaparte punya akses ke sesama tahanan alias Kace. Hasto juga bilang kalo Polri harus melindungi Kace sebagai korban.
 
I see… Emang gimana sih kejadiannya?
Kejadiannya sih kalo kata pihak kepolisiannya adalah Napoleon minta ganti gembok standar di sel Kace ke gembok “Ketua RT” yang juga merupakan napi di blok rutan tempat Kace ditahan. Nah, karena udah dituker, akhirnya Napoleon jadi punya akses ke sel-nya Kace. Terus berdasarkan hasil pemeriksaan CCTV, terungkap pula bahwa Napoleon masuk ke dalam sel Kece bersama tiga tahanan lain sekitar pukul 00.30 WIB. Selanjutnya, pihak kepolisian juga bilang bahwa hal ini bisa terjadi karena pihak penjaga rutan lalai dalam menjalankan tugasnya.
 
I see. Anything else?
Sampe saat ini, Napoleon diketahui masih aktif sebagai anggota Polri, meskipun udah ditahan karena kasus penyuapan. Terus, diketahui juga kalo Kace dilumurin kotoran manusia kan gengs. Katanya ni, kotoran manusia tersebut disiapin sendiri by yours truly, Napoleon.

When you’re no longer the tallest person in the room…

Dutch people can relate.
 
Yoi guys, jadi kan selama ini, Belanda terkenal sebagai negara yang rata-rata tinggi badan penduduknya paling tinggi di dunia. Tapi, baru aja ni tanggal 16 September kemaren para peneliti Belanda bilang kalo penduduk Belanda makin ke sini makin terlahir lebih pendek. Jadi dalam penelitiannya, mereka menemukan bahwa laki-laki di Belanda yang lahir di tahun 2001 lebih pendek 1cm daripada laki-laki yang lahir di tahun 1980-an. Sedangkan buat perempuan, perbedaan tingginya bisa mencapai 1,4cm.
 
FYI, Penduduk Belanda yang lahir tahun 1980-an emang diketahui merupakan generasi dengan tinggi badan paling tinggi dibanding generasi sebelumnya atau sesudahnya guys. Jadi emang rata-rata tinggi cowok yang lahir tahun 1980-an adalah 183,9 cm, dan perempuannya adalah 170,7 cm.
 
Nah penyebab dari menurunnya rata-rata tinggi badan ini kalo menurut penelitian adalah meningkatnya migrasi ke Belanda dari negara-negara lain yang memiliki genetik yang lebih pendek dari rata-rata orang Belanda. However, Belanda tetep jadi negara dengan pertumbuhan terbesar di angka rata-rata tinggi badan penduduknya di dunia selama 70 tahun terakhir.

“Tak ada lagi pemasukan, gajiku cuma Rp9 juta pula,”

Wkwkwk gitu guys kata Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kemarin, pas cerita soal kekayaannya yang bekurang sebesar Rp.8,2 miliar. Jadi diketahui bahwa berdasarkan laporannya di LHKPN KPK, harta Pak Edy turun dari Rp23,6 miliar di tahun 2018, jadi Rp 16,7 miliar di tahun 2019, dan turun lagi jadi Rp 15,3 miliar di tahun 2020. Alasannya yha ternyata karena kata doi emang duitnya dipake buat membiayai kehidupan keluarga, dan doi juga bilang bahwa dirinya nggak ada pemasukan lain selain dari gaji yang Rp 9 juta tadi.

Now you know who else is suffering during this “tanggal tua” period…


Announcement


Thanks to Seseorang for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Do you know that your zzzz time is also a time for your skin to regenerate? Yep, bye wrinkles and fine lines, here’s how to get better skin while you’re sleeping.

Angel’s Stories

1. Kemarin aku ulang tahun. Aku ga expect apa-apa di hari kemarin karena ya sama kayak tahun sebelumnya, yang ngucapin juga bisa dihitung pakai jari. Tapi aku mau berterima kasih sama temen-temenku yang udah ngucapin di jam 00.00 padahal akunya tidur😂
Makasih banget ya, kalian buat aku senang. Aku senang dan sangat bersyukur masih ada yang menghargai kehadiran aku di sini! Dan untuk pembaca CMU, semoga hari kalian lancar dan kalian dikasih ketenangan sama Tuhan buat jalaninnya!🧡✨
-CST-
 
2. Jadi pas hari Selasa aku ada praktikum pertama di bangku kuliah. Sebelum praktikum berlangsung ada tugas awal yang harus dijawab dalam waktu 10 menit, nyesek banget aku submit telat 1 menit alhasil nilai tugas awal-ku nol. Pas selesai praktikum aku buka chat eh ternyata gak cuman aku dong yang nilainya nol, ada beberapa temen deketku yg ngalamin hal yang sama. Akhirnya kita sama-sama nyemangatin untuk ya udah ada banyak hal yang harus di-gapapa-in, kadang walaupun kita dah berusaha sekeras apa pun, kalau emang bukan rezeki kita ya udah gpp, masih banyak rezeki lain untuk kita.
-First year in college :D-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!