Personel US Keluar, Taliban Adakan Selebrasi di Kabul

35

When you were the last man standing…

Or in this case, the last US soldier standing in Afghanistan.

Yoi. Gambar di atas dirilis oleh Departemen Pertahanan US. Mayjen Chris Donahue adalah personel tentara terakhir US di Afghanistan yang cabut persis satu menit sebelum deadline tanggal 31 Agustus 2021 berakhir.

Tell me more.

Sesuai janjinya Presiden AS Joe Biden di awal, jadi semua evakuasi bakal berakhir di tanggal 31 Agustus 2021, barengan sama penarikan tentara US dari Afghanistan. Per Senin tanggal 30 Agustus 2021 alias sehari sebelumnya, tercatat ada lebih dari 123 ribu orang yang berhasil dievakuasi sama tentara US.

I heard about some celebration by Taliban?

Iya guys, setelah semua personel US cabut, Taliban mengadakan selebrasi di Kabul. Taliban merayakan kepergian US setelah 20 tahun lamanya stay di Afghanistan dengan menembakkan senjatanya ke udara, jadi kayak semacam petasan dan kembang api gitu guys.

Ok, go on.

Selain itu, semua diplomat Amerika Serikat juga udah cabut dari Afghanistan dalam rangka evakuasi, which means Kedutaan Besar US di Kabul kemungkinan bakal berhenti beroperasi dulu. Tapi, Menteri Sekretaris Negara Amerika Serikat Antony Blinken di konferensi pers kemarin bilang bukan berarti US selesai ni sama Afghanistan. Masih ada sekitar 100-200an orang yang perlu dievakuasi, dan pihaknya bakal mengeksplor semua opsi untuk mengevakuasi orang-orang itu. Terus, Blinken juga bilang kalo sekarang, misi militer AS di Afghanistan udah kelar gengs, dan dimulailah misi diplomatis.

I see.

Oleh karenanya, US bakal kerja sama dengan sekutunya buat membuka lagi bandara Kabul yang sempet jadi zona berbahaya abis serangan bom bunuh diri ISIS-K. Hal ini dalam rangka mengevakuasi orang-orang yang belum sempet dievakuasi tadi. Katanya sih, Joe Biden bakal ngasih official statement tentang hal ini di siang nanti. Kita tunggu ya doi bakal ngomong apa aja.

Got it. Anything else?

Selain US, Jerman juga bilang masih ada banyak orang yang perlu dievakuasi dari Afghanistan. Kanselir Jerman Angela Merkel bilang at least ada 10 ribu hingga 40 ribu local staff di Afghanistan yang bekerja buat UN organizations atau kedubes Jerman yang punya hak untuk bisa dievakuasi dari sana. Kata Merkel, banyak dari orang-orang ini yang pengen bisa dievakuasi, tapi kan emang “meninggalkan rumah” itu nggak gampang ya gengs.