Penduduk Belanda Terlahir Semakin Lebih Pendek

26

When you’re no longer the tallest person in the room…

Dutch people can relate.
 
Yoi guys, jadi kan selama ini, Belanda terkenal sebagai negara yang rata-rata tinggi badan penduduknya paling tinggi di dunia. Tapi, baru aja ni tanggal 16 September kemaren para peneliti Belanda bilang kalo penduduk Belanda makin ke sini makin terlahir lebih pendek. Jadi dalam penelitiannya, mereka menemukan bahwa laki-laki di Belanda yang lahir di tahun 2001 lebih pendek 1cm daripada laki-laki yang lahir di tahun 1980-an. Sedangkan buat perempuan, perbedaan tingginya bisa mencapai 1,4cm.
 
FYI, Penduduk Belanda yang lahir tahun 1980-an emang diketahui merupakan generasi dengan tinggi badan paling tinggi dibanding generasi sebelumnya atau sesudahnya guys. Jadi emang rata-rata tinggi cowok yang lahir tahun 1980-an adalah 183,9 cm, dan perempuannya adalah 170,7 cm.
 
Nah penyebab dari menurunnya rata-rata tinggi badan ini kalo menurut penelitian adalah meningkatnya migrasi ke Belanda dari negara-negara lain yang memiliki genetik yang lebih pendek dari rata-rata orang Belanda. However, Belanda tetep jadi negara dengan pertumbuhan terbesar di angka rata-rata tinggi badan penduduknya di dunia selama 70 tahun terakhir.